Apakah maksud dengan "HARI TUHAN" pada "AKHIR KITAB" Perjanjian Lama ?

Pembacaan Firman Tuhan dalam "kitab terakhir" Perjanjian Lama :

                                                              [b]MALEAKHI PASAL 4.[/b]

---------------------------------------------------------"HARI TUHAN"------------------------------------------------------------------
4:1 Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, Firman Tuhan semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka.

4:2 Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu lepas kandang.

4:3 Kamu akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, Firman Tuhan semesta alam.

4:4 Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hamba-Ku, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum.

4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

4:6 Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah.
----------------------------------------------SELESAI KITAB PERJANJIAN LAMA-----------------------------------------------------

Pertanyaan :

  1. Mengapa seluruh isi kitab dalam Perjanjian Lama yang selesai pada MALEAKHI Pasal 4 ayat 1 sampai 6 diatas tersebut di tutup dengan Firman Tuhan tentang “HARI TUHAN”?
  2. Apakah Maksudnya dengan “HARI TUHAN” yang ditulis pada kitab terakhir Perjanjian Lama ?
  3. Ayat 1 “HARI TUHAN” itu akan datang !!! Apakah sudah datang ??
  4. Ayat 2 "Siapakah “Nama-Ku” yang dimaksud pada datangnya "HARI TUHAN " itu ?
  5. Ayat 3 “Mengapakah kita akan menginjak-injak orang fasik pada masa"HARI TUHAN” sudah datang ?
  6. Ayat 4 “Mengapakah orang Israel di ingatkan Tuhan tentang hukum taurat & Apa hubungannya dengan"HARI TUHAN” yang akan datang itu ?
  7. Ayat 5 "Siapakah Nabi Elia yang akan di utus Tuhan menjelang kedatangan “HARI TUHAN” yang besar itu ?
  8. Ayat 6 "Siapakah "Ia"yang akan mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?

Bagi teman2 yang Non TRi yang mengerti & dapat menjawab Pertanyaan-pertanyaan saya di atas ini, dipersilahkan memberikan jawabannya yang berdasarkan ALKITAB saja (Di luar dasar Alkitab tidak dapat diterima). :slight_smile:

Salam…

Hari pengangkatan/penyelamatan sekaligus hari penghakiman/penghukuman/masa kesengsaraan besar.

Isa 21:12 Pengintai berkata: Pagi datang, dan juga malam; jika kamu mau memeriksa, periksalah! Kembalilah! Datanglah!”

7. Ayat 5 "Siapakah Nabi Elia yang akan di utus Tuhan menjelang kedatangan "[b]HARI TUHAN[/b]" yang besar itu ? 8. Ayat 6 "Siapakah "[b]Ia[/b]"yang akan mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?

Yohanes pembaptis.

Ikutan yah hiraki …

1. Mengapa seluruh isi kitab dalam Perjanjian Lama yang selesai pada MALEAKHI Pasal 4 ayat 1 sampai 6 diatas tersebut di tutup dengan Firman Tuhan tentang "[b]HARI TUHAN[/b]"?
mungkin ini sejalan dengan "ditutup"nya kehidupan di bumi, akhir jaman. CMIIW.
2. Apakah Maksudnya dengan "[b]HARI TUHAN[/b]" yang ditulis pada kitab terakhir Perjanjian Lama ?
Akhir jaman. CMIIW.
3. Ayat 1 "[b]HARI TUHAN[/b]" itu akan datang !!! Apakah sudah datang ??
Mungkin bisa dimengertikan secara tension, sekarang saat ini sudah dimasa akhir jaman (Hari Tuhan) ... cuma belum mencapai final-nya. Mungkin juga bisa dimengertikan secara [i]one at a time[/i] (at once) ... sekarang belum terjadi ... tidak diketahui kapan hari tanggal tahunnya, namun masih bersifat future. CMIIW.
4. Ayat 2 "Siapakah "[b]Nama-Ku[/b]" yang dimaksud pada datangnya "[b]HARI TUHAN [/b]" itu ?
Ehyeh asher Ehyeh, mengkali ? CMIIW.
5. Ayat 3 "Mengapakah kita akan menginjak-injak orang fasik pada masa"[b]HARI TUHAN[/b]" sudah datang ?
untuk menggenapi nubuat Maleakhi 4:3 :char11:

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = tension, maka artinya sekarang orang Kristen memang udah keliatan lagi “nginjek2” nonKristen. CMIIW.

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = at once dan belum terjadi, nanti orang Kristen akan nginjek2 nonKristen - membakar mereka semua sampe jadi abu. CMIIW.

6. Ayat 4 "Mengapakah orang Israel di ingatkan Tuhan tentang hukum taurat & Apa hubungannya dengan"[b]HARI TUHAN[/b]" yang akan datang itu ?
Karena Israel masih dibawah Mosaic Law... namun dari ayat 4 tsb sepertinya Mosaic Law nya spesifik - yakni yang diberikan di gunung Horeb.
7. Ayat 5 "Siapakah Nabi Elia yang akan di utus Tuhan menjelang kedatangan "[b]HARI TUHAN[/b]" yang besar itu ?
Kalo pada asumsi Hari Tuhan = tension, mungkin ini yg dipendapati keKristenan bhw nabi Elia itu = Yohanes Pembaptis.

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = at once dan belum terjadi, nabi Elia belon datang. Mengenai “siapa”, saya kagak bisa tau … :char11:

8. Ayat 6 "Siapakah "[b]Ia[/b]"yang akan mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?
"ia" disitu mestinya sih ngerujuk ke "nabi Elia", karena kalimat2 ayat tidak melibatkan person lain utk bisa diasumsikan bhw "ia" disitu bukan nabi Elia.
dipersilahkan memberikan jawabannya yang [b]berdasarkan ALKITAB saja[/b] (Di luar dasar Alkitab tidak dapat diterima). :)
Sori, saya ngejawab bukan berdasarkan Alkitab. IMO, kalo berdasarkan Alkitab yang ada itu nantinya bianglala dufan kortsleting ... hehehe... :cheesy: :wink: :char11:

:slight_smile:
salam.

Saya Coba Jawab dan bahas satu persatu :

1. Mengapa seluruh isi kitab dalam Perjanjian Lama yang selesai pada MALEAKHI Pasal 4 ayat 1 sampai 6 diatas tersebut di tutup dengan Firman Tuhan tentang "[b]HARI TUHAN[/b]"?
Sebab Hampir seluruh Isi kitab dalam perjanjian Lama ,melalui pemberitaan Para Nabi -demikian juga seluruh kitab Taurat,Sejarah & Sastra- Merupakan Dasar & Persiapan untuk Pernyataan TUHAN yang lebih lengkap lagi,Yaitu Pada Saat Tibanya "HARI TUHAN" seperti yang di tuliskan Dalam kitab Penutup Perjanjian Lama. Dasar FT :( YESAYA 42:9 - 43:19 - 44:3 ,YEHEZKIEL 11:19-20 -39:29 - 36:26-27 ,YEREMIA 31:33-35 ,YOEL 2:28-29, KISAH PARA RASUL 2:16-18 )

IBRANI
1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Lalu pertanyaannya "Pernyataan Apakah yang akan TUHAN nyatakan pada “HARI TUHAN” tersebut ?
Jawabannya ada pada point 2.

BERSAMBUNG…

Sambungan…

2. Apakah Maksudnya dengan "[b]HARI TUHAN[/b]" yang ditulis pada kitab terakhir Perjanjian Lama ?
"HARI TUHAN" yang di maksudkan itu & Merupakan sebuah teka-teki Misteri pernyataan dari Allah YHVH dari sejak jaman Para nabi2 dalam perjanjian lama Sebenarnya adalah : Tentang Datangnya seorang [b][u]"MESIAS"[/u][/b] yang akan menjadi [u][b]HAKIM & JURUSELAMAT[/b][/u] khususnya bangsa Israel & Umumnya bagi seluruh Bangsa -Bangsa di muka Bumi. [b]Nubuatan dalam PL :[/b] *Allah yang Perkasa itu adalah Anak manusia (Mesias)- (Yesaya 9:5 ). *Allah sudah mengabarkannya sebelum hal itu terjadi - (Yesaya 42:8-9). *Allah yang mengucapkannya,Allah juga yang melaksanakannya - (Yesaya 48:3). *Allah sendiri yang memperanakkan-Nya - (Mazmur 2:7). *Dia akan lahir di antara kaum Yehuda ,di kota Betlehem - (Mikha 5:1). *Dia akan disebut TUHAN - (Yeremia 23:6). dan masih banyak nubuatan tentang Mesias yang akan datang itu.
3. Ayat 1 "[b]HARI TUHAN[/b]" itu akan datang !!! Apakah sudah datang ??
Ya Sudah Datang pada masa Kelahiran Sang Mesias Di betlehem sesuai Nubuatan Para Nabi dalam PL. PL : Mikha 5:1 Tetapi engkau, hai[u][b] Betlehem Efrata[/b][/u], hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.

PB : Lukas 2:11
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Matius 2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:

4. Ayat 2 "Siapakah "[b]Nama-Ku[/b]" yang dimaksud pada datangnya "[b]HARI TUHAN [/b]" itu ?
Nama-KU yang di maksud TUHAN pada Ucapan-Nya di maleakhi 4: 2 itu adalah [b]ישוע המשיח[/b] - [u][b]YESYUA HAMASYIAKH[/b][/u] atau "KRISTUS"atau "MESIAS".

Lukas 2:11 " Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud."

Kisah Para Rasul 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada
manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.

5. Ayat 3 "Mengapakah kita akan menginjak-injak orang fasik pada masa"[b]HARI TUHAN[/b]" sudah datang ?
YA setiap orang yang menerima "Sang Mesias atau Kristus" akan hidup dalam seluruh kebenaran Allah yang Kudus & yang Sempurna, dan kita akan menginjak2 injak perbuatan yang dilakukan orang2 fasik yang tidak mengenal kebenaran Allah yang sesungguhnya. Sang Mesias datang akan membawa PEMISAHAN antara Kebenaran & kejahatan.

Lukas 12:49-53“Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapa Aku harapkan, api itu telah menyala! Aku harus dibaptis dengan suatu baptisan, dan betapa susah hati-Ku, sebelum hal itu terlaksana! Kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan. Karena mulai sekarang akan ada pertentangan antara lima orang di dalam satu rumah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga. Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya”

Bersambung…

Sambungan…

6. Ayat 4 "Mengapakah orang Israel di ingatkan Tuhan tentang hukum taurat & Apa hubungannya dengan"[b]HARI TUHAN[/b]" yang akan datang itu ?
YA, sebab Sang Mesias itu nanti datang bukan untuk meniadakan Hukum Taurat,Tetapi untuk Menggenapi Hukum Taurat, Oleh sebab itu Tuhan mengingatkan orang Israel untuk mengingat seluruh Hukum Taurat itu & mengerti akan maksud dari Hukum Taurat itu sampai seluruh yang tertulis dalam Taurat itu Terjadi.

Matius 5:17-19
5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

7. Ayat 5 "Siapakah Nabi Elia yang akan di utus Tuhan menjelang kedatangan "[b]HARI TUHAN[/b]" yang besar itu ?
Dialah Yohanes Pembaptis yang adalah roh Elia didalamnya, yaitu orang yang di Nubuatkan akan mempersiapkan Jalan untuk TUHAN pada saat hari kedatangan-Nya dengan jalan terlahir ke dunia ini.

Yesaya 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

Firman itu ditujukan unutk Yohanes Pembaptis, perhatikan penggenapannya dalam PB :

Lukas 3:2-5
3:2 pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun.
3:3 Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,
3:4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.
3:5 Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,

Matius 11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes
11:14 dan – jika kamu mau menerimanya – ialah Elia yang akan datang itu.
11:15 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

8. Ayat 6 "Siapakah "[b]Ia[/b]"yang akan mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?
Dialah Yohanes Pembaptis.

Lukas 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.
1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.”

Salam… :slight_smile:

apakah sudah juga : SEMUA orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, hiraki ?

Kapan ada orang2 yg gegabah dan orang2 yang berbuat fasik terbakar ?
Apakah maksud hiraki, diketika Yesus mati mereka semua terbakar ?

8. Ayat 6 "Siapakah "Ia"yang akan mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?
Dialah Yohanes Pembaptis.
Setelah YP ungu, kemudian Yesus : Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya ???
5. Ayat 3 "Mengapakah kita akan menginjak-injak orang fasik pada masa"HARI TUHAN" sudah datang ? YA setiap [b]orang yang menerima "Sang Mesias atau Kristus"[/b] akan hidup dalam seluruh kebenaran Allah yang Kudus & yang Sempurna, dan kita akan menginjak2 injak perbuatan yang dilakukan orang2 fasik yang tidak mengenal kebenaran Allah yang sesungguhnya.
YA setiap orang yang menerima "Sang Mesias atau Kristus" akan hidup dalam seluruh kebenaran Allah yang Kudus & yang Sempurna, dan kita akan menginjak2 injak perbuatan yang dilakukan orang2 fasik yang tidak mengenal kebenaran Allah yang sesungguhnya.
Maksud hiraki, yang bukan orang fasik = bold ..... yang orang fasik = bukan bold yah ? Apakah Israel di jaman sekarang termasuk orang fasik ?

:slight_smile:
salam.

Sambungan…

KESIMPULANNYA :
“HARI TUHAN” yang telah dikenal pada masa Amos & dibicarakan secara panjang lebar pada masa Yoel dan Zefanya, muncul lagi dalam kitab Nabi yang terakhir ini, yakni kitab Maleakhi. Nubuatan tentang “HARI TUHAN” itu terdapat dalam seluruh kitab Maleakhi. Pada “HARI” itu seluruh tindakan Allah dalam PL akan digenapi-NYa,Tuduhan terhadap ke-Adilan-Nya akan di jawab (MAL 4:1)." Dengan Mendadak TUHAN akan…masuk ke Bait-Nya - Siapakah yang akan Tahan pada Hari Kedatangan-Nya ?"(MAL 3:1-2).
Seperti Api tukang pemurni logam dan sabun tukang penatu, Ia akan memurnikan & mentahirkan Para Imam-Nya, Mengadili tukang sihir, orang-orang berzinah, orang-orang yang bersumpah dusta, yang menindas upahan, janda dan anak piatu - (MAL 3:5).
Namun pada “HARI TUHAN” itu tidak sepenuhnya berupa kegelapan & Api, Allah mempunyai" Kitab Perjanjian yang Baru",yang di dalamnya terdapat nama-nama dari orang-orang yang takut akan Nama TUHAN. “Mereka akan menjadi Milik kesayangan-Ku sendiri, Firman Tuhan semesta alam, pada Hari yang Ku siapkan itu- (MAL 3:17).
Ia akan membedakan antara orang benar dengan orang Fasik, yaitu orang yang beribadat kepada Allah dan orang yang tidak beribadat kepada-Nya”- (ayat 18). HARI itu akan datang, Menyala seperti Perapian,"Tetapi kamu yang takut akan Nama-Ku, Bagimu akan terbit Surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya - (MAL 4:2).
Nabi Maleakhi ini juga menubuatkan tentang “seseorang” yang akan mendahului “Sang Mesias” & mempesiapkan jalan untuk kedatangan-Nya, yaitu Yohanes Pembaptis.

Demikianlah kitab Para nabi berakhir pada nabi Maleakhi dalam kitab Perjanjian Lama. Berakhirnya semua Perkataan Allah YHVH yang di sampaikan melalui para nabi sampai kepada nabi Maleakhi pada jaman PL itu, ternyata terindikasi "BUKANLAH AKHIR SEJARAH UMAT ALLAH & BELUM SELESAI ",melainkan menunjukkan masa kedepannya akan datangnya suatu “Awal Jaman Baru” yang akan di lakukan oleh Allah YHVH sendiri pada sejarah Umat Allah.

PENUTUP :

KISAH PARA RASUL
2:20 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari Tuhan, hari yang besar dan mulia itu.
2:21 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret, seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.

Salam… :slight_smile:

Bukan Bro,…HARI TUHAN yang dimaksud dalam kitab Maleakhi bukan HARI TUHAN pada nanti kesudahan Zaman seprti yang di sampaikan Yesus dalam Injil Lukas 21:34.

Yohanes pembaptis.
yA BETUL itu Yohanes Pembaptis.. :afro:

Salam…

Amo 5:18 “Celakalah orang-orang yang merindukan hari IEUE! Apakah artinya hal itu bagimu? Hari IEUE adalah kegelapan, dan bukan terang!

Num 23:19 Tuhan bukanlah manusia sehingga Dia berdusta; juga bukan seorang anak manusia sehingga Dia menyesal! Apakah setelah Dia berfirman dan Dia tidak melakukannya; dan setelah Dia berbicara maka Dia tidak menegakkannya?

Apa hubungannya Tuhan dan Anak Manusia di ayat ini? apalagi Anak Manusia adalah Tuhan.

Ya dengan senang hati bro…, oh ya ini thread sengaja saya buat unutk menjawab pertanyaan bro pada thread “Mengapa Yesus kagak manggil Allah Yahweh seperti Musa”…hehe…

mungkin ini sejalan dengan "ditutup"nya kehidupan di bumi,
Bukan Bro..,Justru "HARI TUHAN' yang di maksud dalam Nubuatan nabi Maleakhi adalah tentang akan datangnya "AWAL JAMAN" atau "JAMAN BARU".
akhir jaman. CMIIW.
TEPAT bro..,maksud Nubuatan tentang "HARI TUHAN" dalam Maleakhi tentang "AKHIR ZAMAN PERJANJIAN LAMA"...,tetapi bukan tentang "KESUDAHAN ZAMAN' nanti... catatan : Bedakan antara [u][b]"Akhir zaman"[/b][/u] dengan [u][b]"Kesudahan Zaman"[/b][/u]. :happy0062:
Mungkin bisa dimengertikan secara tension, sekarang saat ini sudah dimasa akhir jaman (Hari Tuhan) ... cuma belum mencapai final-nya. Mungkin juga bisa dimengertikan secara [i]one at a time[/i] (at once) ... sekarang belum terjadi ... tidak diketahui kapan hari tanggal tahunnya, namun masih bersifat future. CMIIW.
Kalau di lihat dari (pov) zaman nabi Maleakhi, betul "HARI TUHAN" itu belum terjadi..,tetapi jika (pov) kita sekarang di tahun 2014, "HARI TUHAN" dalam Nubuatan nabi Maleakhi itu sudah terjadi..,Yaitu di zaman Sang Mesias lahir ke dunia... :)
Ehyeh asher Ehyeh, mengkali ? CMIIW.
Ya itulah Nama Tuhan dalam PL yang sesungguhnya akan di nyatakan nanti pada saat tibanya "HARI TUHAN" nanti,yakni "YESYUA HAMASYIAKH" dalam PB.
untuk menggenapi nubuat Maleakhi 4:3 :char11:

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = tension, maka artinya sekarang orang Kristen memang udah keliatan lagi “nginjek2” nonKristen. CMIIW.

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = at once dan belum terjadi, nanti orang Kristen akan nginjek2 nonKristen - membakar mereka semua sampe jadi abu. CMIIW.


YA…,lebih tepat pada jawaban bro oda yang point pertama di atas, yakni :
*Kalo pada asumsi Hari Tuhan = tension, maka artinya sekarang orang Kristen memang udah keliatan lagi “nginjek2” nonKristen. CMIIW.
tetapi kata “Kristen" & Non Kristen” lebih tepat jika di ganti dengan kata " Yang hidup dalam Kebenaran & orang Fasik.

Karena Israel masih dibawah Mosaic Law... namun dari ayat 4 tsb sepertinya Mosaic Law nya spesifik - yakni yang diberikan di gunung Horeb.
Ya betul bro..,karena Israel dari jaman PL sudah hidup di bawah Mosaic law, maka seharusnya mereka dapat mengerti maksudnya Jika "HARI TUHAN" itu tiba..(tetapi mereka sayangnya mereka tetap tidak mengerti )..
Kalo pada asumsi Hari Tuhan = tension, mungkin ini yg dipendapati Kekristenan bhw nabi Elia itu = Yohanes Pembaptis.

Kalo pada asumsi Hari Tuhan = at once dan belum terjadi, nabi Elia belon datang. Mengenai “siapa”, saya kagak bisa tau … :char11:


Jawaban asumsi bro Oda yang pertama yang betul… HARI TUHAN=tension :smiley:

"ia" disitu mestinya sih ngerujuk ke "nabi Elia", karena kalimat2 ayat tidak melibatkan person lain utk bisa diasumsikan bhw "ia" disitu bukan nabi Elia.
Bro pasti bingung menjawabnya seperti pada Quote bro diatas, tetapi setelah kita tau bahwa pada point pertanyaan saya no 7 dan jawabannya adalah Yohanes Pembaptis, Maka 'Ia" dalam Maleakhi 4:6 adalah juga menunjuk pada Yohanes Pembaptis.
Sori, saya ngejawab bukan berdasarkan Alkitab. IMO, kalo berdasarkan Alkitab yang ada itu nantinya bianglala dufan kortsleting ... hehehe... :cheesy: :wink: :char11:

:slight_smile:
salam.

Saya rasa bro sudah berusaha menjawabnya dengan berdasarkan FT,…maksud saya tidak berdasarkan FT itu adalah jika jawabannya merujuk pada Kitab lain di luar Alkitab.

Salam… :slight_smile:

FT pada Amo 5:18 itu adalah tepat bro…,Coba bro hayatek baca dahulu semua jawaban penjelasan saya dengan seksama, terutama pada kesimpulan akhir "Reply # 7 " pembahasan pada jawaban saya…& saya yakin bro akan mengerti…

Salam… :slight_smile:

Num 23:19 yang bro kutipkan diatas tidak sesuai “tanda-tanda bacanya & tanda koma serta tanda titik nya”!!
Sebab salah penempatan tanda baca pada ayat FT di atas akan sangat merubah arti dari Firman Tuhan tersebut.

yang benar adalah :

Coba Bro Baca & Renungkan perlahan2 dengan seksama setiap tanda baca & kata pada FT tersebut.

Bilangan : 23:19
Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?

Allah bukanlah manusia, (tanda koma)
sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, (koma) sehingga Ia menyesal. (titik)

Sudah menangkap Maksud yang tersembunyi dalam Firman YHWH di atas bro ?? :coolsmiley:

Ayat Bilangan 23:19 itu justru YHWH hendak menyatakan bahwa Dia sesungguhnya adalah anak manusia itu nanti yang akan datang ke dunia sebagai Juruselamat, yakni Yesus Kristus yang adalah YHWH sendiri, dan YHWH tidak menyesal mengakui-Nya.

Salam…

Ya bro, saat Mesias itu datang & menyatakan kebenaran-Nya, maka semua orang yang berlaku Fasik akan terungkap jelas perbedaannya dengan orang2 yang tidak berlaku Fasik, Jika dahulu orang2 fasik itu merasa sudah benar dihadapan Allah, merasa sudah melakukan yang terbaik buat Allah ,Padahal sesungguhnya Tidaklah demikian di mata Allah.
Arti kata "Terbakar seprti jerami " hanya merupakan kalimat Kiasan dari Firman Allah, bukan arti sesungguhnya secara kasat mata. Perbuatan-perbuatan Fasik mereka akan di telanjangi oleh kebenaran Injil. Dikatakan dalam kiasan lain "Mereka seperti kuburan yang di kapur putih, dari luarnya keliatan besih tetapi dalamnya seperti kuburan.
Jadi maksud arti kalimat FT “menjadi seperti jerami & akan terbakar” itu merupakan kalimat kiasan dari Allah pada orang2 yang tetap berbuat Fasik…

Dialah Yohanes Pembaptis. Setelah YP ungu, kemudian Yesus : Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya ???

Kedua perkataan FT tersebut mirip, tetapi Nubuatan tentang Yohanes Pembaptis "mengembalikan hati bapak2 kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya, dengan Perkataan Tuhan Yesus pada Lukas pasal 12 itu "Mereka akan saling bertentangan, ayah melawan anaknya laki-laki dan anak laki-laki melawan ayahnya, ibu melawan anaknya perempuan, dan anak perempuan melawan ibunya, ibu mertua melawan menantunya perempuan dan menantu perempuan melawan ibu mertuanya”
itu berbeda jauh dalam pengertiannya, Jika Yohanes di tentukan Allah untuk menyiapkan hati Umat-Nya sebelum INJIL di beritakan, agar hati umat menjadi "SIAP"jika sang Mesias membawakan kabar baik (INJIL) pada umat-Nya -(hati bapak = Hati Allah <------sedangkan-------> hati anak= hati umat-Nya).
Sedangkan Ucapan Yesus pada Injil Lukas adalah berarti Yesus membawa pertentangan pada setiap orang yang menerimanya dengan orang yang menolak-Nya.

(quote)YA setiap [b]orang yang menerima "Sang Mesias atau Kristus"[/b] akan hidup dalam seluruh kebenaran Allah yang Kudus & yang Sempurna, dan kita akan menginjak2 injak perbuatan yang dilakukan orang2 fasik yang tidak mengenal kebenaran Allah yang sesungguhnya.(quote) Maksud hiraki, yang bukan orang fasik = bold ..... yang orang fasik = bukan bold yah ? Apakah Israel di jaman sekarang termasuk orang fasik ?

:slight_smile:
salam.


Ya bro…setiap orang yang menerima-Nya maka akan mengenal Allah yang sejati & akan hidup dalam kebenaran, sedangkan orang yang tidak menerima-Nya maka akan tetap selamanya tidak dapat mengenal Allah & kebenaran-Nya.
antar orang Fasik & orang yang tidak Fasik bukan masalah bangsa Israel atau bukan,Teatpi setiap manusia yang hidup di muka bumi ini.

Salam… :slight_smile:

Num 23:19 Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?

tampaknya ada kekeliruan di terjemahan Alkitab yang anda pakai. Bandingkan dengan:

Num 23:19 Tuhan bukanlah manusia sehingga Dia berdusta; juga bukan seorang anak manusia sehingga Dia menyesal! Apakah setelah Dia berfirman dan Dia tidak melakukannya; dan setelah Dia berbicara maka Dia tidak menegakkannya?

Menarik. Apakah ini berkaitan dgn Yeremia 31:31 ?

Ya betul bro..,karena Israel dari jaman PL sudah hidup di bawah Mosaic law, maka seharusnya mereka dapat mengerti maksudnya Jika "HARI TUHAN" itu tiba..(tetapi mereka sayangnya [b]mereka tetap tidak mengerti[/b] )..
warung saya yg satu lagi sepi, belon ada respond. Quote diatas agak terkait dgn topik di warung saya tsb ... OOT sebentar yah saya ....

berdasarkan quote diatas yg saya bold, jadi :
Israel tidak mau mengerti ? ataukah
memang belum mengerti ? ataukah
memang tidak bisa mengerti ?

Selanjutnya sehubungan dgn topik saya, begimana bisa ditentukan bhw ketidakmengertian Israel itu bukan karena yang disembah mereka itu salah … bukankah kalo “objek” yg mereka sembah itu salah, kan di pov Kekristenan ya otomatis mereka tidak bisa mengerti ?

Jawaban asumsi bro Oda yang pertama yang betul... [b]HARI TUHAN=tension[/b] :D
Tidak demikian yang di pov Israel :)
Jadi maksud arti kalimat FT "menjadi seperti jerami & akan terbakar" itu merupakan kalimat kiasan dari Allah pada orang2 yang tetap berbuat Fasik...
oke...
([b]hati bapak = Hati Allah[/b] <------sedangkan-------> hati anak= hati umat-Nya)
mengembalikan hati [b]bapak2[/b] kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?

ayatnya bilang secara plural, hiraki … :wink:

hiraki, saya rasa yang hayatek sebutkan memang tulisannya demikian sehingga pengertiannya itu bukan yang seperti hiraki tuliskan ?

New American Standard Bible
"God is not a man, that He should lie, Nor a son of man, that He should repent; Has He said, and will He not do it? Or has He spoken, and will He not make it good?

:slight_smile:
salam.

Benar sekali bro… :happy0025:

warung saya yg satu lagi sepi, belon ada respond. Quote diatas agak terkait dgn topik di warung saya tsb ... OOT sebentar yah saya ....

berdasarkan quote diatas yg saya bold, jadi :
Israel tidak mau mengerti ? ataukah
memang belum mengerti ? ataukah
memang tidak bisa mengerti ?


Tidak semuanya orang Israel menolak Yesus pada waktu itu bro…,Tetapi tidak semuanya juga menerima-Nya -(artinya ada yang mengerti & bnyak pula yang tidak dapat mengerti)- :slight_smile:
Hanya Tuhan yang dapat melihat “Hati”, sehingga ada yang dapat menerima-Nya & banyak juga yang bahkan ingin membunuhnya… :’(

Yohanes 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Mengapa ? sebab Tuhan mengetahui setiap isi “HATI” manusia…

MATIUS 11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Sebab orang-orang kecil inilah yang biasanya tidak menganggap dirinya pandai,merasa kuat,merasa kaya & merasa sudah benar sendiri di hadapan Allah<sehingga Allah berkenan terhadap orang2 yang demikian.

Selanjutnya sehubungan dgn topik saya, begimana bisa ditentukan bhw ketidakmengertian Israel itu bukan karena yang disembah mereka itu salah .... bukankah kalo "objek" yg mereka sembah itu salah, kan di pov Kekristenan ya otomatis mereka tidak bisa mengerti ? Tidak demikian yang di pov Israel :)
Tidak juga bro..,jawabannya ternyata bukan masalah "ketidak mengertian Israel itu bukan karena yang disembah mereka itu salah.....& bukan juga di sebabkan kalo"objek" yg mereka sembah itu salah...,Tetapi jawabannya adalah Ternyata "[u]setiap manusia yang dalam cara berpikirannya, berperasaannya & berkehendaknya masih memetingkan perkara-perkara atau hal2 duniawi[/u], MAKA baik orang Israel atau manusia manapun sudah dapat dipastikan 'TIDAK DAPAT MENGENAL ALLLAH" dengan benar yang pada Hakekat-Nya yang adalah Rohani. mudah-mudahan bro Oda dapat menangkap maksud penjelasan saya di atas..
mengembalikan hati [b]bapak2[/b] kepada anaknya & hati anak-anak kepada bapaknya ?

ayatnya bilang secara plural, hiraki … :wink:


kalau begitu baiklah kita membaca maksud arti pengertiannya langsung menurut Ft dalam :

Lukas 1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.

Jadi maksudnya saya kira bukan pada masalah penulisan secara hurufiahnya "jamak"tertuju pada oknum si "bapak -bapaknya atau anak-anaknya "tetapi roh Elia yang ada didalam diri Yohanes pembaptis akan mengubah hati orang2 durhaka (fasik) kepada pikiran orang -orang benar dengan tujuan mempersiapkan Umat-Nya (orang Israel khusunya pada waktu itu),agar layak & siap pada saat ketika Tuhan Yesus menyatakan Diri sebagai Anak manusia.
Ibaratnya : tanah yang keras “di bajak dahulu” agar nanti sudah siap saat di taburkan benih oleh petaninya…hehe :char11:

hiraki, saya rasa yang hayatek sebutkan memang tulisannya demikian sehingga pengertiannya itu bukan yang seperti hiraki tuliskan ?

New American Standard Bible
"God is not a man, that He should lie, Nor a son of man, that He should repent; Has He said, and will He not do it? Or has He spoken, and will He not make it good?

:slight_smile:
salam.


Mungkin saja bro…,entahlah mana yang lebih tepat, sebab saya menggunakan terjemahan Alkitab LAI TB…
tapi baiklah nanti saya edit saja gitu dengan YESAYA 9:5…,gimana menurut bro Oda apakah lebih masuk ayat FT nya ? :undecided:
Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Salam… :slight_smile:

hmmm… :undecided:
Mungkin saja gitu translit yang Alkitab LAI salah simpan tanda baca ?
Entahlah bro…yang pasti Anak manusia itu di sebutkan juga dalam Yesaya 9:5 sebagai :Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa,Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Nanti saya edit aja ayatnya bro… :slight_smile:

Salam…

Hehehehe… kata “Bapa” dalam ayat Yes. 9:6 adalah tambahan sang penterjemah… tidak ada dalam teks Ibraninya ;D

Berikut daftar kata Ibrani yang berakar dari kata ’ab (Bapa)

Hehehehe… ternyata tidak ada kata ’ă·ḇî·‘aḏ :2funny: