apa kriteria yesus sehingga diakui sebagai tuhan?

salam keindahan atas apa yang ada di jagat raya ini,sesungguhnya cahaya yang terang adalah dibalik cayaha yang ada dan di dalam kegelapan.makasih atas akal yang aku miliki sehingga aku bisa menjadi seorang manusia yang benar-benar manusia.

yang ingin aku diskusikan dalam topik ini adalah “kriteria yesus menjadi tuhan”.memang aneh tapi tidaklah aneh bagi umat kristen.sebelum aku mulai memaparkan topik itu,aku ingin memberi info ciri tuhan itu.Tuhan adalah zat yang sempurnah dan beda dengan mahkluk apapun dia (sedikit aja yang.heee).

lalu apakah kriteria yesus menjadi tuhan?

perlu kita ketahui bahwa yesus adalah manusia,memang yesus memiliki roh tuhan.namun perlu ditanya.apakah roh yesus beda dengan roh manusia yang lain.aku pikir manusia hidup karena adanya bantu tuhan yakni roh tuhan itu sendiri.

lalu yang mesti dipertanyakan.apakah tuhan mesti diakui oleh manusia?.apakah tanpa manusia,tuhan ga bisa ada dan berkuasa.aku pikir alam ini adalah ciptaannya.baik itu manusia dan alam sememsta yang lainnya.walaupun manusia itu ga mau mengenal tuhan, tuhan pasti tetap ada dan berkuasa.

lalu, apakah tuhan ga bisa berkuasa di alam semesta ini?.sehingga tuhan mesti turun dibumi ini?.knp harus dibumi tuhan turun untuk mengatur dunia dan alam semesta ini.kenapa tidak dari tempatnya or di tempat lain or di planet lain .apa tuhan suka pamer or sombong sehingga dia ingin memperlihat dirinya di bumi,sungguh malang tuhan yang kurang terkenal.

lalu,kenapa kristen bisa mengagungkan tuhan yesus.apakah dia manusia yang terbatas.yang lemah dan bisa disiksa.aku tau apa yang kalian ingin jawabankan,pasti kalian ingin jawab karena dia ingin menebus dosa kami,karena dia tau hari akhir,karena dia bisa menyembuhkan orang dan pasti kalian mengambil kutipan dari Alquran or apa.yang menngatakan yesus akan datang kebumi untuk memberikan kehakimannya.iyalkan?

1.karena dia mau menebus dosa
jawabx :dia ga pernah menebus dosa umat pada waktu itu dan samapai hari ini.kalau dia memang mau menebus dosa.pertanyaannya:
a.siapa yang menyuruh yesus untuk menebus dosa?
b.kenapa dia harus disalip,kalau dia tuhan kenapa dia ga mengampunkan dosa umatnya aja tanpa disalib?
c.apa dasarnya kalau dia disalib, dia bisa menubus dosa umatnya?
d.apakah tuhan tidak berkuasa ketika didalam tubuh manusia,sehingga dia pasrah untuk di salip?

2.karena dia tau hari akhir
jawabnya:dia ga pernah tau betul akan hari akhir,yesus hanya memberikan gambaran akan hari kahir itu,hal ini serupa dengan nabi-nabi lain.kenapa bisa begitu,karena sesungguhnya yang tau hari akhir adalah ALLAh itu sendiri bukan yesus.jika masih diprotes coba jawab pertanyaan ini:
a.jika dia tau knp dia tidak memberitau keadaan yang sebetulnya dan kapan hari akhir itu?.
b.jika dia tahu hari akhir,apa buktinya kalau dia tau pasti akan hal itu?
c.dan apa dasar umat kristen percaya kalau yesus lebih tau hari akhir?

3.karena dia bisa menyembuhkan orang lain
jawabnya:apakah karena dia bisa menyembuhkan orang lain dia dianggap sebagai tuhan namun ketika dia ingin disalib dia berani menurunkan mahkotah ketuhanan dia.sesungguhnya bukan hanya dia aja yang bisa menyembukan orang lain.banyak contoh2 yang bisa kok.jika masih mau dikritik,simak pertanyaan ini:
a.apa dasar kalian sehingga mengagungkan yesus menjadi tuhan dengan mengabaikan orang-orang sebelum dan sesudah yesus yang bisa menyembuhkan orang?
b.kalau yesus bisa menyembuhkan orang lain.knp dia ga bisa menyembuhkan dirinya or melepaskan dirinya dari peristiwa penyalipan itu.yesuskan maha segalanya.apa dia lemah di dalam tubuh manusia?(sungguh tuhan yang tunduk kepada manusia)

4.karena dia akan datang untuk menghakimi manusia di hari akhir
jawabnya:kalau kalian mau mengambil dari Alquran.sesungguhnya maksud dari Alquran bukan begitu.namun dia hanya datang untuk membuktikan dirinya kepada orang lain yang mengakui dirinya adalah tuhan.:
a.jika yesus datang untuk menghakimi manusia,kanapa dia cape2 untuk mengorbankan dirinya untuk menebus dosa manusia.apa yesus susah untuk menampugn manusia ke surganya,itu jika yesus tuhan yang mempunyai surga
b.janganlah kalian bilang kalau yesus bisa segalanya?tapi dia ga berdaya dalam penyalipan itu.apa itu skenarionya?.jika iya.atas dasar apa dia membuat skenario itu.apa dia ga bisa membuat skenario itu tanpa kerja sama dari manusia karena tempat terindahnya terlalu sempit

itu dulu ya…ga enak diutarakan semua.da seruh diskusinya.ok

oh ya…tuhan memang menjadi manusia.tapi itu ga mungkin.kalian ingat peristiwa nabi musa ketika Beliau meminta tuhan untuk menunjukkan dirinya.namun apa yang terjadi.baru cahayanya yang datang dunia mau hancur.itu buktinya kenapa aku bilang ga mungkin tuhan menjadi manusia karena bumi ga bisa menerima kesucian tuhan,lalu apa itu roh kudus itu?

roh kudus itu hanya sebagian manisfentasi tuhan ke bumi ini.dan dari roh itu manusia dan alam semesta ini bisa hidup.

manusia menjadi tuhan itu bisa saja tapi bukan manusia secara untuh yang mengubah dirinya menjadi tuhan,namun hny roh kudus yang akan kembali keasalnya dimana dia pertama kai ditiupkan.jadi bukan hanya yesus aja yang bisa menjadi tuhan.namun semua yang hidup akan kmenjadi tuhan,sebab semua mahkluk hidup memiliki roh kudus tuhan.ingat manusia tidak bisa menjadi tuhan dengan kondisi manusia secara utuh

Bisa diperjelas maksudnya yg di bold itu ? bagaimana maksud zat yg sempurna itu ? apakah zat lebih tinggi tingkatannya dari manusia ?
maaf kalau pertanyaan sy terkesan bodoh ( abis sy emang rendah pendidikannya ) :ashamed0002:

tuhan adalah zat yang tak mempunya tandingan dan berbeda dari pada ciptaannya?.jangan mengartikan zat dimana zat yang sering manusia lihat dan rasakan.karena ketika manusia atau mahluk lain bisa melihat zat tuhan.maka tuhan itu bukanlah tuhan yang sebenarnya,karena tuhan yang sebenarnya adalah zat yang sangat halus dari malaikat apalagi manusia

@ Saudaraku DIAaku

Wah… terimakasih lho penjelasannya, karna aqiu baru tau deh…
OH…Jadi Tuhan tidak bisa dilihat karena sangat halus yack…
Kalo di SMA dulu pernah liat amoeba dan bakteri harus pake mikroskop…gak bisa diliat pake mata telanjang tuh…
Jadi lebih kecil ya…
Hmmmmm…kecil-kecil tapi “jagoan” yack?

emm… koq g ada yg bahas hal ini ya??
padahal cukup menarik lho yg di katakan di awal…
saya jg sampai sempat berpikir…
so…
buat bapak/ibu pendeta yang lebih paham hal ini… tolong diuraikan disni donk…
makasi,

apa sih hasil pemikiranmu bro ?

buat bapak/ibu pendeta yang lebih paham hal ini.. tolong diuraikan disni donk.. makasi,
ayo2 senior FK yg pendeta gimana nih ?

ku rasa, tulisan tadi bisa mengintimidasi orang kristen yang belum paham sepenuhnya, bisa menimbulkan dilema tersendiri, apalagi bagi mereka yang baru menerima dan percaya, dan masih awam dalam hal alkitabiyah dan kekristenan.

jadi mohon bimbingan…

bisa jadi statement di awal bisa menjadi senjata untuk mempengaruhi atau mendoktrin anak2 Tuhan supaya keluar dari jalannya.

Jujur. bila saia di ajukan statement itu, saya hanya bisa diam.

Wah… terimakasih lho penjelasannya, karna aqiu baru tau deh…
OH…Jadi Tuhan tidak bisa dilihat karena sangat halus yack…
Kalo di SMA dulu pernah liat amoeba dan bakteri harus pake mikroskop…gak bisa diliat pake mata telanjang tuh…
Jadi lebih kecil ya…
Hmmmmm…kecil-kecil tapi “jagoan” yack?

"memang zat yang sangat-sangat halus hanya merupakan benda yang sangat kecil?.jadi kamu pikir malaikat dan setan itu kecil?.cobalah berpikir seperki orang dewasa.anak TK aja tau hal ini

Ketika saya membaca treath diatas, saya mengerti mengapa terdapat pertentangan dan kontradiksi. Orang kristen mengakui Yesus sebagai Tuhan karena Yesus tidak bertindak layak nya manusia. Anda sendiri mengatakan kenapa klo Yesus itu maha kuasa mengapa di tidak membebaskan dirinya dari penyalibannya?? jawabannya sangat sederhana karena ini adalah pemikiran manusia, dan anda menjelaskan pikiran manusia ini dengan sangat jelas. Saya sering mendengarkan tanggapan mengenai ini, namun saya menyadari karena Yesus adalah Tuhan makanya Dia tidak bertindak berdasarkan pikiran manusia.

Yesus di sebut Tuhan karena sifat Yesus adalah sama dengan Tuhan. Yesus adalah satu2 nya makluk yg real di bumi yg memiliki kasih yang sangat besar. Yesus memiliki kuasa dan karisma yg tidak di miliki oleh makluk lain di bumi, tapi Dia tetap menunjukkan ttg kasih dan kerendahan hati. Yesus bisa meredakan angin kencang dan gelombang, tapi Yesus tidak pernah membalas apa yg orang perbuat pada-NYA, ketika Dia di maki, Dia mendoakan mereka agar mereka di ampuni. Inilah sisi terbesar daripada Yesus, yakni KASIH. Bagi saya pribadi, Yesus adalah simbol dari kasih Tuhan, karena itu ketika saya melhat Yesus sama halnya dengan saya telah melihat ALLAH itu sendiri.

Silahkan anda pelajari sifat ALLAH, ketika anda pelajari ttg kitab2, anda akan menemukan ALLAH adalah kasih, karena kasih-NYA maka saya dan saudara masih sempat mengikuti forum ini. Ketika anda bilang kenapa Tuhan tidak langsung saja memaafkan dosa manusia, dan mengapa Yesus harus repot di salibkan?? jawabannya sederhana karena Tuhan ingin menunjukkan pada manusia bahwa Dia peduli dengan manusia, Dia mencintai manusia, dan Dia menghargai manusia yg adalah ciptaaan. Klo Tuhan ingin semena-mena kepada manusia itu bukanlah hal yg sulit, tapi itu bukanlah sifat daripada Tuhan.

Saya percaya banyak orang yg masih meragukan keabsahan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat karena mereka memandang daging. Yesus bukanlah daging-NYA, Yesus adalah firman dan kasih yg diberikan kepada kita. Itulah mengapa IA di sebut Tuhan dan juru selamat.

TUHAN MEMBERKATI SAUDARA…

Orang kristen mengakui Yesus sebagai Tuhan karena Yesus tidak bertindak layak nya manusia.

"jika yesus tidak bertindak layaknya manusia.kenapa mesti makan dan minum seperti manusia biasa?.jangan memberikan jawaban yang hanya melihat satu sudut aja.karena akan menimbulkan banyak pertanyaan.

saya menyadari karena Yesus adalah Tuhan makanya Dia tidak bertindak berdasarkan pikiran manusia.

“jika dia tidak bertindak sesuai dengan pikiran manusia.itu sudah banyak terjadi di dunia ini.firaun tidak pernah berpikir layaknya manusia pada umumnya untuk menyiksa manusia.para penyulap pertama ga pernah berpikir seperti manusia biasa sehingga dia bisa memiliki kekuatan untuk melakukan sulap dan orang yang mengelilingi dunia ga pernah berpikir seperti manusia biasa untuk melakukan hal itu.jadi aku mau bilng hal itu hal yang manusiawi bukan yesus aja yang bisa.”

Yesus di sebut Tuhan karena sifat Yesus adalah sama dengan Tuhan. Yesus adalah satu2 nya makluk yg real di bumi yg memiliki kasih yang sangat besar. Yesus memiliki kuasa dan karisma yg tidak di miliki oleh makluk lain di bumi, tapi Dia tetap menunjukkan ttg kasih dan kerendahan hati. Yesus bisa meredakan angin kencang dan gelombang, tapi Yesus tidak pernah membalas apa yg orang perbuat pada-NYA, ketika Dia di maki, Dia mendoakan mereka agar mereka di ampuni. Inilah sisi terbesar daripada Yesus, yakni KASIH. Bagi saya pribadi, Yesus adalah simbol dari kasih Tuhan, karena itu ketika saya melhat Yesus sama halnya dengan saya telah melihat ALLAH itu sendiri.

“janganlah memberikan contoh yang manusiawi.karena banyak contoh kayak yesus.Nabi umat Islam juga begitu.dan Nabi2 yang lain sebelum dan sesudah yesus juga begitu.tidak ada alasan yang membuat yesus itu memiliki keagungan yang lebih dari pada yang lain.”

karena Tuhan ingin menunjukkan pada manusia bahwa Dia peduli dengan manusia, Dia mencintai manusia, dan Dia menghargai manusia yg adalah ciptaaan. Klo Tuhan ingin semena-mena kepada manusia itu bukanlah hal yg sulit, tapi itu bukanlah sifat daripada Tuhan.

"apakah bukan tugas tuhan untuk mengakhiri alam semesta ini?.apakah itu alasannya.katanya tuhan bertindak tidak seperti manusia.kalau dia mau kasihi manusia dengan cara begitu.apa bedanya nabi musa yang meninggalkan kerajaan untuk jalan tuhan.dia melakukan itu agar di masanya tidak berdosa dengan tuhan dan dia menyayangi umatnya pada waktu itu.apakah tuhan harus merendahkan dirinya di mahluk yang hanya diciptakan oleh dirinya sendiri?.tuhan yang tidak kreatif (maaf tapi itulah kenyataannya)

Saya percaya banyak orang yg masih meragukan keabsahan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat karena mereka memandang daging. Yesus bukanlah daging-NYA, Yesus adalah firman dan kasih yg diberikan kepada kita.

“apakah di balik tubuh manusia itu tidak berkuasa untuk melakukan segalanya sehingga harus butuh makanan dan minuman.katanya tuhan tidak bertindak seperti manusia biasa.sangat kurang kreatif untuk menyayangi manusia.”

Itulah mengapa IA di sebut Tuhan dan juru selamat.

“apa dasarnya dia merupakan juru selamat.tlong jelaskan.apa maksudnya. jika itu karena tuhan menebus dosa manusia.kenapa dia harus turun?.siapa yang menyuruh yesus untuk menebus dosa?.kenapa dia harus disalip,kalau dia tuhan kenapa dia ga mengampunkan dosa umatnya aja tanpa disalib?.apa dasarnya kalau dia disalib, dia bisa menubus dosa umatnya?.apakah tuhan tidak berkuasa ketika didalam tubuh manusia,sehingga dia pasrah untuk di salip?
jangan ulangi jawaban yang tadi karena akan menimbulkan pertanyaan baru lagi.jika tuhan akan datang hari akhir.apakah yesus pernah jelaskan kalau dia akan datang unutk menghakimi manusia,kanapa dia cape2 untuk mengorbankan dirinya untuk menebus dosa manusia.apa yesus susah untuk menampung manusia ke surganya,itu jika yesus tuhan yang mempunyai surga.janganlah kalian bilang kalau yesus bisa segalanya?tapi dia ga berdaya dalam penyalipan itu.apa itu skenarionya?.jika iya.atas dasar apa dia membuat skenario itu.apa dia ga bisa membuat skenario itu tanpa kerja sama dari manusia karena tempat terindahnya terlalu sempit”

isa jadi statement di awal bisa menjadi senjata untuk mempengaruhi atau mendoktrin anak2 Tuhan supaya keluar dari jalannya.

“aku ga pernah mendoktrin siapapun.kita sama2 mencari suatu kebenaran.kebenaran yang sebenarnya”

Krn Yesus mengatakan demikian.

Tolong ceritakan kepada saya bagaimana anda bisa mengenal Alloh? singkat saja.

Orang kristen mengakui Yesus sebagai Tuhan karena Yesus tidak bertindak layak nya manusia.

"jika Yesus tidak bertindak layaknya manusia.kenapa mesti makan dan minum seperti manusia biasa?.jangan memberikan jawaban yang hanya melihat satu sudut aja.karena akan menimbulkan banyak pertanyaan.

Hehe maap numpang nimbrung niy, gpp kan yah ??
Ehm kayaknya sodara diaaku lupa ngeliat di satu sudut pandang…coba ta pikir2…kalau Yesus tidak makan/minum DIA mati dong, namanya juga “Manusia” :wink:

saya menyadari karena Yesus adalah Tuhan makanya Dia tidak bertindak berdasarkan pikiran manusia.

“jika dia tidak bertindak sesuai dengan pikiran manusia.itu sudah banyak terjadi di dunia ini.firaun tidak pernah berpikir layaknya manusia pada umumnya untuk menyiksa manusia.para penyulap pertama ga pernah berpikir seperti manusia biasa sehingga dia bisa memiliki kekuatan untuk melakukan sulap dan orang yang mengelilingi dunia ga pernah berpikir seperti manusia biasa untuk melakukan hal itu.jadi aku mau bilng hal itu hal yang manusiawi bukan Yesus aja yang bisa.”

Maaf nih tapi…kalau sodara punya kekuasaan sebesar Firaun pada masanya itu, maka bisa juga sodara melakukan penyiksaan yg malah mungkin jauh lebih tidak sesuai dengan akal manusia…
Trus apa sih hebatnya para pesulap ?? mereka hanya mempelajari tipuan mata koq…semua orang bisa asal tekun & disiplin mempelajarinya.
Jauh banget pembandingnya boszz…

Yesus di sebut Tuhan karena sifat Yesus adalah sama dengan Tuhan. Yesus adalah satu2 nya makluk yg real di bumi yg memiliki kasih yang sangat besar. Yesus memiliki kuasa dan karisma yg tidak di miliki oleh makluk lain di bumi, tapi Dia tetap menunjukkan ttg kasih dan kerendahan hati. Yesus bisa meredakan angin kencang dan gelombang, tapi Yesus tidak pernah membalas apa yg orang perbuat pada-NYA, ketika Dia di maki, Dia mendoakan mereka agar mereka di ampuni. Inilah sisi terbesar daripada Yesus, yakni KASIH. Bagi saya pribadi, Yesus adalah simbol dari kasih Tuhan, karena itu ketika saya melhat Yesus sama halnya dengan saya telah melihat ALLAH itu sendiri.

“janganlah memberikan contoh yang manusiawi.karena banyak contoh kayak Yesus.Nabi umat Islam juga begitu.dan Nabi2 yang lain sebelum dan sesudah Yesus juga begitu.tidak ada alasan yang membuat Yesus itu memiliki keagungan yang lebih dari pada yang lain.”

Berikan contoh perbuatan Nabi umat Islam & Nabi2 lain yg sama dengan pernyataan di atas…

karena Tuhan ingin menunjukkan pada manusia bahwa Dia peduli dengan manusia, Dia mencintai manusia, dan Dia menghargai manusia yg adalah ciptaaan. Klo Tuhan ingin semena-mena kepada manusia itu bukanlah hal yg sulit, tapi itu bukanlah sifat daripada Tuhan.

"apakah bukan tugas tuhan untuk mengakhiri alam semesta ini?.apakah itu alasannya.katanya tuhan bertindak tidak seperti manusia.kalau dia mau kasihi manusia dengan cara begitu.apa bedanya nabi musa yang meninggalkan kerajaan untuk jalan tuhan.dia melakukan itu agar di masanya tidak berdosa dengan tuhan dan dia menyayangi umatnya pada waktu itu.apakah tuhan harus merendahkan dirinya di mahluk yang hanya diciptakan oleh dirinya sendiri?.tuhan yang tidak kreatif (maaf tapi itulah kenyataannya)

Ga ada satu pun yg tau tugas Tuhan, lagian sapa yg kasi tugas ?/ lawong DIA Bosz di langit & bumi hayooo…
Jauh beda bosz… sekarang aku mau tanya, menurut anda, apa sih alasan Musa menerima penugasan Tuhan ?? sama kah dengan pertimbangan Tuhan menjelma dalam wujud manusia ??? Sukarela kah Musa ?? bagaimana dengan Yesus ??

Btw Tuhan tidak merendahkan diri koq (*anda ternyata juga melihat dari satu sudut pandang juga yah sodara diaaku :slight_smile: harusnya dengan tindakan Tuhan itu membuat kita menjadi MALU, lawong yg Berkuasa aja mau susah2 demi kita…mosok kita baru jadi manusia biasa aja udah sombong pada sesama, punya jabatan/duit dikit aja udah malingin muka dari sesama…
Itu pembelajaran Tuhan yg hakiki bosz…di situlah inti KASIH yg DIA ingin kan untuk diterapkan anusia dalam kesehariannya di bumi yg fana ini…nangkap ???

Saya percaya banyak orang yg masih meragukan keabsahan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat karena mereka memandang daging. Yesus bukanlah daging-NYA, Yesus adalah firman dan kasih yg diberikan kepada kita.

“apakah di balik tubuh manusia itu tidak berkuasa untuk melakukan segalanya sehingga harus butuh makanan dan minuman.katanya tuhan tidak bertindak seperti manusia biasa.sangat kurang kreatif untuk menyayangi manusia.”

YUp… Tuhan tidak bertindak seperti manusia => Tuhan bertindak jauh di atas tindakan manusia => dalam diri Yesus ada manusia (seperti anda & saya) + sifat Ilahi… Sampe sini nyambung ??
Coba jelaskan kurang kreatif nya di mana yah ???

Itulah mengapa IA di sebut Tuhan dan juru selamat.

"apa dasarnya dia merupakan juru selamat.tlong jelaskan.apa maksudnya. jika itu karena tuhan menebus dosa manusia.kenapa dia harus turun?

.

DIA turun sebagai penggenapan janji-NYA pada Bangsa Yahudi (*Ingat Yahudi menantikan Mesias, sedangkan di Muslim menantukan Imam Mahdi…)

siapa yang menyuruh Yesus untuk menebus dosa?.

TUHAN ALLAH tentunya…sapa lagi Bosz ???

kenapa dia harus disalip,kalau dia tuhan kenapa dia ga mengampunkan dosa umatnya aja tanpa disalib?.

DIA harus mengalahkan kuasa kematian, biar semua orang tau sebesar apa pengorbanan-NYA & sebesar apa kekuasaan-NYA

apa dasarnya kalau dia disalib, dia bisa menubus dosa umatnya?.apakah tuhan tidak berkuasa ketika didalam tubuh manusia,sehingga dia pasrah untuk di salip?

Tuhan selalu berkuasa di dalam hati manusia…di hati sodara & saya, tinggal manusia nya koq mau nya gimana.
Ehm btw sodara diaaku ngerti arti Salib dalam tradisi Yahudi ??

jangan ulangi jawaban yang tadi karena akan menimbulkan pertanyaan baru lagi.jika tuhan akan datang hari akhir.apakah Yesus pernah jelaskan kalau dia akan datang unutk menghakimi manusia,kanapa dia cape2 untuk mengorbankan dirinya untuk menebus dosa manusia.

Yup manusia diberikan second chance ( Betapa baik nya TUHAN ku :slight_smile: ), penghakiman itu diperlukan untuk memisahkan manusia yg mengambil kesempatan penebusan Yesus itu untuk berbuat baik di Hadirat-NYA ataukah tetap bebal…

apa Yesus susah untuk menampung manusia ke surganya,itu jika Yesus tuhan yang mempunyai surga.janganlah kalian bilang kalau Yesus bisa segalanya?

Itulah pemikiran yg sangat manusia…tapi gpp :slight_smile:
Bosz…anda mau yg berbuat salah/kriminal gak dihukum ??? ga kan yee?? semua orang harus menerima konsekuensi perbuatannya sendiri dong, itulah sebab nya Surga itu hanya untuk yg berbuat baik bagi Tuhan & sesama di bumi ini :slight_smile: itu baru namanya MAHA ADIL otreh ??

tapi dia ga berdaya dalam penyalipan itu.apa itu skenarionya?.jika iya.atas dasar apa dia membuat skenario itu.apa dia ga bisa membuat skenario itu tanpa kerja sama dari manusia karena tempat terindahnya terlalu sempit"

Yup itu skenario NYA, Yesus HARUS melakukan itu karena itulah janji Tuhan kepada manusia pada masa sebelum Yesus…
Hehe pengertian sempit di sini gimana yah ??
Let me ask u first…“apa menurut sodara Bumi ini sempit ?? galaksi bimasakti ini sempit ???” hehe

Tolong ceritakan kepada saya bagaimana anda bisa mengenal Alloh? singkat saja.

“tuhan itu maha segalanya tidak seperti manusia yang banyak memiliki keterbatasan. Manusia diberikan akal untuk mengetahui Tuhannya.jika tidak ada akal kita kitab-kitab yang ada sekarang tidak ada gunanya untuk manusia.atau begini aja,aku mau Tanya sama anda.bagaimana anda mengenal Tuhan.jangan bilang dari kitab suci.sebab kitab suci itu dari tuhan mana mungkin kita harus mempercayai kitab suci itu lebih dahulu lalu kita harus percaya tuhan.tidak mungkinkan?”

Hehe maap numpang nimbrung niy, gpp kan yah ??
Ehm kayaknya sodara diaaku lupa ngeliat di satu sudut pandang…coba ta pikir2…kalau Yesus tidak makan/minum DIA mati dong, namanya juga “Manusia”

“tentulah jika itu manusia bias akan mati apabila dia ga minum dan makan.apa itu kriteria yesus sehingga menjadi tuhan?.terbatas sekali ya?”

Maaf nih tapi…kalau sodara punya kekuasaan sebesar Firaun pada masanya itu, maka bisa juga sodara melakukan penyiksaan yg malah mungkin jauh lebih tidak sesuai dengan akal manusia…
Trus apa sih hebatnya para pesulap ?? mereka hanya mempelajari tipuan mata koq…semua orang bisa asal tekun & disiplin mempelajarinya.
Jauh banget pembandingnya boszz…

“jika anda di waktu disana dan memiliki kekuatan yang bisa menyembuhkan orang dan berani disalip dengan mengatakan kepada orang aku disalip untuk menghapus dosa manusia.bisakan dan samakan?"

contoh perbuatan Nabi umat Islam & Nabi2 lain yg sama dengan pernyataan di atas…

“jika kalian bertanya kepada umat islam, mereka akan menjawab Rasullullah merupakan Tokoh yang hebat walaupun dia dicacimaki dengan umatnya Dia tidak pernah mundur untuk menyebarkan Agama Tuhan,Beliau pernah dikatakan idiot ketika mengatakan perkataan Tuhan.aku lupa nama nabi yang mengorbankan diri dan hartanya untuk mengabdi kepada tuhan.dan mendoakan umatnya pada waktu itu ketika mereka menghina Beliau.aku lupa anda bacalah cerita para Nabi-Nabi”

Ga ada satu pun yg tau tugas Tuhan, lagian sapa yg kasi tugas ?/ lawong DIA Bosz di langit & bumi hayooo…

“yee…jadi siapa yang akan mengadili iman manusia.mang anda tidak tau kalau tuhan yang akan menghakimi manusia dan siapa yang menciptakan alam semesta ini.anda mau ingkari tugas tuhan itu?”

Jauh beda bosz… sekarang aku mau tanya, menurut anda, apa sih alasan Musa menerima penugasan Tuhan ?? sama kah dengan pertimbangan Tuhan menjelma dalam wujud manusia ??? Sukarela kah Musa ?? bagaimana dengan Yesus ??

“Nabi Musa AS menerima tugas dari Tuhan untuk mengabdi kepada tuhan.mang tuhan bisa datang kedunia ini?.waktu tuhan menunjukkan dirinya aja di mata Nabi Musa AS, dunia ini mau hancur.Musa sebagai umat Tuhan sangatlah sukarela sehingga dia meninggalkan apa yang dia miliki,tapi jika Musa memiliki kesalah harap dimaklumi karena Beliau hanya manusia biasa.yesus hampir sama dengan Nabi Musa AS.”

Btw Tuhan tidak merendahkan diri koq (*anda ternyata juga melihat dari satu sudut pandang juga yah sodara diaaku smiley harusnya dengan tindakan Tuhan itu membuat kita menjadi MALU, lawong yg Berkuasa aja mau susah2 demi kita…mosok kita baru jadi manusia biasa aja udah sombong pada sesama, punya jabatan/duit dikit aja udah malingin muka dari sesama…
Itu pembelajaran Tuhan yg hakiki bosz…di situlah inti KASIH yg DIA ingin kan untuk diterapkan anusia dalam kesehariannya di bumi yg fana ini…nangkap ???

“aku mengerti kok.tapi apakah tuhan turun secara seuutuhnya kepada yesus atau hanya sebagian (ingat ketika tuhan mau memperlihatkan dirinya kepada Nabi Musa AS).kalau sebagian apa bedanya dengan manusia biasa.kitakan juga dihidupkan oleh Roh Sucinya dimana Roh itu adalah sebagian dari Tuhan (manisfentasi dari tuhan)”

YUp… Tuhan tidak bertindak seperti manusia => Tuhan bertindak jauh di atas tindakan manusia => dalam diri Yesus ada manusia (seperti anda & saya) + sifat Ilahi… Sampe sini nyambung ??
Coba jelaskan kurang kreatif nya di mana yah ???

“memang dalam diri aku dan anda tidak mempunyai sifat ilahi.apa yang anda ketauhi dari penyusun manusia?.apa manusia hanya sebuah daging semata?.karena tuhan tidak punya tindakan seperti ke-tuhan-annya.dimana dia bisa berkuasa dan mampu melakukan apapun tanpa mengorbankan dan mengikuti kebudayaan pada zaman itu.”

DIA turun sebagai penggenapan janji-NYA pada Bangsa Yahudi (*Ingat Yahudi menantikan Mesias, sedangkan di Muslim menantukan Imam Mahdi…)

“Dalam umat islam juga katanya Yesus akan datang.lalu apa pernah yesus bilang akan menghakimi manusia?”

TUHAN ALLAH tentunya…sapa lagi Bosz ???

“aneh ya…jangan beri jawaban yang tidak masuk akal dong.masa tuhan suruh tuhan.kalau tuhan suruh tuhan pasti salah satunya bukanlah tuhan.benarnkan?”

DIA harus mengalahkan kuasa kematian, biar semua orang tau sebesar apa pengorbanan-NYA & sebesar apa kekuasaan-NYA

“mang kuasa kematian itu apa?bukan tuhan ya yang ciptakan sehingga tuhan harus korbankan dirinya (aneh ya).mang dari kesaksiaan para nabi sebelum isa kurang untuk menunjukkan kekuaasaan tuhan.mang tuhan harus berkorban yang untuk manusia.wah tuhan takluk kepada manusia ya?jangan bilang kalau tuhan sayang ma manusia.anehlah tuhan ketika menyayangi manusia dengan cara begitu.tidak masuk diakal”

Tuhan selalu berkuasa di dalam hati manusia…di hati sodara & saya, tinggal manusia nya koq mau nya gimana.

"emang aku bertanya tentang manusia selain yesus.aku bertanya tuhan di yesus.?

Ehm btw sodara diaaku ngerti arti Salib dalam tradisi Yahudi ??

“aku kurang tahu.tapi apa hubungannya tuhan yang sebennarnya tuhan denganpenyalipan.apakah dia harus ikut tradisi manusia.tidakkan?”

Yup manusia diberikan second chance ( Betapa baik nya TUHAN ku smiley ), penghakiman itu diperlukan untuk memisahkan manusia yg mengambil kesempatan penebusan Yesus itu untuk berbuat baik di Hadirat-NYA ataukah tetap bebal…

“apakah yesus pernah berkata kalau dia akan menghakimi manusia di akhir zaman?”

Itulah pemikiran yg sangat manusia…tapi gpp smiley
Bosz…anda mau yg berbuat salah/kriminal gak dihukum ??? ga kan yee?? semua orang harus menerima konsekuensi perbuatannya sendiri dong, itulah sebab nya Surga itu hanya untuk yg berbuat baik bagi Tuhan & sesama di bumi ini smiley itu baru namanya MAHA ADIL otreh ??

“maaf baca keseluruhan.itu hanya kecurigaan aku terhadap tuhan yesus yang mengadakan pengampunan dan pengahakiman.oh ya apa itu second chance.apakah penebusan dosa dan penghakiman?.wah…kalau itu bukan second chance dong”

Yup itu skenario NYA, Yesus HARUS melakukan itu karena itulah janji Tuhan kepada manusia pada masa sebelum Yesus…

"tuhan lemah kalau tidak ada manusia ya?.aneh tuhan katanya maha segalanya,ternyata lemah terhapa manusia.skenario yang aneh?

wah jadi bingung sy. ternyata menurut pandangan bro ini Tuhan hanyalah zat. bagaimana penjelasan tentang zat itu ? Lalu bagaimana kita bis mengenal allah yg bahkan tdk bisa kita rasakan ? :ashamed0002:

kita bisa mengenal tuhan dengan melihat alam semesta ini.para filosof ketika mencari tuhan dengan melihat alam semesta ini.ternyata alam semesta ini memiliki awal dan akhir dan terbatas.jadi kalau alam semesta ini memunyai awal dan mulai dan terbatas maka dia harus memiliki sesuatu yang mengadakan. yakni tuhan.bagaimana.jadi jika dia terbatas dan memiliki kekurangan maka dia bukan tuhan.maka aku bilang kita mengenal tuhan melalui akal.seandainya kitab0kitab tidak ada.apa kita masih mengenal tuhan?.kalau kalian mengenal tuhan memlaui alkitab sangat lucu ketika kalian mempaercayai alkitab dulu alalu mempercayai tuhan.sedangkan alkitab adalah ayat2 dari alkitab itu dari tuhan sendiri.

Hehe maap numpang nimbrung niy, gpp kan yah ?? Ehm kayaknya sodara diaaku lupa ngeliat di satu sudut pandang...coba ta pikir2......kalau Yesus tidak makan/minum DIA mati dong, namanya juga "Manusia"

“tentulah jika itu manusia bias akan mati apabila dia ga minum dan makan.apa itu kriteria Yesus sehingga menjadi tuhan?.terbatas sekali ya?”

Yup thats my point… sisi manusia DIA memang butuh segala yg dibutuhkan manusia… beda kalau anda menanyakan itu pada saat DIA sebagai TUHAN bukan dalam wujud manusia…masa harus dijelasin sih ???

Maaf nih tapi..kalau sodara punya kekuasaan sebesar Firaun pada masanya itu, maka bisa juga sodara melakukan penyiksaan yg malah mungkin jauh lebih tidak sesuai dengan akal manusia... Trus apa sih hebatnya para pesulap ?? mereka hanya mempelajari tipuan mata koq...semua orang bisa asal tekun & disiplin mempelajarinya. Jauh banget pembandingnya boszz..

“jika anda di waktu disana dan memiliki kekuatan yang bisa menyembuhkan orang dan berani disalip dengan mengatakan kepada orang aku disalip untuk menghapus dosa manusia.bisakan dan samakan?"

Missing my point bosz :slight_smile: Firaun kejam itu manusiawi, tapi disalib tanpa melakukan kesalahan ?? hanya untuk pengakuan seperti itu ?? emang manusiawi ?? GAK ADA YANG MAU BOSZ… point nya adalah case anda tidak kuat untuk disandingkan dengan penyaliban Yesus.

contoh perbuatan Nabi umat Islam & Nabi2 lain yg sama dengan pernyataan di atas..

“jika kalian bertanya kepada umat islam, mereka akan menjawab Rasullullah merupakan Tokoh yang hebat walaupun dia dicacimaki dengan umatnya Dia tidak pernah mundur untuk menyebarkan Agama Tuhan,Beliau pernah dikatakan idiot ketika mengatakan perkataan Tuhan.aku lupa nama nabi yang mengorbankan diri dan hartanya untuk mengabdi kepada tuhan.dan mendoakan umatnya pada waktu itu ketika mereka menghina Beliau.aku lupa anda bacalah cerita para Nabi-Nabi”

Yup tapi tidak ada yg mengorbankan diri sendiri seperti pengorbanan salib Yesus kan ?? Tidak ada yg menderita fisik & psikis seperti jalan hidup Yesus kan…tapi DIA tetap minta Tuhan mengampuni orang2 yg berbuat pada saat puncak derita-NYA… adakah yg minimal menyamai hal tsb ??

Ga ada satu pun yg tau tugas Tuhan, lagian sapa yg kasi tugas ?/ lawong DIA Bosz di langit & bumi hayooo....

“yee…jadi siapa yang akan mengadili iman manusia.mang anda tidak tau kalau tuhan yang akan menghakimi manusia dan siapa yang menciptakan alam semesta ini.anda mau ingkari tugas tuhan itu?”

Hehe itu bukan tugas Tuhan… apa jawaban anda untuk pertanyaan saya siapa yg kasi tugas ??
Ehm kalau telaah bahasanya tugas itu kan sesuatu yg diberikan kepada kita untuk dijalani…semacam kewajiban, tapi penghakiman adalah HAK PREROGATIF TUHAN… beda jalur bosz…

Jauh beda bosz... sekarang aku mau tanya, menurut anda, apa sih alasan Musa menerima penugasan Tuhan ?? sama kah dengan pertimbangan Tuhan menjelma dalam wujud manusia ??? Sukarela kah Musa ?? bagaimana dengan Yesus ??

“Nabi Musa AS menerima tugas dari Tuhan untuk mengabdi kepada tuhan.mang tuhan bisa datang kedunia ini?.waktu tuhan menunjukkan dirinya aja di mata Nabi Musa AS, dunia ini mau hancur.Musa sebagai umat Tuhan sangatlah sukarela sehingga dia meninggalkan apa yang dia miliki,tapi jika Musa memiliki kesalah harap dimaklumi karena Beliau hanya manusia biasa.Yesus hampir sama dengan Nabi Musa AS.”

Dalam Kristen di situ ada perbedaan Bosz… :slight_smile:
Musa menerima tugas karena dia baru tahu bahwa dia sebenarnya keturunan Yahudi…(*masalah kekerabatan lebih menonjol di sini) dan tidak bisa dikatakan sukarela…tapi denganj proses yg membuat mata nya terbuka & percaya bahwa Tuhan yg berbicara dengan dia adalah Tuhan nya Abraham, Ishak & Yakub… Musa pun bukan type orang yg menjalankan perintah Tuhan dengan kepatuhan sempurna, sering terjadi perdebatan.
Dari situ saja terlihat perbedaan Musa dengan Yesus

Btw Tuhan tidak merendahkan diri koq (*anda ternyata juga melihat dari satu sudut pandang juga yah sodara diaaku smiley harusnya dengan tindakan Tuhan itu membuat kita menjadi MALU, lawong yg Berkuasa aja mau susah2 demi kita..mosok kita baru jadi manusia biasa aja udah sombong pada sesama, punya jabatan/duit dikit aja udah malingin muka dari sesama... Itu pembelajaran Tuhan yg hakiki bosz...di situlah inti KASIH yg DIA ingin kan untuk diterapkan anusia dalam kesehariannya di bumi yg fana ini...nangkap ???

“aku mengerti kok.tapi apakah tuhan turun secara seuutuhnya kepada Yesus atau hanya sebagian (ingat ketika tuhan mau memperlihatkan dirinya kepada Nabi Musa AS).kalau sebagian apa bedanya dengan manusia biasa.kitakan juga dihidupkan oleh Roh Sucinya dimana Roh itu adalah sebagian dari Tuhan (manisfentasi dari tuhan)”

Menurut keyakinan umat Kristen & saya, Tuhan turun secara utuh, apa yg membuat sodara menganggap Tuhan turun sebagian ?? Tuhan seutuhnya menjelma dalam diri Yesus & Tuhan seutuhnya pula berada di Singgasana-NYA.
Sama halnya dengan Roh Kudus yg diberikan Tuhan merasuk dalam tiap hati sanubari manusia merupakan Tuhan secara utuh… di sinilah suatu perdebatan yg berujung Trinitas biasanya terjadi bosz… tapi perlu dipahami seperti yg kita ketahui bersama bahwa Tuhan itu MAHA SEGALA NYA… apa yg DIA perintahkan akan jadi sebagaimana sabda NYA…mengenai masuk akal atau enggak sih menurut saya itu karena keterbatasan pikir manusia yg sangat wajar

YUp... Tuhan tidak bertindak seperti manusia => Tuhan bertindak jauh di atas tindakan manusia => dalam diri Yesus ada manusia (seperti anda & saya) + sifat Ilahi... Sampe sini nyambung ?? Coba jelaskan kurang kreatif nya di mana yah ???

“memang dalam diri aku dan anda tidak mempunyai sifat ilahi.apa yang anda ketauhi dari penyusun manusia?.apa manusia hanya sebuah daging semata?.karena tuhan tidak punya tindakan seperti ke-tuhan-annya.dimana dia bisa berkuasa dan mampu melakukan apapun tanpa mengorbankan dan mengikuti kebudayaan pada zaman itu.”

Manusia adalah organisme yg secara umum terdiri dari Jasmani & Rohani Bosz…Tapi Ilahi ?? hanya Tuhan yg punya. Kita bisa berbuat baik, berpikir smart…tapi tidak bisa melakukan/memikirkan hal2 Ilahi kan ?? adanya hanya lah diskusi bahkan perdebatan mengenai ke-Ilahian itu sendiri…thats why the civilization recognized us as HUMAN NOT GOD :wink:

DIA turun sebagai penggenapan janji-NYA pada Bangsa Yahudi (*Ingat Yahudi menantikan Mesias, sedangkan di Muslim menantukan Imam Mahdi..)

“Dalam umat islam juga katanya Yesus akan datang.lalu apa pernah Yesus bilang akan menghakimi manusia?”

Saat di bumi ?? Nope…
Saat kedatangan ke-2 ?? YES
Hanya TUHAN yg punya HAK menghakimi :slight_smile:

TUHAN ALLAH tentunya...sapa lagi Bosz ???

“aneh ya…jangan beri jawaban yang tidak masuk akal dong.masa tuhan suruh tuhan.kalau tuhan suruh tuhan pasti salah satunya bukanlah tuhan.benarnkan?”

Sodara berpikir secara manusia…kita tidak bisa membahas tindakan/pemikiran Yesus apalagi Tuhan dengan keterbatasan otak kita yg kerdil ini…siapa lah anda & saya kan yah ??
Untuk berbicara mengenai Agama & Tuhan memang sebagian besar TIDAK MASUK AKAL… makanya dalam tataran bahasa pengikut/umat/jemaah/apalah istilahnya itu biasa disebut “BELIEVER” kan yah… Percaya itu kalau berasal dari logika akan rapuh…tapi percaya dari hati…thats what im talking about :coolsmiley:

DIA harus mengalahkan kuasa kematian, biar semua orang tau sebesar apa pengorbanan-NYA & sebesar apa kekuasaan-NYA

“mang kuasa kematian itu apa?bukan tuhan ya yang ciptakan sehingga tuhan harus korbankan dirinya (aneh ya).mang dari kesaksiaan para nabi sebelum isa kurang untuk menunjukkan kekuaasaan tuhan.mang tuhan harus berkorban yang untuk manusia.wah tuhan takluk kepada manusia ya?jangan bilang kalau tuhan sayang ma manusia.anehlah tuhan ketika menyayangi manusia dengan cara begitu.tidak masuk diakal”

Kuasa Kematian lah yg memisahkan manusia sebelum kedatangan Yesus dengan Tuhan… Kuasa kematian adalah dosa turunan sejak zaman Adam & dalam tradisi Yahudi hanya bisa ditebus dengan darah… Thats why Darah Yesus perlu tercurah di tiang kayu salib untuk menebus dosa…dan masuk dalam kuasa kematian (*yg sering dibilang sebagai Neraka, tempat Iblis bertahta)… Saat Yesus bangkit, itulah pembuktian kalau DIA adalah TUHAN…Penguasa Surga & (Penakluk) Neraka

Tuhan selalu berkuasa di dalam hati manusia...di hati sodara & saya, tinggal manusia nya koq mau nya gimana.

"emang aku bertanya tentang manusia selain Yesus.aku bertanya tuhan di Yesus.?

Sama saja lah… Yesus adalah manusia, anda & saya juga manusia… jangan dicampuradukan lah persepsi nya…

Ehm btw sodara diaaku ngerti arti Salib dalam tradisi Yahudi ??

“aku kurang tahu.tapi apa hubungannya tuhan yang sebennarnya tuhan denganpenyalipan.apakah dia harus ikut tradisi manusia.tidakkan?”

Ouw WAJIB itu… selain sebagai penggenapan nubuat Para Nabi, juga sebagai bukti legalitas secara Hukum… Karena Hukum Bangsa Yahudi berasal dari Tuhan sendiri sehingga sebagai manusia DIA pun harus patuh pada Hukum-NYA… emangnya manusia, yg berkuasa bisa menampik Hukum hoho

Yup manusia diberikan second chance ( Betapa baik nya TUHAN ku smiley ), penghakiman itu diperlukan untuk memisahkan manusia yg mengambil kesempatan penebusan Yesus itu untuk berbuat baik di Hadirat-NYA ataukah tetap bebal..

“apakah Yesus pernah berkata kalau dia akan menghakimi manusia di akhir zaman?”

YUP dengan kapasitas DIA sebagai TUHAN tentunya bukan sebagai manusia :slight_smile:

Itulah pemikiran yg sangat manusia...tapi gpp smiley Bosz...anda mau yg berbuat salah/kriminal gak dihukum ??? ga kan yee?? semua orang harus menerima konsekuensi perbuatannya sendiri dong, itulah sebab nya Surga itu hanya untuk yg berbuat baik bagi Tuhan & sesama di bumi ini smiley itu baru namanya MAHA ADIL otreh ??

“maaf baca keseluruhan.itu hanya kecurigaan aku terhadap tuhan Yesus yang mengadakan pengampunan dan pengahakiman.oh ya apa itu second chance.apakah penebusan dosa dan penghakiman?.wah…kalau itu bukan second chance dong”

Second chance maksudnya…terbebas dari dosa turunan Adam dan mulai dari titik 0 lagi…seperti menghapus seluruh tulisan di white board & manusia mulai menulis perbuatan & pemikirannya lagi.
Seperti saya melakukan dosa, Tuhan mengampuni & memberi kesempatan untuk memperbaiki…eh saya melakukan lagi, ya saya harus mendapat hukuman doang…lawong dah dikasi kesempatan memperbaiki diri koq bebal…gitu kira2 bosz

Yup itu skenario NYA, Yesus HARUS melakukan itu karena itulah janji Tuhan kepada manusia pada masa sebelum Yesus...

"tuhan lemah kalau tidak ada manusia ya?.aneh tuhan katanya maha segalanya,ternyata lemah terhapa manusia.skenario yang aneh?

Itulah KASIH yg Sejati Bosz… secara kasat mata manusia, saya pun bilang itu tindakan bodoh & lemah… Tapi kalau direnungkan lebih dalam…malah itu tindakan yg hanya bisa dilakukan oleh orang2 berjiwa saaaangaattt besarr…& itu sangat sulit Bosz…
Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan orang yg memiliki KASIH Sejati selain TUHAN yg direpresentasikan dalam sosok Yesus… :afro: :angel:

Melalui alam semesta kita akan mendapat petunjuk tentang adanya Tuhan. menurutku hanya sebatas itu. Malah takutnya kalau mencari tuhan hanya melalui alam maka yg kita dapatkan adalah kesimpulan misalnya macam kesimpulan adanya Tuhan pada tempat2 tertentu atau malahan allah ada diri kita. bagaimana pun kerasnya kita berusaha kita tak akan mampu mengenal dia kalau bukan dia yg menyatakan dirinya sendiri.

bagaimana.jadi jika dia terbatas dan memiliki kekurangan maka dia bukan tuhan.maka aku bilang kita mengenal tuhan melalui akal.seandainya kitab0kitab tidak ada.apa kita masih mengenal tuhan?.kalau kalian mengenal tuhan memlaui Alkitab sangat lucu ketika kalian mempaercayai Alkitab dulu alalu mempercayai tuhan.sedangkan Alkitab adalah ayat2 dari Alkitab itu dari tuhan sendiri.
apakah karena Tuhan menjadi manusia lalu dia menjadi bukan Tuhan ? Yg terbatas adalah tubuh jasmaninya bukan KetuhananNya. Sy percaya alkitab karena Alkitab memeng dapat di percaya dan isinya terbukti secara historis. Apanya yg ngak masuk akal ? oh ya ada diskusi menarik nih [url=http://indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?f=75&t=31911]disini(klik)[/url] silakan baca2 juga [url=http://indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?f=75&t=29545]klik[/url]

Bagaimana akal manusia bisa mengetahui Tuhannya? Mohon petunjuknya.

Yup thats my point… sisi manusia DIA memang butuh segala yg dibutuhkan manusia… beda kalau anda menanyakan itu pada saat DIA sebagai TUHAN bukan dalam wujud manusia…masa harus dijelasin sih ???

“maaf saudara.kita membicarakan yesus yang umat kristen mengakui tuhan.memang yesus dengan tuhan itu beda?.jika sama kenapa jawaban anda harus begitu.ga ada yang bisa mengerti dengan akal sehat loh”

Missing my point bosz :slight_smile: Firaun kejam itu manusiawi, tapi disalib tanpa melakukan kesalahan ?? hanya untuk pengakuan seperti itu ?? emang manusiawi ?? GAK ADA YANG MAU BOSZ… point nya adalah case anda tidak kuat untuk disandingkan dengan penyaliban Yesus.

“mang anda tau kemauan manusia?.anda taukan banyak yang mengorbankan dirinya untuk orang lain.memang apa pedulinya tuhan kepada manusia sehingga dia mau disalipkan.tuhan itu akan ada jika manusia tidak ada kok.tuhan itu sebenarnya ga memerlukan manusia.hanya saja tuhan ga mau turun kebumi karena bumi ga bisa menerima kesucian tuhan (ingat peristiwa Nabi Musa AS)”

"ada sosok manusia yang rela mengorbankan dirinya dia bukan nabi tapi dia mampu menegakan agama tuhan diatas bumi pertiwi mau baca silahkan baca the gosfel Of Ali, atau bacalah Bibel, baru berdiskusi biar diskusinya ada refrensi bukan hasil interpertasi semata, jangan membicarakan imajinasi karena kita mau mencari kebenaran?. "

Hehe itu bukan tugas Tuhan… apa jawaban anda untuk pertanyaan saya siapa yg kasi tugas ??
Ehm kalau telaah bahasanya tugas itu kan sesuatu yg diberikan kepada kita untuk dijalani…semacam kewajiban, tapi penghakiman adalah HAK PREROGATIF TUHAN… beda jalur bosz…

“pertanyaannya adalah masa tugas memberikan tugas pada dirinya sendiri? kalu dia tuhan artinya tidak ada yang bisa memerintah dan tidak ada yang bisa mengatur apalagi memberi tugas, kecuali dia bukan tuhan, kerajan-kerajaan bumi tidak akan pernah sama dengan kerajaan allah disurga, yohans. dia maharaja masa maharaja masi diperintah, pertanyaanya salah kali!!!. belajar ki buat pertanyaan deh”

Dalam Kristen di situ ada perbedaan Bosz… :slight_smile:
Musa menerima tugas karena dia baru tahu bahwa dia sebenarnya keturunan Yahudi…(*masalah kekerabatan lebih menonjol di sini) dan tidak bisa dikatakan sukarela…tapi denganj proses yg membuat mata nya terbuka & percaya bahwa Tuhan yg berbicara dengan dia adalah Tuhan nya Abraham, Ishak & Yakub… Musa pun bukan type orang yg menjalankan perintah Tuhan dengan kepatuhan sempurna, sering terjadi perdebatan.
Dari situ saja terlihat perbedaan Musa dengan Yesus

“maaf yang kita membicarakan soal sukarela dan tidak.bukan keturunan atau waktu dimana dia mengetahui tugasnya yang sebenarnya.mengerti dong alurnya kalau begitu apakah yesus itu sukarela menerima perintah tuhan kalau ia kenapa dia masi menengelu waktu mau disalaib. apa harus saya jelaskan, disini lah bukti yesus pun manusia biasa yang meminta pertolongan pada sang bapa ( allah) yang suci.”

Menurut keyakinan umat Kristen & saya, Tuhan turun secara utuh, apa yg membuat sodara menganggap Tuhan turun sebagian ?? Tuhan seutuhnya menjelma dalam diri Yesus & Tuhan seutuhnya pula berada di Singgasana-NYA.
Sama halnya dengan Roh Kudus yg diberikan Tuhan merasuk dalam tiap hati sanubari manusia merupakan Tuhan secara utuh… di sinilah suatu perdebatan yg berujung Trinitas biasanya terjadi bosz… tapi perlu dipahami seperti yg kita ketahui bersama bahwa Tuhan itu MAHA SEGALA NYA… apa yg DIA perintahkan akan jadi sebagaimana sabda NYA…mengenai masuk akal atau enggak sih menurut saya itu karena keterbatasan pikir manusia yg sangat wajar

“pertanyaanya yesus diangkat sebagai tuhan pada abat keberapa mashi mas…dan dihadiri berapa uskup…dan berapa yang meyetujuinya… apakah pantas menyembah tuhan yang diangkat manusia, ?!”

“keterbatas bagaimana.anda saya bisa mengerti dan membenarkan ajaran kristen pake pikiran.kalau manusia atau anda memiliki keterbatas pikir.bagaimana anda bisa menjelaskan yesus tapi tidak memiliki logika yang jelas.kalau tuhan turun secara utuh kepada manusia.jadi apa bedanya kita dengan yesus.kan sama?!!.jika tuhan turun secara utuh apakah itu banyak.aku hanya mau membuktikan trinitas itu esa.jika anda bilng pikiran manusia terbatas.kenapa kalian bisa membenarkan dan menyalah sesuatu.apa dasar kalian.ingat jangan sampe kita disamakan oleh binatang sampe2 tuhan kita aja kita ga kenal.”

Manusia adalah organisme yg secara umum terdiri dari Jasmani & Rohani Bosz…Tapi Ilahi ?? hanya Tuhan yg punya. Kita bisa berbuat baik, berpikir smart…tapi tidak bisa melakukan/memikirkan hal2 Ilahi kan ?? adanya hanya lah diskusi bahkan perdebatan mengenai ke-Ilahian itu sendiri…thats why the civilization recognized us as HUMAN NOT GOD :wink:

“kalau membahas soal ilahi.apakahkah berbuat baik,berpikir smart bukan bagian dari hal2 ilahi?.jika manusia itu terdiri atas jasmani dan rohani.yang aku mau tanya.roh itu apa.apa itu tidak berasal dari tuhan.atau tuhan meminjam roh tuhan lain untuk menghidupkan manusia (banyak dong tuhan).”

Saat di bumi ?? Nope…
Saat kedatangan ke-2 ?? YES
Hanya TUHAN yg punya HAK menghakimi :slight_smile:

“kedatangan kedua itu kapan.siapa yang bilng akan begitu.orang lain.apa hak dia untuk mengatakan hal begitu.jangan mempercayai orang yang tidak mempunyai bukti yang betul2 dari tuhan sendiri”

Sodara berpikir secara manusia…kita tidak bisa membahas tindakan/pemikiran Yesus apalagi Tuhan dengan keterbatasan otak kita yg kerdil ini…siapa lah anda & saya kan yah ??
Untuk berbicara mengenai Agama & Tuhan memang sebagian besar TIDAK MASUK AKAL… makanya dalam tataran bahasa pengikut/umat/jemaah/apalah istilahnya itu biasa disebut “BELIEVER” kan yah… Percaya itu kalau berasal dari logika akan rapuh…tapi percaya dari hati…thats what im talking about :coolsmiley:

“aku sudah bilng.kenapa anda bisa mempercayai yesus sebagai tuhan tanpa melalui akal.sobat…sampe mana hati bisa memberikan penilaian salah dan tidak.anda taukan ada hati yang jelek.siapa tau itu hati yang jelek yang mempengaruhi anda.”

Kuasa Kematian lah yg memisahkan manusia sebelum kedatangan Yesus dengan Tuhan… Kuasa kematian adalah dosa turunan sejak zaman Adam & dalam tradisi Yahudi hanya bisa ditebus dengan darah… Thats why Darah Yesus perlu tercurah di tiang kayu salib untuk menebus dosa…dan masuk dalam kuasa kematian (*yg sering dibilang sebagai Neraka, tempat Iblis bertahta)… Saat Yesus bangkit, itulah pembuktian kalau DIA adalah TUHAN…Penguasa Surga & (Penakluk) Neraka

"dari mana ambil kalau tuhan mesti masuk di kusa kematian.apakah dia lemah akan ciptaannya sendiri.yang jelas dong jawabnya.apa maksudnya “Kuasa Kematian lah yg memisahkan manusia sebelum kedatangan Yesus dengan Tuhan"apa beda yesus dengan tuhan.bahasa anesh.kalau tidak masu diakal kenapa tuhan memberikan pikiran.apa tidak digunakan untuk mengenal tuhannya.sayang ya…tuhan takluk kepada iblis sehingga harus berkorban untuk masuk ke neraka?”

Sama saja lah… Yesus adalah manusia, anda & saya juga manusia… jangan dicampuradukan lah persepsi nya…

“katanya yesus tuhan.ternyata salah ya…kalau yesus itu tuhan.baguslah anda sudah mengakui kalau yesus buka tuhan tapi manusia biasa”

Ouw WAJIB itu… selain sebagai penggenapan nubuat Para Nabi, juga sebagai bukti legalitas secara Hukum… Karena Hukum Bangsa Yahudi berasal dari Tuhan sendiri sehingga sebagai manusia DIA pun harus patuh pada Hukum-NYA… emangnya manusia, yg berkuasa bisa menampik Hukum hoho

“bossss.tuhan itu pencipta segalanya.untuk apa tuhan ikut tradisi manusia.aneh.tuhan yang kurang kreatif.katanya maha segalanya,tapi masih nyontek ma manusia.bos…siapa bilng hukum yahudi hukum tuhan.dari dasar mana?.mang penyalipan itu tuhan or pengusaha waktu itu yang memperlakukan hal itu.mang yesus kapan lahirnya sehingga umat kristen mengatakan kalau hukum yahudi adalah hukum tuhan.aneh!!”

YUP dengan kapasitas DIA sebagai TUHAN tentunya bukan sebagai manusia :slight_smile:

“mang siapa yang dengar.atau hanya kabar burung saja.apa tuhan berteriak dari langit ketujuh ya?.jawab dong yang benar.anak kecil aja bisa mengada2 begitu”

Second chance maksudnya…terbebas dari dosa turunan Adam dan mulai dari titik 0 lagi…seperti menghapus seluruh tulisan di white board & manusia mulai menulis perbuatan & pemikirannya lagi.
Seperti saya melakukan dosa, Tuhan mengampuni & memberi kesempatan untuk memperbaiki…eh saya melakukan lagi, ya saya harus mendapat hukuman doang…lawong dah dikasi kesempatan memperbaiki diri koq bebal…gitu kira2 bosz

“aneh ya…yesus yang harus korbankan dirinya agar manusia bisa selamat.dia tiadak berkuasa ya untuk mengampuni dari tempatnya?”

Itulah KASIH yg Sejati Bosz… secara kasat mata manusia, saya pun bilang itu tindakan bodoh & lemah… Tapi kalau direnungkan lebih dalam…malah itu tindakan yg hanya bisa dilakukan oleh orang2 berjiwa saaaangaattt besarr…& itu sangat sulit Bosz…
Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan orang yg memiliki KASIH Sejati selain TUHAN yg direpresentasikan dalam sosok Yesus… :afro: :angel:

“memang iti tindakan yang pahlawan.tapi apakah dia bilang mau menebuskan dosa manusia?.disini bukan dilihat kasihnya tapi kekuatan tuhan dan kemampuan tuhan.kasih tuhan ga bisa di beri di tempatnya ya.aneh ya?.berarti tuhan ye”

Melalui alam semesta kita akan mendapat petunjuk tentang adanya Tuhan. menurutku hanya sebatas itu. Malah takutnya kalau mencari tuhan hanya melalui alam maka yg kita dapatkan adalah kesimpulan misalnya macam kesimpulan adanya Tuhan pada tempat2 tertentu atau malahan allah ada diri kita. bagaimana pun kerasnya kita berusaha kita tak akan mampu mengenal dia kalau bukan dia yg menyatakan dirinya sendiri.

"apakah tuhan tidak ada di diri kita?.memang hanya sebatas itu.dan itu memperlihatkan kekuasaan tuhan.apakah tuhan harus sama dengan tempat manusia?.untuk apa tuhan harus sama dengan manusia.manusia itu hina sedangkan tuhan itu suci.memang kita ga bisa mengenal baik tuhan karena ada batasan logika kita.tapi mengetahui kebesaran dan kekuasaan tuhan dengan cara berpikir.bagaimana anda bisa membenarkan kitab dan perkataan pendeta kalau kta ga berpikir.apakah itu tidak menggunakan pikiran.bagaimana kita menyukuri kehidupan yang diberikan tanpa kita berpikir adanya tuhan.ingat kita bukan hewan.tapi makhluk yang berakal

mana ketuhanan yesus itu ketika manusia.ga ada yang bisa mebuktikannya.apakah ketika tuhan (yesus) turun kebumi menglambangkan kelemahan dia dan keterbatasan dia sebagai manusia.dan dimana letak ketuhanan.coba buktikan"

Bagaimana akal manusia bisa mengetahui Tuhannya? Mohon petunjuknya.

"coba kalian memandang dunia dan alam semesta ini.alam semesta ini tidak terjadi secara tiba2.karena para ahli sudah membuktikan alam ini ada awalnya (teor Big bang).jika kita mengamati teori itu pasti kita akan berpikir.ledakan besar itu tidak akan menyusun alam ini secara rapi.pasti ada yang mengaturnya yakni Tuhan