APAKAH ALLAH SAMA DENGAN JESUS

TEMEN 2X AKU ADA BAHAN DISKUSI NE

APAKAH ALLAH SAMA DENGAN JESUS???

SILAHKAN BERPENDAPAT…

menurut saya orang kristen… itu Allah adalah tritunggal… Allah Bapa, Allah Anak yaitu Tuhan Yesus, dan Roh kudus… tapi buat orang lain yang bukan kristen, allah nya tentu saja bukan Yesus. mungkin kamu bisa lihta juga thread yang judulnya Apakah Allah Tuhannya orang kristen?

APAKAH ALLAH SAMA DENGAN JESUS?

to the point aja.
kalo aku…
pertanyaan diatas hanya dapat dijawab dgn IMAN.
yaitu IMAN kepada TUHAN YESUS.
pasti ditemukan jawaban atas pertanyaan ini.

PEACE, :angel:

JADI ALLAH=JESUS??

YA!!, bagi Orang yang percaya.

Silahkan dibaca.

Bapa adalah Allah, Yesus adalah Allah, Roh Kudus adalah Allah

Tapi
Bapa bukan Yesus (Anak) bukan Roh Kudus

Itu mengapa orang percaya (Kristen) menyebut Allah Tritunggal

God bless you :slight_smile:

Allah sama dengan Jesus menurut aku sih tidak sama beda…Jelas di Alkitab disaat Yesus disalibkn…dia memanggil Allah (Bapa).

GUBRAKKK!!! :mad0261:

Trus yang dimaksud Allah Anak siapa donk? :rolleye0014:
Isengah jangan bikin tambah pusing laaa… :happy0025:

Kalo dibikin diagram kira-kira kayak gini:

kalo aku menanggapi pernyataan isengah…
menurutku,pernyataan ini ada karena ada IMAN.
hanya mau merangsang kita aja utk sharring lebih jauh…
ttg tritunggal itu.

mengapa DIA MEMANGGIL ALLAH(BAPA)??
So kesannya ALLAH gak sama dgn YESUS.

so…membahas ini kita gak bisa temukan jawaban…
kalo gak berangkat dari IMAN.

peace, :angel:

Ummhh, Aku cb jawab berdasarkan Alkitab.

Allah maha pencipta, DIA (Allah) turun kedunia mengambil rupa sebagai Anak (Yesus), Yesus (Allah anak) mati lalu bangkit, naik kesurga menyediakan tempat bagi yang percaya, Rohkudus (Allah dalam bentuk RohNya pribadi, yang diam didalam setiap orang yang percaya akan “karya” Allah melalui Allah Anak yaitu Yesus) “Turun” melanjutkan karya Allah Anak yaitu Yesus, dan diam didalam kita yang percaya.

Jadi Sdr ESA yang terkasih, Pribadi Allah tidak bisa dijabarkan menurut pikiran manusia kita :slight_smile: sama seperti periuk tidak bisa menjabarkan pribadi manusia penciptanya, tp melalui Firman Allah dalam Alkitab, Allah membuka DiriNya untuk dipahami oleh manusia seperti kita.

Perhatikan ayat2 ini :

Yohanes 1 : 1-3

1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Lalu ayat ini:

Yohanes 1 : 14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

Tidak mungkin kita bisa mengenal ALLAH tanpa mengenal Yesus, dan Tidak mungkin kita bisa mengenal Yesus tanpa Roh Kudus, mereka Satu Pribadi, dengan karyanya yang berbeda.

baca Ayat ini :

Allah(pencipta semesta) memperkenalkan DiriNya Yesus
→ Matius 3 :17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Yesus memperkenalkan Allah (pencipta semesta) sebagai Bapa kepada kita sekaligus memperkenalkan DiriNya sendiri sebagai jalan satu2nya kepada Allah → Yohanes 14 : 6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yesus memperkenalkan Allah Roh Kudus–> Yohanes 15 : 26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

Jadi pertanyaan Yesus=Allah, tidak bisa hanya dijawab “Ya” atau “Tidak” Dia adalah Allah bagi yang percaya, namun Dia juga tetap Allah bagi orang yang tidak percaya, apapun yang terjadi dalam Dunia ini, seberapapun manusia menolak untuk percaya padaNYA DIA tetap Allah dan tidak ada yang dapat mengoyahkan “ka ALLAHanNya”

Yesus adalah ALLAH yang menjelma menjadi Manusia, agar manusia yang telah berdosa, dan kehilangan jati diri didalam Allah, kembali dipulihkan melalui DIRINYA (sang PENCIPTA), dengan cara menerima DIRINYA didalam YESUS KRISTUS, sebagai Tuhan dan Juruselamat.

Kesimpulannya : ALLAH ada didalam YESUS ada didalam Rohkudus. Satu dan memiliki peranan berbeda untuk (perhatikan alasan ini!!) Karya menyelamatan Manusia!! sekali lagi karya penyelamatan ANDA (ESA) dan saya serta semua yang percaya

Semoga semua penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan anda, satu lagi dan terakhir, Allah kita Tuhan Yesus adalah suatu Pribadi, Esa kmu dan saya serta semua yang percaya dapat mengenalnya secara pribadi bukan sebagai hamba namun sebagai seorang sahabat,dan Bapa, kasihNya yang tak terukur mampu memulihkan Anda dan saya :slight_smile: jadi belajarlah kenal DIA :slight_smile:

GBU :slight_smile:

Siiip :afro:

Thanks ya, pak Paul :slight_smile:

saya mau berpendapat…

menurut diagram yang diajukan, saya akan bikin logika matematikanya.

jika n = 2, atau misalkan ada n
DAN x = n
DAN y = n
DAN z = n

bagaimana mungkin x <> y <> z?

jika menggunakan logika bahasa,

Bapa adalah seorang
Anak adalah seorang
Roh Kudus adalah seorang
tapi mereka bukan 3 orang melainkan 1 orang/individu, bagaimana bisa?

jika kita punya teman kembar 3, salah satu diantara mereka membunuh, bisakah kita hukum yg lain diantara mereka? jawabnya tidak, mengapa? karena mereka adalah 3 orang yg berbeda. apa yang membedakan? personality mereka masing2.

jadi gimana ni logikanya? mohon diperjelas lagi.

thanks

@tas
hi bro… :happy0025:

utk memahami ttg ketritunggalan ALLAH…
sungguh gak dapat diterima dan dipahami oleh logika…
tapi hanya oleh karena IMAN.
Dengan IMAN kita dapat mengaku,percaya,dan mengandalkan YESUS…
sebagai TUHAN penebus dosa…
SO…ketika kita percaya TUHAN YESUS…
disana pasti akan diajarkan ttg PENGAKUAN IMAN. :angel: :slight_smile:

He he he… pertanyaan ini yg gw tunggu-tunggu.

Kalo Tuhan bisa masuk logika manusia namanya bukan Tuhan lagi…

Makanya gw agak anti menjelaskan Tritunggal pake ilustrasi. Gak ada satu ilustrasi di dunia ini yang sanggup menjelaskan soal Tritunggal.
Konsep Tritunggal adalah FAKTA yang diajarkan oleh Alkitab.
Soal bagaimana logika tritunggal, tidak bisa dijelaskan dengan logika.
Toh dalam dunia ini masih banyak hal yang tidak bisa dijelaskan oleh logika manusia, tetapi manusia bisa menerimanya, mengapa soal Tritunggal manusia tidak bisa terima?

peace :happy0025:

:afro: :afro: :afro: :afro: setujuuuuuuuuuuu bgt, kalau dari jaman dulu Tuhan bisa dimengerti oleh logika manusia ga bakal tuh banyak agama menjamur di dunia, ga bakal juga ada perang agama. :happy0062:

No, anda salah kalau berkata ,“tapi mereka bukan 3 orang melainkan 1 orang/individu”

Doktrin Tritunggal tidak mengajarkan 3 individu yg berbeda (Bapa, Anak , dan Roh) = 1 individu (yaitu Allah).

Yg diajarkan oleh doktrin Tritunggal adalah 3 individuals IN ONE BEING THAT IS GOD.

Kalo kita berkata 3 individuals = 1 individual, itu adalah suatu kontradiksi logika, tapi kalau kita berkata 3 individuals yg berbeda didalam satu keberadaan (Being) yg adalah Allah, maka itu bukan suatu kontradiksi.

Doktrin Tritunggal tidak mengajarkan 3 individu yg berbeda (Bapa, Anak , dan Roh) = 1 individu (yaitu Allah). Yg diajarkan oleh doktrin Tritunggal adalah 3 individuals IN ONE BEING THAT IS GOD.
Saya kira
3 individu yg berbeda (Bapa, Anak , dan Roh) = 1 individu

DAN

3 individuals IN ONE BEING THAT IS GOD

ini artinya sama saja, “one being” artinya ya 1 individu.

Tuhan memang tidak bisa dilogika, apanya yg tidak bisa? wujudnya, tempatnya, waktunya, tapi pada prinsipnya, konsepnya, Tuhan harus jelas, harus sesuai dengan fitrah manusia.

if, Allah, Jesus, dan Holy Spirit adalah satu kesatuan, hanya berbeda wujud, waktu dan tempat, maka akan muncul pertanyaan-pertanyaan:

  1. Pada waktu Jesus di dunia, Allah dan Roh Kudus berada dimana?

  2. Jika pada waktu Jesus berada di dunia dan Allah dan Roh Kudus berada di dalam jasad fisik Jesus saat itu, lalu kepada siapa sebenarnya Jesus berbicara? contoh pada ayat-ayat berikut ini:

Yohanes 17 17:1. Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. 17:2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah [b]Engkau utus[/b]. 17:4 Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.

source: SABDA-Web -- Alkitab HTML/OnLine == TB (LAI) { Yohanes 17]


pada ayat 3 diatas terdapat kata-kata “Engkau utus”, jika benar bahwa Tuhan menjelma menjadi Jesus selama dibumi dan menjadi satu selama itu, maka siapa sebenarnya yang mengutus Jesus dalam ayat ini?

juga pada ayat-ayat berikut:

17:20. Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

source: sumber yang sama


di ayat 21 Jesus berkata “bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”, jika Ruh Allah ada pada diri Jesus saat itu, maka merujuk pada siapa “Engkau” disini?

Coba kita lihat ayat 22 dan 23, perhatikan yg dicetak tebal

17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, [b]supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu[/b]: 17:23 [b]Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu[/b], agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Jika Jesus + Allah + Roh Kudus adalah satu Tritunggal, lalu menurut ayat 22 dan 23 diatas “mereka” (manusia) juga merupakan bagian dari Tritunggal tersebut, sehingga menurut logika, tidak bisa disebut Tritunggal lagi, karena sudah lebih dari 3.

Baiklah, pertanyaan yang bagus. :afro:

Nah, ada perbedaan antara menjawab orang yang sudah percaya Yesus adalah Tuhan dan yang belum percaya.

Nah, Bro. Militan, bagi mereka yang belum percaya, gue punya pertanyaan. Mungkin bisa kamu share bagi mereka.

—Dimulai—

Apakah Allah Mahakuasa?

Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan?

Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan dan menampakkan diri kepada manusia?

Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan dan menampakkan diri kepada manusia dengan rupa yang berbeda?

Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan dan menampakkan diri kepada manusia dengan rupa yang berbeda dan bicara dengan bahasa yang berbeda pula?

Bila semua dijawab iya,
Maka apa penjabaran tiap-tiap orang di 1000 tempat berbeda itu tentang Allah?

Maka akan didapat 1000 versi yang berbeda tentang Allah.

Sekarang saya tanya,
Apakah sebenarnya ada 1000 Allah yang berbeda atau hanya 1 Allah saja yang menampakkan diri dalam 1000 versi yang berbeda?

Bila Allah yang Mahakuasa mampu menampakkan diri dalam 1000 versi yang berbeda, maka kenapa harus pusing bila alkitab “hanya” mengatakan bahwa Allah menyatakan diri sebagai Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus?

Kemahakuasaan Allah berada jauh di atas pikiran manusia.
Kita kadang pikir bisa dengan hikmat menjelaskan mengenai Allah sedangkan rupa Allah yang sebenarnya pun kita belum pernah lihat.

Kita katakan bahwa Allah adalah satu.
Lalu bagaimana wujud Allah yang adalah satu itu? Siapa yang tau?

Kita katakan bahwa Allah adalah satu.
Tapi satu seperti apa?
Apakah satu seperti ‘satu pena berwarna merah’ yang wujudnya akan itu-itu saja (dan apa sih wujudNya?).
Apakah Allah tidak bisa menyatakan diriNya selain dari warna merah?

Di alkitab, kita beruntung karena alkitab adalah kitab yang ‘berani’ menjelaskan mengenai wujud Allah.
Alkitab bukan hanya menjelaskan sifat, rencana dan kasih Allah, tetapi juga berani menggambarkan wujud Allah - meski tidak sampai rupaNya karena terselubung oleh cahaya kemuliaanNya.

Ada beberapa penampakan ilahi yang ditulis oleh alkitab mengenai rupa dan wujud Allah lho.


Oke bro. Manusia Biasa Saja, akan saya jawab menurut pengertian saya.

Apakah Allah Mahakuasa?
So pasti.
Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan?

Bila iya, maka bisakah Allah muncul di 1000 tempat berbeda dalam waktu bersamaan dan menampakkan diri kepada manusia?

dst. hampir sama pertanyaannya dan saya ngerti maksud pertanyaannya. jadi saya ommit saja :slight_smile:


Justru itu masalahnya, kenapa jika Allah maha kuasa, dia masih membagi dirinya menjadi 3 atau 1000 utk mengatur umat manusia, kenapa dia harus turun ke bumi kemudian disalib untuk menebus dosa manusia, kenapa ngga somewhere there Dia tinggal mengejapkan mata, maka dosa seluruh umat manusia dari adam sampai kiamat nanti, dosa-dosanya terampuni?

trus kalo Allah tadi meng-copy dirinya 1000 kali, kalo saya ketemu sama Allah yg ke 899 sebagai orang Jakarta misalnya, tetap saja yg ke 899 ini adalah pribadi yang berbeda, ga bisa kita bilang sama, apalagi mukanya beda sama yg ke 700 misalnya karena dia cina, atau yg ke 600 karena dia india. pada saat itu mereka adalah 1000 orang yang berbeda yang secara bersamaan kita tidak bisa bilang mereka adalah 1 orang, kalau satu organisasi bisa.

bro… anda juga belum jawab pertanyaan2 yang ada di postingan saya sebelumnya lho :smiley:
mohon dilihat lagi di APAKAH ALLAH SAMA DENGAN JESUS - Non-Kristen - ForumKristen.com

trims