Apakah Alkitab menjelaskan bahwa bumi itu datar?

aku mau tanya.kalau tidak salah dalam Alkitab menjelaskan bahwa bumi ini datar.apa itu benar??

maksudnya:

Rev 20:9
Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,

yang itu bukan?

itu kan istilah nya mirip dataran tinggi, dataran rendah…

bulat kok…

Isa 40:22
Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

berapa ribu taun sebelum colombus tuh … :smiley:

Coba ke sini Zahra…Kejadian Bumi dan Langit - Terjawab - ForumKristen.com
Replay # 147…

Kunjungi juga, http://www.sarapanpagi.org/yesaya-40-22-bumi-bulat-vt2252.html

Salam

budiman777;kalau aku baca http://www.sarapanpagi.org/yesaya-40-22-bumi-bulat-vt2252.html. timbul seuatu pertanyaan.kalau ga salah kita ga boleh memberikan makna baru ari alkitab apalagi itu dari manusia karena akan mengubah makna aslinya.jadi apakah ketika di dalam alkitab mengatakan bumi memiliki ujung.apkah kita perlu memaknai yang lain sedangkan yang di tulis sangatlah jelas kata2nya?.

makanya perlu RK untuk membaca dan mengerti Alkitab :smiley:

maksudnya??
siapa yang bisa menjamin ketika anda mengartikan kata itu berasal dari RK??
aku pikir untuk mengerti alkitab yang dengan membaca dan tidak mengubah arti yang sebenarnya

Isi tulisan didalam Alkitab ada yang bermakna literal ada yang kiasan (alegoris). Tulisan di Alkitab tidak salah, yang bisa keliru kita yang menafsirkannya. Harus diakui kita waktu itu pernah salah menafsirkan “ujung bumi” sebagai betul-betul ujungnya bumi (literal), sesuai jaman itu dimana pengetahuan belum sampai pada tahap seperti sekarang ini. Puji Syukur bahwa kesalahan itu dapat disadari, kita terlalu fokus kepada ayat-ayat tertentu, sehingga kurang memperhatikan ayat-ayat dalam Alkitab lainnya.

Fakta bumi bulat sudah tersaji dalam Yesaya 40:22, Alkitab tidak salah dan rahasia-rahasia yang ada di Alkitab yang sampai saat ini belum terungkap, kalau itu berupa nubuat pasti akan digenapi kalau itu berupa hikmat pasti pula disingkapkan.

Salam

"tulisan di Alkitab tidak salah, yang bisa keliru kita yang menafsirkannya

‘’. aku sepakat sekali.karena sudah jelas di dalam alkitab menuliskan “ujung bumi”.tapi manusia mencoba menafsirkan lain.jadi arti yang sesungguhnya hilang.maka dia bilang "0h…ujung bumi itu ahanya bahasa kiasan…"hal ini terjadi demi menjaga dirinya agar tidak dipermemalukan di depan orang lain meskipun artinya keluar dari makna yang sesungguhnya.

btw dari mana anda tau di dalam alkitab ada yang bermakna literal ada yang kiasan (alegoris)??.dari dasar mana???
apa tuhan yesus datang kepada anda??
jangan asal menulis dong.heeeeeeee

kalo ane liat secara kasat mata yang sederhana ini memang keliatan datar, kaga ada bulat-bulatnya… :coolsmiley:

Darimana anda tahu bahwa di Alkitab ada yang bermakna literal dan kiasan? Setidaknya saya toh pernah belajar membaca dan belajar bahasa Indonesia…:slight_smile:

Dari dasar mana? Atas apa yang tertulis didalam Alkitab, suatu contoh, Yesus berkata “biarlah orang mati menguburkan orang mati” pernyataan ini tidak dapat diartikan secara literal, karena jadi tidak masuk akal, masa orang mati bisa menguburkan orang mati? Maka kita menalar dan memaknai kata mati yang berwarna biru sebagai mati rohani, orang itu hidup tetapi rohaninya sudah mati dan ia pergi menguburkan orang meninggal.

Contoh lainnya, Yohanes 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”
Dilahirkan kembali dalam kalimat ini bukan kembali ke rahim ibu terus lahirkan ulang, melainkan dilahirkan kembali secara rohani, menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat berarti hidup kita menjadi baru, kita yang tadinya tidak layak melihat Kerajaan Allah, menjadi layak oleh karena kita percaya Yesus.

Banyak lagi tulisan di Alkitab yang bergaya bahasa alegoris yang tentunya tidak dapat kita maknai secara literal. Alkitab juga mengandung sejarah, hikmat, perumpamaan-perumpamaan dlsb.

apa Tuhan YESUS datang kepada anda?? Secara rohani, benar, Ia bukan saja sudah datang menolong saya untuk mempelajari firman Allah dan kebenaranNya, melainkan seluruh hidup saya diperbaharui, saya yang tadinya harus binasa, Tuhan Yesus selamatkan saya. Secara jasmaniah saya bukan orang pandai, banyak kelemahan, bisa salah menafsir dlsb namun saya boleh berbangga melalui kasih karunia Tuhan dan bimbingan Roh Kudus saya dimampukan untuk mengerti firmanNya dan menerapkannya dalam kehidupan pribadi saya.

Salam

Alkitab menyatakan bahwa bumi itu bulat, sebelum manusia mengetahui bahwa bumi itu bulat.
Yesaya 40
40:22 Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Salam

Perhatikan ayat-ayat berikut:
Mat 24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.
Luk 17:34 Aku berkata kepadamu: Pada malam itu ada dua orang di atas satu tempat tidur, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 35 Ada dua orang perempuan bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan." 36 (Kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan.)

Bekerja di ladang berarti siang hari bukan?
Tidur berarti malam hari bukan?
Hal pengangkatan ini terjadi bersamaan hanya waktu nya yang berbeda. Berbda waktu tersebut bermakna bahwa bumi itu bulat.
Jauh sebelum galileo menemukannya.

Penjelasan lanjutan tentang topik ini bisa dilihat di

STUDY YESAYA 40 :22 (TENTANG BENTUK BUMI).
http://tanyajawab.sarapanpagi.org/ajaran/study-yesaya-40-22-tentang-bentuk-bumi-p127.html

Yesaya 40:22 : Bumi Bulat
http://www.sarapanpagi.org/yesaya-40-22-bumi-bulat-vt2252.html

bumi datar? matius 4:8
http://www.sarapanpagi.org/bumi-datar-matius-4-8-vt3451.html

  1. Bumi statis dan tidak bergerak???.
    http://www.sarapanpagi.org/kesalahan-kesalahan-fatal-alkitab-vt2843.html#p16102
    Topik saya kunci karena tidak ada inisiatif untuk diskusi lanjutan dan topik sudah terjawab.
    Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik menarik lainnya.

Tuhan YESUS memberkati.