Apakah masa kesusahan yang besar itu?

Apakah kita sekarang ini berada pada masa kesusahan yang besar?

Menurut penilaian saya belum terjadi: Matius 24:4-14.

Masa kesusahan yang belum pernah terjadi dan tidak akan lagi sepanjang sejarah manusia. Kristen maupun non, semuanya akan mengalaminya.

Mat 24:21 Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi.
Mat 24:22 Dan sekiranya hari-hari itu tidak diperpendek, maka semua manusia tidak akan diselamatkan; tetapi karena mereka yang terpilih, hari-hari itu akan diperpendek.

Rev 3:10 Karena engkau telah memelihara firman ketabahan-Ku, Aku juga akan memelihara engkau dari waktu pencobaan yang akan segera datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi.
Rev 3:11 Lihatlah, Aku segera datang. Peganglah kuat-kuat apa yang engkau miliki agar tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

Pertanyaannya: bagaimana orang Kristen dapat lolos dari malapetaka hari2 kesusahan besar itu?
Ada pendapat orang Kristen akan mengalaminya selama kurang lebih 3,5 tahun; kemudian Tuan Yesus datang untuk mengangkat orang Kristen ke surga.
Untuk dapat lolos, menurut saya orang Kristen harus benar2 dapat memahami Matius 24:14-20, dan mempersiapkan diri. Kalau benar selama 3,5 tahu, apa saja yg harus disiapkan supaya dapat bertahan selama itu.

Yang saya tahu kesusahan besar itu ya masa antikrist yang selama tujuh tahun itu.
Lalu golongan pantekosta terbagi jadi tiga paham.

  1. yang percaya orang kristen diangkat sebelum masa tujuh tahun itu.
  2. ada yang percaya orang kristen diangkat pada pertengahan masa tujuh tahun.
  3. ada yang percaya orang kristen diangkat pada akhir tujuh tahun itu.

Yang nomer dua itu percaya bahwa sebagian orang kristen diangkat yaitu yang sungguh2 dan sisanya mengalami siksaan yang berat.

Yang manapun akan terjadi kita harus sungguh2 dari sekarang jangan sampai berlenggang kangkung pada waktu yang gawat ini.

Bro, Matius 24:14-20 menurut saya suatu cara bagaimana orang kristen dapat lolos dari hari2 bencana tsb.
Yang saya belum mengerti ayat :

Mat 24:19 Dan celakalah bagi mereka yang sedang mengandung dan yang sedang menyusui pada hari-hari itu.
Mat 24:20 Namun berdoalah supaya pelarianmu tidak terjadi pada musim dingin ataupun hari Sabat.

Kalau hubungan ibu mengandung dan sedang menyusui; akan mengalami kesulitan melarikan diri ketika musin dingin. Tetapi apa hubungannya dengan hari Sabat?

Kata siapa???

Kalau kita pelajari dr Alkitab (LK21,Mrk13,Mt24), kita akan mendapat penjelasan bhw masa kesusahan itu ter jadi, menjelang kedatangan Tuhan, atau kesudahan dari dunia ini.
Dari peringatan :
Lk21:34 “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.”

Mrk13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja."
13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba.

Kalau dr ayt2 tsb( cetak tebal), demikian masif memperingatkan kita unt berjaga-jaga, adl tdk bijak bila kita mengatakan bhw masa kesusahan itu masih jauh di depan sana, bukankah dg demikian peringatan itu menjadi tdk signifikan ?.

Masa kesusahan itu bisa kita teliti mempunyai tanda2 sbb:

Lk21:12 Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku.
21:13 Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi.

Kalau semua ini kita maknai sbg arti literal, mk kita akan terjebak krn hal2 ini tdk ada pada saat ini, ttp maksud dr ay2 itu adl arti rohani, ditangkap, diserahkan, di aniaya di rumah2 ibadat adl gambaran betapa susahnya kita yg membawa injil asli unt bisa feel at home pada lingkungan dimana injil sudah menyimpang jauh, dan juga sebaliknya mrk jg tdk bisa menerima injil sbg mana yg Alkitab mau.

Lk21:20 "Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.
21:21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,

Ini jg bukan arti literal, yerusalem = sinagoga= institusi gereja, betapa marak sekali kotbah2 yg tdk asli lagi unt kemuliaan Allah , ttp lebih pada muatan2 pribadi.

Lk21:23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,

Hamil= kalah dlm proses proses pemurnian yg Allah kerjakan ( menang= melahirkan anak dan dibawa kpd Allah Why 12:5) dia melahirkan ketika hari penghakiman, menyusui bayi= kalah dalam proses pemurnian ( seharusnya dibawa kepada Allah, kalau disusui = roh dijajah/dikuasai oleh daging ).

Mrk13:18 Berdoalah, supaya semuanya itu jangan terjadi pada musim dingin

Musim dingin =gambaran tdk ada kehidupan lagi, waktu dimana domba sesat terakhirNya sudah dilawati ( artinya pada saat itu yg ada adl mrk2 yg bukan milikNya termasuk yg kalah proses ).

Kesimpulannya adl masa dimana kita sekarang berada adl masa kesusahan itu , mk berjaga-jagalah.

belum…
sekalipun susah masih bisa kuat , krn ada Roh Kudus :slight_smile:

Acuan ini berhubungan musim dingin dengan hari sabat, sebab di palestina, musim dingin itu berlangsung cukup lama dan disertai dengan hujan sehingga perjalanan utk berpergian menjadi sulit. Karena menurut hukum Taurat orang Yahudi tidak boleh berpergian lebih dari 800 m pada hari sabat, oleh karena itu daerah yang menerapkan hukum Taurat sama seperti ketika Tuhan Yesus menyembuhkan orang sakit dihari sabat, bekerja pada hari sababt itu sudah menjadi satu alasan utk mencari kesalahan Tuhan Yesus.

oleh karena itu, Antikris mempurganakan hari sabat menjadi anjang tragedi pembinasaan yang keji dan setelah mereka melihat ada pembinasaan di tempat kudus maka mereka akan melarikan diri, namun Tuhan berkata berdoalah ketika melarikan diri jangan pada hari sabat… sebab pada hari sabat itu orang tidak boleh bekerja apalagi bepergian lebih 800 m, menjadi alasan si Antikris utk dapat membunuh…(berlari pada hari lain) .Amin…

Kalau saya lihat musim dingin tidak berhubungan langsung dengan hari Sabat. Kata sambung: ataupun; bukan kata sambung: dan. Berarti pilihan di antara satu, atau dua2nya.

Baiklah kalau dikatakan untuk orang Yahudi, apakah petunjuk ini hanya untuk orang Yahudi saja; bukan kepada seluruh dunia juga yg non Yahudi?
Kalaupun Yahudi, apabila mereka kristen; sudah pasti mereka sudah tidak berpegang dengan hari Sabat?

Shalom,

apakah petunjuk ini hanya untuk orang Yahudi saja; bukan kepada seluruh dunia juga yg non Yahudi?

Walaupun kejadiannya menimpa seluruh dunia, Nubuat-nubuat yang terjadi ini adalah utk orang Yahudi…lihat Daniel 12:1…hari kesesakan bagi umat Danile, siapakah umat Daniel? yaitu orang Yahudi…

Matius 24:15 "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel – para pembaca hendaklah memperhatikannya – 24:16 maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 24:17 Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, 24:18 dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. 24:19 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.

Jadi apabila kami melihat Pembinasa keji … yang disampaikan oleh Nabi Daniel. Pembinasa keji merupakan peristilahan LXX yang menerjemahkan Daniel 9:27; 12:11; 11:31, di mana dua yang pertama jelas bersifat eskatologis, sedangkan yang terakhir menubuatkan pengotoran ibadah oleh Atiokhus, yang tindakannya merupakan pertanda pembinasaan terakhir.

Peristiwa ini terjadi di tengah masa ketujuh puluh (Dan. 9:27) dan jangka waktunya secara beragam disebutkan sebagai “42 bulan” (Why. 11:2; 13:5), “1260 hari” (Why. 12:6), atau “suatu masa dan dua masa dan setengah masa” (Dan. 7:25: 12:7; Why. 12:14).

Di tempat kudus. Bait Allah, akan dipulihkan dan dibangun kembali .

Nats ini menunjukkan penyembahan berhala yang akan dituntut oleh Antikristus. Lihat Wahyu 13:5-8; II Tesalonika 2:1-4. Jelas pada masa Yesus hal ini masih belum terjadi.

Sehingga nats ini juga dapat membatalkan semua pandangan Daniel yang beranggapan bahwa semua penggenapannya adalah pada masa Antiokhus.

Ayat ini juga tidak dapat dibatasi pada malapetaka dari tahun 70 M, sebab Matius 24:21 membatasi acuan ini kepada penderitaan yang paling hebat (bdg. Dan. 12:1).

Melarikan diri itu jangan …pada hari Sabat

16-20. Maka. Pemakaian partikel temporal di sini dan di 24:21 dan 23 menempatkan seluruh peristiwa di dalam bagian ini di dalam kerangka tiga setengah tahun yang terakhir. Berbagai teror dari penganiayaan di bawah Antikristus akan membuat seseorang perlu mengungsi secepatnya (Why. 12:6, 14). Tidak ada waktu lagi untuk persiapan.

Kekerasan yang tidak dapat dielakkan sudah dinubuatkan. Jangan pada hari Sabat. Acuan pada kesulitan perjalanan (memperoleh tempat menginap, makan dan kebutuhan lainnya) pada hari Sabat di wilayah di mana orang Yahudi melaksanakan pembatasan-pembatasan tersebut. Ini belum tentu berarti bahwa orang Kristen Yahudi akan menjalankan ibadah Sabat. Yesus sedang mempergunakan konsep-konsep yang dikenal para pendengar-Nya, yang ketika itu belum ada yang mengetahui perubahannya ke hari Minggu.

Peringatan-peringatan pada musim dingin biasanja jalan-jalan sangat buruk sekali karena banyak hujan dll.
Pada hari Sabat orang Jahudi tidak boleh berjalan lebih dari 200 langkah, namun tidak berlalku bagi orang Kristen Yahudi mereka akan pergi mengungsi pada hari Sabat…Dan tentu akan menjadi murka Antikristus para nabi palsu dan akan terjadi penganiayaan di bawah Antikristus. lihat (Why. 12:6, 14).

12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, di mana telah disediakan suatu tempat baginya oleh Allah, supaya ia dipelihara di situ seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Gambaran perempuan dilindungi dipadang gurun seperti Musa bersama bangsa Israel selama dipadang gurun Lihat. KPR 7:36. Dialah yang membawa mereka keluar dengan mengadakan mujizat-mujizat dan tanda-tanda di tanah Mesir, di Laut Merah dan di padang gurun, empat puluh tahun lamanya.

Menurut saya masa kesusahan yang besar itu adalah jika kita tidak mempunyai semangat untuk hidup…
Saya tidak mau menjawab nya dengan tafsir tafsir bebas dari alkitab… :afro:

Saya juga belum terlalu paham bro, Kalau toh Tuhan yang menyelamatkan kita apa bedanya antara ibu2 yang mengandung atau menyusui dengan orang lain. Bagaimana dengan orang yang tidak hamil tapi kakinya pincang atau tidak punya kaki?

Mungkin itu suatu lambang. Juga hari sabat apa bedanya dengan hari2 lain kalau masalahnya untuk melarikan diri saja?

Kalau pengertian seperti ibu mengandung dan menyusui, dalam arti sulit untuk bergerak cepat. Orang cacat/sakit dapat juga disejajarkan Bro ya…
Tetapi yg satu ini …hari Sabat, masih belum jelas apa hubungannya dengan ibu mengandung dan menyusui.
Tapi gpp Bro, mungkin members lain ada yg tau…

Sholom,

Orang kristen tidak bisa lolos dari masa kesusahan, tetapi bagi yang percaya TUHAN YESUS KRISTUS, mereka akan lolos pada MASA ANIAYA.

Tuhan Yesus memberikan peringatan sampai 3 kali mengenai pengangkatan :

  1. dua orang di ladang, seorang diangkat yang lainnya tertinggal
  2. dua orang di pembaringan, seorang diangkat yang lainnya tertinggal
  3. dua orang kerja satu diangkat dan lainnya tertinggal.

Betul tapi yang masih jadi perdebatan adalah kapan dan kemana?

Kepadang gurun itu didunia tapi dilindungi dari ular, atau sudah disurga atau di awan2 tapi dilindungi dari ular, Kalau diawan2 kan masih ada ular/iblis juga.

Ini gambaran dua orang kristen, yang satu diangkat dan yang satu ditinggalkan. Yang diangkat adalah orang kristen yang benar dan taat, dan yang ditinggalkan adalah orang kristen yang sesat dan yang murtad.

Khususnya didalam Daniel 12 ini, Daniel diberi tahu dengan setia mencatat semua nubuat yang diterima dari Allah mengenai Masa Kesusahan Besar yang akan diakhiri dengan perang dunia, Daniel memikirkan mengenai bangsa Israel, berkenan bagaimana nasib bangsanya.

"Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu (bukan gereja) ; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu” (ayat 1).

Pada saat itu sesudah masa Pengangkatan Gereja, akan masuk pada Masa Kesusahan Besar yang menimpa bangsanya, banyak nubuat-nubuat Alkitab mengatakan banyak orang Yahudi akan berbalik kepada Kristus, tetapi akan mati sebagai MARTIR. Dalam wahyu 7:1-8 Rasul Yohanes diberitahukan bahwa 144.000 orang Israel (bukan Gereja), 12.000 setiap SUKU yang dihitung akan dimeteraikan dan akan melewati MASA KESUSAHAN BESAR bangsa Daniel tanpa cedera. Dalam Wahyu 14:1. mereka terlihat berdiri di bukit Sion dengan lengkap.

Dalam wahyu 7:9-17 banyak orang lain yang akan mati martir dari setiap negara dan setiap bangsa, ini semua sudah di nubuatkan dan akan terjadi, dan tidak pernah suatu nubuat tidak pernah terjadi, pasti terjadi. Mereka digambarkan berkemenangan di surga, tetapi mereka masuk ke surga dengan melewati Masa Kesusahan Besar, karena mereka akan di hukum mati oleh penguasa dunia (Antikristus) yang akan menuntut bahwa setiap orang harus menyembah dia dengan ancaman hukum mati (bandingkan dengan wahyu 13:15).

Daniel menerima jaminan bahwa meskipun pribadi-pribadi mungkin musnah, tetapi bangsa Israel akan dilindungi dan tetap ada melewati Masa Kesusahan Besar itu.

kapan pengangkatan ?
tidak seorangpun tahu.
tetapi tanda tanda pengangkatan bagi mereka dapat mengetahui - tidak semua - seperti ketika Allah menyuruh nuh memerintahkan hewan masuk ke dalam bahtera, kemudian nuh dan keluarganya masuk juga.

Sebab itu Tuhan Yesus berkata senantiasa waspada dan berjaga, sebab tidak seorangpun tahu kapan harinya akan datang / tiba.

Kepadang gurun itu didunia tapi dilindungi dari ular, atau sudah disurga atau di awan2 tapi dilindungi dari ular, Kalau diawan2 kan masih ada ular/iblis juga.

padang gurun mana yang jauh dari mata ular di dunia ini yang bisa menampung UMAT PERCAYA TUHAN SELURUH DUNIA dan memelihara dalam masa 3,5 tahun ??

tempat yang jauh dari mata ular hanyalah sorga. sebab iblis sudah di usir dan tidak mempunyai tempat lagi di sorga
mereka ( why 12 : ) masuk dalam pesta kawin ANAK DOMBA

dan 12 : 1 adalah perlindungan ALLAH kepada umat ISRAEL yang taat dan tidak mencemarkan diri mereka dalam dosa serta dengan setia menanti SANG MESIAS.
mereka dilindungi, dari kekejaman ANTIKRIS yang berkuasa saat itu.