Apakah Tuhan setiap agama itu berbeda?

Shalom teman2 semua.
Hmm,kalau dibaca topiknya,pasti menarik untuk didiskusikan. Perasaan saya mungkin pro dan kontra akan mewarnai topik ini.
Tapi sblmnya mohon maaf postingnya sambung menyambung dikarenakan keterbatasan browsing internet via ponsel

Pertanyaan ini sudah sejak dulu saya renungi, tapi baru kali ini teringat lagi. Simple aja, apakah Tuhan setiap agama itu berbeda???

Sebelum dijawab & didiskusikan, saya punya pendapat seperti ini, bahwa Tuhan setiap agama itu berbeda. Mengapa?

Menurut saya, alasan yg pertama karna kitab suci masing2 agama berbeda. Dengan pemahaman bahwa Kitab suci adalah Firman Tuhan. Dari pendapat ini saya bertanya lagi, apakah Firman Tuhan disetiap kitab suci itu sama? Kemungkinan besar seh tidak semua.

Contoh, tmn saya yg memeluk agama lain bilang bahwa di kitabnya diajarkan utk boleh membunuh orang kafir seperti orang yahudi, sedang di Alkitab, Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk mengasihi musuh2 kita.
Kedua, di kitab suci agama lain poligami dibolehkan

Sedang Alkitab mengajarkan pernikahan tidak dapat dipisahkan oleh manusia kecuali maut.
Dan yang ketiga, nama Tuhan di masing2 agama berbeda.
Ini membawa saya pada kesimpulan bhwa memang Tuhan setiap agama berbeda.

Buat saya pribadi, saya tetap mengimani Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya yg merupakan anugerah terindah dari Bapa.
Bagaimana pendapat teman2, selamat berdiskusi, no offense, mudah2an menambah wawasan kita semua. Tuhan Yesus memberkati :slight_smile:

Saya mengutip pernyataan bapak pendeta saya, bpk daniel alexander, disebuah khotbahnya yang mengatakan bahwa…
“Tuhan tidak pernah membuat agama. Agama diciptakan sendiri oleh manusia. Dan sekarang manusia menyembah ciptaannya sendiri…” :slight_smile:
God Bless !

Halo sobat manusia, :afro:
saya setuju dengan pendapat anda bahwa tuhan setiap agama tdk sama. Menurut saya tdk mungkin Tuhan yang sama mengajarkan hal2 yang berbeda-beda ( bukankah dasar ajaran agama berbeda-beda ? ) Ada yang bilang semua agama sama karena semua agama mengajarkan kebaikan, tapi menurut saya kebaikan dalam setiap agama lahir dari hati nurani kita karena memang pada dasarnya menurut kitab kejadian kita di ciptakan baik adanya. ( Allah dalam kitab kejadian mengatakan sungguh amat baik ). Kebaikan yang ada dalam belum tentu menunjukkan kebenaran. Kalau memang setiap agama udah benar kenapa Yesus ingin kita menyebarkan injil ? Menurutku sih karena memang kebenaran itu hanya ada di dalam Kristus. :afro:

Yup, setiap agama (yangmana daripada manusia sendiri yang meng-create-nya, mendefinisikan Tuhan-nya masing-masing. Mengapa? Ya itu tadi, karena beragam-nya pikiran manusia.

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Ramai orang mempunyai tujuan yang sama iaitu menyembah kepada Yang Menguasai Seluruh Alam. Tapi ramai yang tidak sedar bahwa pengertian mereka menuju kepada penyembahan berhala dan lain-lain.

Amsal 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

:smiley: shalom,

tuhan masing2 agama bisa berbeda…ada orang yang menyembah patung sebagai tuhannya, ada yang menyembah batu sebagai tuhannya, ada juga yang menyembah kuasa gelap sebagai tuhannya…itu kenapa Tuhan Yesus juga disebut sebagai Tuhan dari segala tuhan…

Semua agama mengajarkan kebaikan (most of them) tapi tidak satupun agama yang membawa orang kepada keselamatan…kecuali Tuhan Yesus yang berfirman " tidak seorangpun dapat sampai kepada Bapa jika tidak melalui Aku…", dan memang Tuhan Yesus datang ke dunia tidak untuk membangun sebuah agama…Dia datang “hanya” karena mengasihi anda dan saya…

Tuhan Yesus memberkati.

Beda.

Ada agama yang diinspirasikan dari makhluk roh,
Ada agama yang muncul dari kecemerlangan pikiran manusia,
Ada juga agama yang merupakan sempalan dari aliran lain yang kemudian berdiri sendiri.

Terserah orang mau menilai Kristen itu agama atau bukan,
Yang pasti Yesus Kristus adalah Tuhan.

Kristen bukan agama… ; Kristen adalah jalan keselamatan
So, kalau kamu merasa tiap agama punya Tuhan yang beda2, yach salah donk

Kristen bukan agama?

Dalam kehidupan berkebangsaan agama2 diakui oleh Pemerintah untuk menjalin kehidupan bernegara yang bermaslahat. Kalo Kristen bukan agama, lantas segala surat2/dokumen yang memerlukan status agama, sodara menulisnya apa? Garis strip doang kale yah?? ;))

emang Tuhannya sama ya bro? bisa dijelasin? biar tambah rame diskusinya :slight_smile:

kalau dicermati lebih dalam lagi yang menjadi pertanyaan adalah Apakah definisi Tuhan untuk setiap agama sama? bila sama maka semua agama Tuhannya sama tapi bila tidak maka berbeda… tetapi dalam perspektif saya bahwa TUHAN itu muncul setelah manusia mengenal Agama… jadi menurut hemat saya TUHAN untuk semua agama sama.

TUHAN itu muncul setelah manusia mengenal Agama? Maksudnya?

santei…nggak perlu mikir rumit rumit…

mikir yang simple-simple aja…

menurut gw, Tuhan tiap agama itu beda.

kalo Tuhannya sama, semua pasti pake nama Yesus.

oke?

Setodjo…

sebenarnya Tuhannya ada satu yaitu Tuhan Yesus
masalahnya orang2 di luar kristen gak tau yg mana Tuhan yg bener
utk itulah kita diutus utk memberitakan ttg Dia kpd orang2 yg belum kenal Dia supaya orang2 tahu siapa Allah yg bener :slight_smile: