Apakah Orang Kristen Harus Mengimani Allah Tritunggal?

Saya melontarkan diskusi ini, karena banyak rekan2 yang berbeda pandangan di dalam memahami Bapa, Anak, dan Roh Kudus.

Ada yang menganggap Bapa = Anak = Roh Kudus, paham ini seperti paham Sabellianisme.

Ada yang menganggap hanya Bapa yang patut disembah, seperti halnya SY yang merendahkan kedudukan Anak dan Roh Kudus, juga paham pro Yahweisme, yang menyembah Yahwe sebagai nama Bapa.

Ada yang menganggap hanya Yesus, yang patut disembah, Jesus Only.

Nah, bagaimana pandangan teman2 yang lain? Tentu pandangan yang disampaikan harus didasarkan argumentasi yang Alkitabiah.

Salam

ya…tp dalam konsep yang berbeda…tidak seperti yg sudah-sudah…

Konsep seperti apa nih? Yang berbeda dari sebelumya? Sebelumnya seperti apa? Dan yang baru seperti apa?

Salam

Oh iya tambahan lagi untuk diskusi, apakah pengenalan secara benar tentang Bapa, Anak, dan Roh Kudus berdampak pada keselamatan kita?

Salam

konsep saat ini sebagian orang beranggapan bahwa Bapa=Putra=Roh kudus dan menyimpulkan bhw Yesus itu Tuhan/Bapa…konsep ini kita ubah bhw Putra dan Roh Kudus berasal dari Bapa dan mereka adalah 1 …dan semuanya patut disembah…sama seperti keluarga ada Bapa,Ibu dan Anak mereka adalah 1 keluarga…

Jadi Bapa adalah kepala keluarga. Dan Allah adalah gambaran keluarga. Yang lainnya ada yang komentar?

Salam

konsep Tri tunggal adl konsep manusia :smiley:
Mau beriman boleh ngga juga ngga soal :onion-head86:

Mana nih, semua yang komentar, tidak ada penjelasan Kitab Sucinya? Ayo donk, lebih Alkitabiah.

Salam

Tritunggal itu cuma setir…
Rumusan / Formula

ini semua sebenarnya sudah di percaya dari awal…
nah di Nicea baru di buat Formulanya…

Siip.

Mana mungkin kelompok yg percaya Bapa=Anak=ROH KUDUS (Sabelisme/Onenss) ATAU Bapa satu2nya Allah & YESUS cuma ciptaan/malaikat (SY) atau JESUS only (Oneness Pantecostal) ATAU Bapa satu2nya Allah dan YESUS cuma Nabi (Unitarian) ATAU Bapa ialah Allah yg berdiri sendiri, Anak ialah Allah yg berdiri sendiri dan ROH KUDUS ialah Allah yg berdiri sendiri sebagai kesatuan dari tIga Allah (Mormon) membawa2 penjelasan dari alkitab???

Mana mungkin?

Dogma2 di atas ialah pikiran sendiri bukan dari pikiran para penulis alkitab.

Jadi wajar kalau mereka tidak pernah membawa2 ayat2 alkitab sebagai bukti!

Salam hangat.

Sangat setuju.

Yang mengatakan bahwa Tritunggal baru ada pada abad ke-4, itu sangat jauh dari fakta sejarah.

Itu disebut fallacy "arguments from ignorance’.

Yeagh, itu saya maklumi.

Bagi mereka FACT IS IRRELEVANTS, pokoknya udah diajar bahwa ilmu ketuhanan kelompok mereka benar.

Salam hangat.

Anda salah.

Yang benar ialah…

Kalimat per se ialah dari manusia.

Konsepnya dari alkitab.

I Yohanes 5:7
Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus;
dan ketiganya adalah satu.

Salam

Hubungan Bapa dan Anak ialah Relational bukan literal.

Bapa & Anak tidak terpisahkan, tidak terceraikan, tidak terbagikan; Allah disebut Bapa karena ADA Anak; Anak ADA karena Bapa ADA. Jadi kedua2nya ADA dengan Sendiri-Nya dalam kekekalan!

Hubungan Bapa dan Anak projeksi dari hubungan Allah dan Firman-Nya. Firman-Nya (yg kemudian disebut YESUS dari inkarnasi-Nya) tidak terpisahkan, tidak terceraikan, tidak terbagikan dari keesaan Allah, satu adanya, qadim dan qidam, tidak diciptakan, bukan makhluk, ada dengan sendiri-Nya karena qaimah pada keesaan Allah dalam kekekalan.

Firman-Nya inilah yg rela mengambil tubuh manusia buat kesementaraan waktu untuk melaksanakan karya keselamatan Allah. Namanya YESUS.

Kita sebagai umat Kristen, perlu mengakui dan mengenal Trinitas sebagai Allah sejati, bahwa Bapa, Putera, dan Roh Kudus adalah Allah yang sejati dan Esa. Mengenai bentuk pengakuan Trinitas yang berbeda-beda saya rasa kurang fundamental, yang penting Ia (Trinitas) diakui dan dikenal sebagai Allah.

Oh iya tambahan lagi untuk diskusi, apakah pengenalan secara benar tentang Bapa, Anak, dan ROH KUDUS berdampak pada keselamatan kita?

Salam

Pengenalan umum Trinitas sebagai Allah mempengaruhi iman dengan demikian juga mempengaruhi keselamatan (karena keselamatan dari iman), menolak Trinitas berarti menolak Allah sendiri.

Best Regard,
Daniel FS

Ulangan 6:4. Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!
Markus 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

Ketiganya adalah satu: hanya tercantum dalam 1 Yoh:
5:6. Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

Itu pun ditandai dengan kurung… Ada yang bisa jelaskan kenapa di dalam kurung…

Tuhan itu Esa — ini tidak akan sulit diterima oleh semua orang apapun kepercayaannya. Satu-satunya Allah.

Penjelasan Ke-Esa-an Tuhan akan menjadi sulit saat memahami bahwa Yesus dan Roh Kudus juga memiik sifat keilahian yang sama. Ini yang butuh penjelasan. Dengan demikian kita perlu pemahaman tentang Yesus yang juga adalah Allah dalam kerangka yang teguh bahwa Tuhan itu Esa.
Ini baru pembukaan… masih panjang.

Salam

Masih kurang toh bro Hans untuk pembukaan. Masalah Yahweh adalah Elohim yang Echad (Esa) semua juga udah tahu. Tambah lagi pembukaannya.

Salam

Kejadian 1
1:26. Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Atau Anda ingin menjelaskan siapa pada kata “KITA” di sini?

Salam

@ hans,

Ulangan 6:4. Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa! Markus 12:29 Jawab YESUS: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Yudas 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh YESUS KRISTUS, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.
[/quote] Allah yg esa ialah YESUS KRISTUS, tapi jangan berhenti di sana, Bapa dan ROH KUDUS juga Allah yg esa. Jadi, YESUS tidak mungkin Allah yg esa tanpa Bapa dan Rogh Kudus karena Bapa, Anak dan ROH KUDUS ialah pribadi2 yg tidak terpisahkan dari hakikat Alah yg esa itu.
Ketiganya adalah satu: hanya tercantum dalam 1 Yoh: 5:6. Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu YESUS KRISTUS, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran. 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan ROH KUDUS; dan ketiganya adalah satu. 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

Itu pun ditandai dengan kurung… Ada yang bisa jelaskan kenapa di dalam kurung…

KeAllahan Bapa, Anak dan ROH KUDUS tidak tergantung pada 1 ayat. Ini asumsi yg salah! masih banyak ayat2 yg mendukung keAllahan Bapa, Anak & ROH KUDUS dalam alkitab, ngerti?

Tuhan itu Esa --- ini tidak akan sulit diterima oleh semua orang apapun kepercayaannya. Satu-satunya Allah.

Penjelasan Ke-Esa-an Tuhan akan menjadi sulit saat memahami bahwa YESUS dan ROH KUDUS juga memiik sifat keilahian yang sama. Ini yang butuh penjelasan. Dengan demikian kita perlu pemahaman tentang YESUS yang juga adalah Allah dalam kerangka yang teguh bahwa Tuhan itu Esa.
Ini baru pembukaan… masih panjang.

Salam
[/quote]
Iman kita tidak tergantung dengan apa yg org lain percaya…iman kita tidak tergantung gampang atau tidak ajaran kita, iman kita harus berdasarkan FT yakni alkitab, suka atau tidak, gampang atau tidak, itu iirelevants. Bagi anda, tritunggal sulit dimengerti, bagi saya itu gampang bahkan gampang banget. Jadi apa susah ya? Tritunggal selalu disalah mengerti, anda dan sejenis anda memiliki setompok asumsi yg salah tentang tritunggal. nah itu yg membuat anda sulit mengerti…buka yg tertutup, buang asumsi dulu…

Salam.

Ada yg bilang Allah sedang ngomong sama para malaikat. Jadi “KITA” itu termasuk para malaikat…pertanyaan saya, apakah manusia diciptakan dari gambar dan rupa malaikat???