apa itu kasih ?

Ada tertulis :

1 Korintus 13: 13

(13) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Ya , dari ketiga hal itu yang terbesar adalah kasih

Namun pertanyaannya , sesungguhny apakah yang dimaksud dengan kasih dalam ayat ini?

Beberapa denominasi gereja mengatakan bahwa kasih yang dimaksudkan itu adalah saling mengasihi antar sesama !

tetapi benarkah demikian ?

mengacu pada ayat 1 Yohanes 4:10

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

Dari ayat ini jelas yang dimaksudkan kasih dalam injil adalah kasih Allah kepada kita melalui YESUS KRISTUS (kasih karunia )

Bukan kita yang mengasihi Allah , atau kita yang mengasihi manusia !

Jadi kesimpulannya

Iman , pengharapan , dan kasih dan yang terbesar adalah KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA KITA MELALUI YESUS KRISTUS

silahkan ditanggapi berdasarkan denomisasi masing-masing !

salam kristus

KASIH itu adalah ALLAH >
coba dicek dulu makna kalimat ini dalam Alkitab lalu coba koneksikan dengan makna kasih yg cocok
untuk
1 Kor 13 :13.
happy hunting bro path…

klo dari asumsi saia kasih itu berasal atau boleh dikatakan sifat ALLAH yg mendasar lalu coba kita koneksikan dengan penciptaan manusia bukan disitu dikatakan “baiklah KITA menciptakan manusia itu menurut gambar/rupa KITA”
jd disini jelas KASIH yang merupakan sifat ALLAH telah diwariskan/diberikan jg kepada manusia
jd tidak salah klo ada tertulis dua hukum terutama

  1. kasihilah TUHAN ALLAH MU
  2. kasihilah sesamu manusia

jd mnurut saia terlalu cepat/mudah utk mengkategorikan klo kasih yang
dimaksd dalam ayat 1 kor 13.13 hanya KASIH KARUNIA ALLAH KEPADA KITA MELALUI YESUS KRISTUS
berarti yang memperoleh rahmat KASIH ALLAH tersebut hanya pengikut KRISTUS alias kristen.

Broo@pathof Eden…

Apakah anda sudah mengenal Hukum yang Pertama dan yang paling utama, kemudian Hukum Ke dua yang sama dng hukum yang pertama tsb…?? Sebagaimana semua Hukum Taurat bergantung kepadanya…??

Salam GBU

Maksud anda yang ini

matius 22:36-40

22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI "

Dari ayat di atas , saya menyimpulkan , bahwa hukum terutama yang anda maksud adalah " hukum terutama dalam HUKUM TAURAT"

Bukan dalam kasih karunia

Memang hukum ini yang terutama tapi hanya untuk bangsa Yahudi (perjanjian Lama )

sedangkan untuk kita yang ada di perjanjian baru , yang terbesar atau terutama adalah “Kasih karunia Allah kepada kita melalui Yesus Kristus”

salam kristus

Kedua hukum yang saya bold itu adalah kedua hukum terutama dari Hukum taurat(perjanjian lama )

bukan yang terutama(terbesar) dalam perjanjian baru

salam KRISTUS

Kasih adalah bahasa yang bisa dimengerti oleh orang buta, orang tuli serta orang bisu

mau nanya bro…yang bilang dua hukum terutama itu berubah siapa?? :ashamed0004:

apa bro path…bisa kaseh asumsi/gambaran apa yg berubah dan apa hukum terutama sekarang??? :smiley:

berarti si KASIH punya bahasa donk boleh ajarin saia bagaimana itu??? :ashamed0004:

setahu saia klo udah orang tuli ga bisa dengar cemana mau ngerti bahasa suara sementara

mereka pake isyarat…??? :ashamed0004:

mau nanya bro...yang bilang dua hukum terutama itu berubah siapa?? ashamed0004
matius 22:36-40

22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI "

Kedua hukum itu memang yang terutama ,tapi hanya dalam hukum taurat (bangsa Yahudi ),bukan untuk kita jemaat KRISTUS

Sebab KRISTUS telah mati di kayu salib untuk menebus kita dari dosa2 yang diakibatkan oleh hukum taurat

itulah sebabnya bunyi 1 korintus 13:13

(13) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

dan pengertian kasih yang dimaksudkan ada pada

1 Yohanes 4:10

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

jadi iman, pengharapan,dan kasih dan yang terbesar adalah kasih karunia Allah kepada kita melalui YESUS KRISTUS

apa bro path..bisa kaseh asumsi/gambaran apa yg berubah dan apa hukum terutama sekarang???
Ini ada hubungannya dengan kehendak Allah

Apakah kehendak Allah itu ?

Matius 6:28-29

6:28 Lalu kata mereka kepada-Nya: “Apakah yang harus kami perbuat, supaya kami mengerjakan pekerjaan yang dikehendaki Allah?”
6:29 Jawab YESUS kepada mereka: “Inilah pekerjaan yang dikehendaki Allah, yaitu hendaklah kamu percaya kepada Dia yang telah diutus Allah.”

dari ayat yang saya kutip di atas , jelas yang terbesar adalah kasih karunia Allah kepada kita melalui YESUS KRISTUS ,dan tugas kita adalah melakukan kehendakNya yaitu percaya kepada YESUS KRISTUS yang sudah diutus Allah dan yang sudah menebus dosa2 kita

salam KRISTUS

bro, ayat dlm Kitab Suci tidak bisa main comot dan dicari makna nya… sebab antara ayat yg satu dan lainnya berhubungan.

Lagipula Kasih itu sendiri luas makna nya. Dengan mengamalkan kasih, hampir mencakup keseluruhan kehendak Allah Bapa.

1Korintus 13:
4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.
5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.
7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.
8 Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

Kehendak Allah apa? Dalam Kitab Suci sudah tercantum semua firman Allah, apa yg menjadi perintahNya, mana yg menjadi laranganNya… tinggal kita nya saja yg mengamalkan.
salah satu nya ya Kasih tadi… ga ribet toh…

@path

matius 22:36-40

22:36 “Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?”
22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI "

Kedua hukum itu memang yang terutama ,tapi hanya dalam hukum taurat (bangsa Yahudi ),bukan untuk kita jemaat KRISTUS

waduh rasanya ga pas hukum taurat bukan utk jemaat KRISTUS lebih cocok nrt saia klo saia katakan
kita jemaat KRISTUS mengikuti inti dari HUKUM TAURAT bro yaitu KASIH.:slight_smile:

tp anda sendiri telah mengutip hal diatas mengenai ini

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
koneksikan dengan
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI "

jd sebenarnya bro klo mnrt saia kalimat tergantung itu pny makna :

keseluruhan hukum taurat itu telah dan ada utk menyokong ksempurnaan kedua hal ini kasih ALLAH dan kasih sesama manusia

bukan sebaliknya kasih ALLAH dan kasih sesama manusia itu merupakan hukum taurat :ashamed0004:

makanya dikatakan “Aku datang bukan meniadakan hukum taurat tp menggenapinya”
tau ga bro inti hukum taurat apa bro…saia ulangin sekali lagi

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

jd dengan kedatangan KRISTUS genap sudah semua inti HUKUM TAURAT yaitu kasih ALLAH dan MANUSIA
sebagimana 100% MANUSIA dan 100 % ALLAH lengkap dan klop kan.wuakakakak :afro:

DALAM KRISTUS inti hukum taurat mampu kita lakukan dan segala kuasa taurat tidak berlaku lagi.

coba dibaca baik baik bro kalimat per kalimat. :coolsmiley:

1 Yohanes 4:10

Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

jadi iman, pengharapan,dan kasih dan yang terbesar adalah kasih karunia Allah kepada kita melalui YESUS KRISTUS

sebenarnya bisa saja dikoneksikan kasih terbesar adalah kasih karunia ALLAH melalui YESUS KRISTUS

tp menurt saia kasih dalam 1 kor 13:13 bersifat universal kale bro sebagimana kasih ALLAH kepada seluruh umat

manusia. jd kasih ALLAH itu bukan cm kepada jemaat KRISTUS :ashamed0004:

jd kesimpulan dari saia adalah

  1. 1kor 13:13 iman pengharapan dan kasih

Kasih yg dimaksud disini lebih bersifat universal seluruh umat manusia bukan hny sebatas jemaat KRISTUS
saja. Masa tdk berlaku tulisan ini : burung burung diudara saja diberi makan, masakan manusia wlopun bukan
jemaat KRISTUS tidak mendapat kasih ALLAH utk tetep hidup dan melangsungkan kehidupan.
apakah iyah burung tersebut lebih berharga dari nyawa manusia?? :coolsmiley:
tp saia setuju memang KASIH Terbesar ALLAH kepada MANUSIA adalaH YESUS KRISTUS :afro:


jd pendpt bro kasih dalam ayat tersebut tdk saia terima karena terlalu kecil maknanya :smiley:

  1. HUKUM TAURAT tidak berlaku bagi bagi JEMAAT KRISTUS???

saia lebih pas bukan tidak berlaku namun jemaat KRISTUS telah dimampukan dan telah berkuasa atas
HUKUM TAURAT utk bisa melakukannya a.k.a menggenapinya dalam KASIH KRISTUS

  1. HUKUM TERUTAMA # antara PL dan PB

saia rasa itu terlalu jauh melenceng sekali bisa dikatakan HUKUM TERUTAMA PL = PB tidak berubah
kale bro dari masa ke masa zaman ke zaman. anda sendiri telah mngutip ayatnya :coolsmiley:


jd KASIH ALLAH dan KASIH sesama Manusia itu tetep selamanya pegangan umat KRISTUS.amin

sekian dari saia. :happy0025:

Broo@pathoFE…

Yang saya maksud hanya dua hukum aja, yaitu yang dari Matius :

22:37 Jawab YESUS kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan
segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap
akal budimu.

22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah:
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Nahh…Kedua Hukum itulah sebagai INTISARI / SARI PATINYA Hukum Taurat tsb. Untuk nantinya supaya kita manusia dapat mengejawantahkan
atau dimampukan masuk memahami Ajaran Khabar Baik Injil Kristus dengan pijakan /patokan kita dng kedua Hukum TSB.
Karena pengajaran TYK di Umat Perjanjian Baru adalah Hukum Tuhan yng bersifat "Bathiniah " ( menekankan sikap bathiniah = hidup menurut Roh .)

Kemudian menurut saya, dari perspektif seperti diatas maka Iman Kristen lebih mudah dibawa untuk menterjemahkan : " apa itu kasih…?? "

Salam GBU

memang saya mengutip ayat matius !

zzzzzz

apa itu "kehendak Allah versi anda?

salam kristus

[b]waduh rasanya ga pas hukum taurat bukan utk jemaat KRISTUS[/b] lebih cocok nrt saia klo saia katakan kita jemaat KRISTUS mengikuti inti dari HUKUM TAURAT bro yaitu KASIH.smiley

tp anda sendiri telah mengutip hal diatas mengenai ini

itu sebabnya banyak jemaat yang hidupnya hancur

Galatia 2 :21

Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

apa anda mengerti ayat di atas ?

injil tidak gampang dimengerti, bahkan sangat sulit dimengerti

Bahkan Petrus dengan terang2an mengatakan bahwa tulisan Paulus sangat sulit dimengerti oleh orang awam

2 petrus 3 : 16

3:16 Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami, sehingga orang-orang yang tidak memahaminya dan yang tidak teguh imannya, memutarbalikkannya menjadi kebinasaan mereka sendiri, sama seperti yang juga mereka buat dengan tulisan-tulisan yang lain.

apa anda mengerti apa yang sedang dibicarakan petrus ?

jika anda mengerti tolong jabarkan ke saya apa yang dimaksudkan petrus dalam ayat ini

bukan sebaliknya kasih ALLAH dan kasih sesama manusia itu merupakan hukum taurat ashamed0004

makanya dikatakan "Aku datang bukan meniadakan hukum taurat tp menggenapinya"
tau ga bro inti hukum taurat apa bro…saia ulangin sekali lagi

Apa anda yakin anda sudah benar2 mengerti arti kata “menggenapi hukum taurat ?”

kalau sudah tolong beritahu saya apa arti kata "menggenapi hukum taurat" menurut anda

salam KRISTUS

kok jadi kyk bro zxcvbn ya nanya2 kehendak Allah… :smiley:

HEHEHEH…BROO…?? jangan salah paham dulo lah…!! Saya ga menyalahkan anda kok…!!Karena memang itulah kenyataan nya dalam Alkitab kan… memangnya dalam pandangan anda gimana sih…?? zzzzzz

Maksud saaya apakah dengan mengenalnya ke dua hukum tsb, sehingga anda menjadi sangat mulia sekali untu membantu sodara-sodara yang anda kenal ( seiman atau tidak seiman ), ketika mereka perlu pertolongan anda baik materil / non materill…?? Walaupun kondisi anda taroklah secara finansial masih sangat kurang dan malah masih perlu di support olah pihak lain…??? Apakah itu yang dinakaman kasih menurut anda…?? Jika berkenan bisa kita shering ya…?? jika tidak…ndak jadi soal…lupakan saja ya.

Salam GBU

@path

baca postingan sekali lagi yah

ttg penggenapan hukum taurat sudah saia jelaskan jg. thx

Saya tambahkan lagi 2 ayat tentang kasih.:
Dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka." (Yohanes 17:26).
Anak-anakKU marilah kita mengasihi bukan dng perkataan atau dng lidah ,tp dng perbuatan dan dlm kebenaran (1 Yohanes 3:18).
Bro@Phat,jikalau Allah sudah mengasihi kt melalui" Kasih KaruniaNya",hendaknya juga kt saling mengasihi seperti Hukum yg 1,dan ke 2 seperti pd komentya Zhipiroz di atas .
Salam,

Broo@hew…

Maaf sebelumnya ya…hehhehe
Bolehkah kalo saya bertanya seperti ini kepada anda…??
Misalnya seperti ini :
Hewit…yang baik…“bisa” ga’ kamu mengendarai motor “seperti” pembalap Alfonzo temennya si komeng itu…??

Heeeheheh…gitu aja dolo broo…!!

Salam GBU