Apa bedanya Puasa KRISTEN yang Gerejanya KARISMATIK dengan yang gereja ADAT?

Apa bedanya Puasa KRISTEN yang Gerejanya KARISMATIK dengan yang gereja yang masih mengutamakan ADAT dalam pernikahannya? Kalo ada tolong dikasih tahu secara jelas dan detail, Kalo ga ada bedanya kasih tahu juga secara jelas dan detail.
Tante Saya punya keponakan yang umurnya 4 thn, 8 thn dan 12 thn dan 14 thn ,mereka gereja di gereja yang kalo mau nikah harus ada ADATNYA, saya mau nanya bagaimana cara mengajarkan PUASA kepada mereka karena mereka belum bisa PUASA dan cara PUASA Yang cocok untuk mereka PUASANYA seperti PUASA siapa? dan berapa hari,berapa jam PUASA untuk mereka? Terima Kasih :slight_smile: . Tuhan memberkati :slight_smile:

imho:
Adat/ Peraturan yang dibuat manusia, boleh dilanggar manusia.
Teman2 di FK mungkin nggak ada yg dapat menjawab pertanyaan Anda, karena memang ngga’ ada yg pusingin adat… :slight_smile:

Hukum/ Peraturan Tuhan-lah yang ngga’ boleh dilanggar manusia.

@SARAPAN PAGI :
Ok thanks atas informasi
Ehem Saya juga tanya tentang puasa, Apa jawaban Anda tentang PUASA KRISTEN?
Terima Kasih

Berpuasa dalam kehidupan Kristiani umumnya tidak diwajibkan (lahir dari keinginan pribadi). Ada beberapa Gereja misalnya kalangan Katolik mewajibkan untuk berpuasa pada masa pra-paskah, dan mungkin juga gereja2 lain yg mempunyai peraturan sendiri tentang puasa.

Cara berpuasa Kristiani juga tidak seragam. Terserah pilihan pribadi masing-masing. Bisa ditentukan sendiri jangka waktunya: 8 jam, 1 hari, 1 hari 1 malam, 3 hari, 7 hari, 40 hari, dst.

Bisa juga ditentukan sendiri jenis puasanya: hanya makan sayur, tidak makan, tidak makan dan tidak minum, atau puasa kebiasaan jelek seperti nonton tv, baca koran, majalah, menahan rasa marah/benci, tidak merokok, tidak berjudi, dll.

Apakah Tuhan Yesus mengajarkan agar kita berpuasa?
Ya, Yesus mengajarkan agar murid-muridNya untuk berpuasa. Tuhan Yesus
berkata: “Dan apabila kamu berpuasa,…” (Matius 6:16). Kata apabila artinya adalah sebagai orang Kristen, pada suatu saat kita akan berpuasa. Hanya waktunya sebaiknya tidak diwajibkan oleh Gereja, karena niat berpuasa timbul dari masing-masing pribadi.

Adat dalam gereja itu baik, dan jangan menyangka gereja kharismatik tidak memiliki adat, mereka juga menjaga tradisi gerejawi mereka sendiri.

Jangan bertanya tentang puasa di tradisi gereja lain, sebab hal itu akan berbeda dan lanjutnya akan menimbulkan pertentangan dan perselisihan dengan tradisi gereja anda. Bertanyalaha kepada penatua, atau gembala sidang atau pembimbing rohani anda tentang puasa di gereja anda.

Tidak ada aturan jasmani dalam menjalankan puasa didalam Alkitab, karena itu lakukanlah sesuai dengan kebiasaan di tempat anda bertumbuh. Inti dari puasa adalah merendahkan diri dihadapan Allah untuk melakukan kehendakNya, bukan tentang tidak makan dan minum.

@SarapanPagi : oooo begitu toh :slight_smile: . Ok thanks ya saya jadi mengerti
@Krispus: Yap betul Anda, saya memang harus bertanya ke gembala sidang atau pendeta di gereja saya
@SarapanPagi dan @Krispus: bukannya di Alkitab dikasih tahu waktu puasanya dari matahari terbenam sampai matahari terbit tapi tidak dikasih tahu batas waktunya ya ga?

Ada macam2 jenis puasa dan durasi puasa:

Puasa dalam PL:

  1. Puasa Musa, 40 hari 40 malam tidak makan dan tidak minum (Keluaran 24:16 dan 34:28)
  2. Puasa Daud, tidak makan dan semalaman berbaring di tanah (2 Samuel 12:16)
  3. Puasa Elia, 40 hari 40 malam berjalan kaki (1 Raja 19:8)
  4. Puasa Ester, 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum (Ester 4:16)
  5. Puasa Ayub, 7 hari 7 malam tidak bersuara (Ayub 2:13)
  6. Puasa Daniel, 10 hari hanya makan sayur dan minum air putih (Daniel 1:12), doa dan puasa (Dan 9:3), berkabung selama 21 hari (Dan 10:2)
  7. Puasa Yunus, 3 hari 3 malam dalam perut ikan (Yunus 1:17)
  8. Puasa Niniwe, 40 hari 40 malam tidak makan, tidak minum dan tidak berbuat jahat (Yunus 3:7)

Puasa dalam PB:

  1. Puasa Yesus, 40 hari 40 malam tidak makan (Matius 4:2)
  2. Puasa Yohanes pembabtis, tidak makan dan tidak minum (Matius 11:18)
  3. Puasa Paulus, 3 hari 3 malam tidak makan, tidak minum dan tidak melihat (Kisah 9:9)
  4. Puasa Jemaat mula-mula, untuk menguatkan Paulus dan Barnabas dalam pelayanan (Kisah 13:2-3)

Silahkan pilih, Anda mau ikut yang mana…?
:angel:

@SarapanPagi : Kalo untuk zaman sekarang yang cocok menurut Anda yg mana?