Anugrah besar

Anugrah Besar

Ada sebuah kisah , seorang anak yang sukses diJakarta mengirim tiket eksekutive untuk orang tuanya agar bisa datang keJakarta naik bis malam , saat sampai di Jakarta orang tuanya cerita , dia menyesali dirinya yang lupa bawa bekal dijalan sehingga semalaman dijalan dari desa menuju ke Jakarta kelaparan , anaknya minta maaf karena lupa memberitahu bahwa tiket eksekutive tersebut sudah termasuk makan malam ditengah jalan . Kisah ini menjelaskan karena tidak tahu manfaat naik bis eksekutive mengakibatkan kerugian yaitu kelaparan semalamam .
Demikian juga pandangan terhadap Allah atas ANUGRAH BESAR yang disiapkan bagi umatNya menyebabkan kerugian bagi umat yang tidak mengetahuinya oleh sebab itu ;
• Jika melihat Allah sebagai hakim, yang setiap saat siap untuk menghukum atas setiap kesalahan , akan membuat umat Tuhan menghabiskan hidupnya dalam ketakutan dan tidak tenang seumur hidupnya . ( Mazmur 103 : 8-14 )
• Jika melihat Allah sebagai Bapa yang murah hati , penuh kasih dan selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anakNya , ( Menurut kasih setiaNya dan kedaulatanNya ) akan membangun kasih , pengharapan dan kepercayaan di dalam hatinya , itulah langkah hidup untuk kita menikmati ANUGRAH-NYA YANG BESAR !
Alkitab memberi gambaran Yesus Kristus sebagai Batu Karang yang KUAT . ( 1 Kor 10:4 ) Dalam Keluaran 17 : 6 . Tuhan menyuruh Musa untuk memukul gunung batu sehingga gunung batu di Horeb tersebut mengalirkan air untuk memenuhi rasa haus Bani Israel .
• Pemukulan gunung batu merupakan gambaran , “ Kristus dicambuk dan dipukul/ penderitaan dikayu salib “ , setelah itu baru bisa memberikan ANUGRAH-NYA YANG BESAR kepada manusia , menjadi pemasok semua kebutuhan hidup manusia , baik itu kesehatan , kesejahteraan atau sukses dalam karier .
• Gambaran pukulan kegunung batu ( kristus kena pukulan / penderitaan dikayu salib ) untuk menyediakan ANUGRAH-NYA YANG BESAR kepada manusia itu cukup sekali saja sudah sempurna , tidak perlu diulang-ulang . Ibrani 10 : 12 ,14 .
Tetapi dalam Bilangan 20 : 8 , Saat bangsa Israel mengerutu kembali kepada Musa karena haus , Allah mengatakan kepada Musa untuk hanya BERBICARA di batu , Musa tidak memahaminya perintah Tuhan , Musa dengan MARAH MEMUKUL batu itu . ( Bil 20:11) tindakan tersebut menyebabkan Musa dihukum tidak bisa menikmati tanah kanaan hanya bisa melihat saja .
Kemarahan Musa menanggapi tekanan bangsa Israel sebetulnya bukan terjadi sekali itu saja , tetapi mengapa saat itu Musa dengan emosi memukul gunung batu , langsung kena hukuman Tuhan sehingga tidak bisa masuk tanah kanaan ?
• Musa memukul gunung batu dengan emosi , merupakan gambaran menyalibkan Yesus kedua kalinya . Kristus sebagai korban dosa manusia cukup SEKALI SAJA untuk selamanya atau sudah sempurna dan tidak perlu diulang . (dipukul / disalibkan lagi . Ibrani 6 : 6 )
Pukulan dengan emosi mengingatkan UMAT DIMASA SEKARANG kalau berdoa atau berbicara kepada Tuhan atas persoalan yang sedang dihadapi , jangan berbicara secara negatif , tetapi berdoa dengan suka cita dan syukur , sesuai dengan apa yang Yesus telah janjikan ( sesuai FirmanNya) contoh ;
• Saat sakit katakan , Oleh bilur-bilurNya aku disembuhkan , KematianNya dikayu salib TELAH mengangkat semua KELEMAHAN DAN SAKIT PENYAKIT termasuk sakit yang kualami ini . 1 Petrus 2 : 24 ; Matius 8 : 17 . Disaat berdoa yang menentukan adalah hati kita ( pikiran dan perasaan ) apakah dengan suka cita karena konsep dan cara pandang terhadap Tuhan sebagai BAPA yang baik bukan sebagai HAKIM yang sedang menghukum ! atau dengan berat hati ( tertekan , marah , putus asa ) Perasan tertekan karena tidak memahami isi hati Tuhan !
• Saat kekurangan uang katakan , Yesus Engkau yang kaya rela jadi miskin supaya saya yang miskin menjadi kaya , 2 Korintus 9:8 . atau berkata Jangan berikan aku kemiskinan atau kekayaan . Biarkan aku menikmati makan yang menjadi bagianku . Supaya kalau aku kenyang , aku tidak menyangkalMu dan berkata siapa Tuhan itu ? atau kalau aku miskin aku mencuri dan mencemarkan nama Allahku . Amsal 30 : 8 – 9 .
• Kalau kita berdoa minta kekayaan , seperti yang Tuhan janjikan Ayub 27 : 16-17 Bangsa-bangsa mengumpulkan kekayaan tetapi orang benar yang akan memakainya . Kita berkata Tuhan bukan hanya kekayaan saja tetapi , anugrahkan juga kedewasaan rohani ( konsep , cara pandang dan tujuan hidup ) agar kekayaan tidak menyebabkan jatuh dalam dosa kesombongan, sebab aku menyadari hanyalah pengelola bukan penguasa .
• Saat menghadapi jalan buntu katakan , Tuhan Engkau sanggup membuka jalan dalam masalah hidupku seperti , Jalan dipadang gurun dan sungai dipadang belantara , sehingga namaMU dimasyurkan atas hidupku . Yesaya 43 : 18b, 21 .
Jadi umat Tuhan kalau membutuhkan keperluan hidup cukup hanya berbicara ( berdoa ) masalah kita katakan dengan rasa syukur dan percaya ( bukan emosi , menggerutu atau ragu-ragu ) sesuai dengan kebenaranNya sebab memandang Tuhan sebagai BAPA bukan sebagai HAKIM ! dan Allah siap MEMBERIKAN SOLUSI untuk segala situasi yang sedang dihadapinya .
Cara berpikir dan cara pandang kehidupan menentukan apakah mengalami ANUGRAH BESAR dalam perjalanan hidup ini atau tidak karena kita terpaku melihat situasi yang ada disekitar kita .
Sebagai anak Allah , jangan bimbang atau mengerutu apakah Tuhan mau mendengarkan doaku , ( Tidak yakin DIA BATU KARANG yang KUAT ) atau berpikir negatif merasa tidak layak untuk mendapatkan jawaban doa ! ( Allah sebagai Hakim ) Ketika Anda hidup dengan cara berpikir dan pandangan seperti itu , Anda tidak akan menerima segala sesuatu yang Tuhan sediakan !
Seharusnya berdoa dengan rasa syukur , karena tahu Bapa itu mengasihi dirinya dengan kasih yang kekal , ( saat kita berdosa saja Tuhan tidak menghakimi ( kamu tidak layak , kamu manusia berdosa dllnya ) apalagi dalam status sebagai anakNya , KasihNya tidak pernah beranjak dalam hidup kita . Yermia 31 : 3 .
Seorang kelasi angkatan laut bersaksi ; Saat bertugas sebagai seorang kelasi dikapal . Seorang perwira angkatan laut senior menyarankan saya , "Jangan melihat gelombang yang ada di sekitar Anda , Lihatlah cakrawala jauh didepan , Lihatlah garis , disana maka engkau akan merasa lebih baik " Ketika saya menatap garis didepan sana , teguh tak tergoyahkan , Meskipun kapal naik dan turun di laut , saya tidak merasa mabuk laut lagi .
Ini berbicara jangan melihat keadaan atau hal-hal buruk yang terjadi di dunia atau sekitar hidupmu ( Yakobus 1 : 6-8 ) Sebaliknya , Lihat kasih Allah yang kekal , tak tergoyahkan . Hatimu akan menjadi stabil dan engkau akan melihat Tuhan menyediakan semua kebutuhan hidupmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam kristus Tuhan ! Filipi 4 : 19 .
Petunjuk lain bagaimana berdoa , Markus 11 : 24
• Firman Tuhan mengatakan bahwa kita bisa memiliki apa yang kita minta dalam doa - dengan hanya percaya bahwa kita sudah “ Memilikinya / menerimanya ". ( Menurut kasih setiaNya dan KedaulatanNya ) Alkitab jelas mengatakan bahwa kita sudah memiliki apa pun yang kita butuhkan karena Tuhan telah menyediakan segala berkat rohani dalam Kristus. (Efesus 1 : 3)

• Matius 18 : 18 – 19 , Doa sesuai dengan Kebenaran FirmanNya , maka kita akan melihat manifestasi dari perkataan ( doa ) yang akan terikat dialam Roh dan Tuhan akan kabulkan sesuai perkataan FirmanNya . Jadi , ketika berdoa , kita menggunakan Iman untuk MENERIMA apa yang sudah tersedia di dalam Kristus . (Markus 11 : 24) , dan memperkatakan perkataan FirmanNya dengan percaya , maka anugrah yang besar akan kita alami !
• Kolose 1 : 27 , Alkitab memberitahu bahwa Kristus ada dalam diri kita . Ini berarti bahwa sekarang oleh anugrahNya yang besar ada kuasa didalam kita , maka kita pasti akan menerima kesembuhan , kemakmuran , keluarga sejahtera semuanya disediakan sesuai dengan doa yang kita perkatakan ! . " Saya memiliki semua yang saya butuhkan di dalam Kristus Yesus Tuhan !"
• Kita yang ada didalam Kristus telah dibangkitkan bersama dalam kuasa-Nya . Dengan kata lain , kita sekarang memiliki juga otoritas , "Jauh di atas semua pemerintah , kuasa , kekuatan dan kerajaan, dan setiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di zaman ini tetapi juga di dimasa yang akan datang “! (Efesus 1:21-23 ) ( Adam tidak pernah memiliki posisi itu ) Jadi , melalui kematian dan kebangkitan Yesus , kita telah dipulihkan dan menerima jauh lebih banyak dari apa yang Adam alami dulu !
Bagaimana mengatasi keragu-raguan ?
" Tuhan , bagaimana aku tahu aku akan memilikinya ? " (Kejadian 15:8) Ketika Allah menjanjikan segala sesuatu bagimu , apakah mau mempercayai-Nya dengan Iman pada perkataan Firman-Nya ? Atau seperti Abraham , bertanya , bagaimana aku tahu akan memilikinya ?
Dalam hal ini Allah tidak menegur Abraham atas ragu-raguannya mempercayai Firman-Nya . Itu adalah gambaran kasih Tuhan untuk umat-Nya . ( beda dengan emosi Musa ) Tuhan bahkan turun ke tingkat iman Abraham dan melakukan sesuatu untuk meyakinkan Abraham bahwa ; “ Ia akan selalu menepati janji-Nya yang dibuat dengan Abraham .” (Kejadian 15 : 9-16 ) Abraham perlu mengetahui bahwa Dia pasti akan menggenapi apa yang telah dikatakanNya ! Bilangan 23 : 19 .
Tuhan tahu manusia umumnya sulit hanya percaya perkataan saja . Contoh , ketika kita membeli rumah , kontrak harus dibuat disusun ditandatangani oleh kedua belah pihak , dihadapan notaris , kontrak dibuat karena manusia tidak dapat mempercayai kata-kata saja .
Itulah sebabnya Allah membuat perjanjian baru dengan kita , karena Ia tahu bahwa kita sulit hanya percaya apa yang Dia katakan . Tuhan tahu bahwa manusia mudah bimbang dan ragu bertanya-tanya, " Bagaimana jika Tuhan berubah besok dan tidak jadi memberkati aku?”
Jaminan Allah
Roma 4 : 20 – 21 , Ayat ini jelas menunjukkan , Allah telah membuat perjanjian baru dengan kita , yang dimeterai oleh darah Anak-Nya dikayu salib , agar kita tidak goyah mengenai janji-janjiNya , tetapi diteguhkan dalam iman , Percaya bahwa Allah akan melakukan apa yang Dia telah katakan .Bandingkan ;
• Ketika Tuhan mencipta manusia , Dia memberikan kekuasaan atas segala sesuatu di bumi . (Kejadian 1:26-28 ) Tetapi ketika Adam jatuh , dosa dan kematian masuk ke dalam dunia, manusia kehilangan kewenangannya atas bumi , setan yang mengambil alihnya .
• Setelah penebusan dilaksanakan lewat kematian Yesus . Dia ingin kita tahu bahwa kematian Yesus , telah melakukan lebih dari sekedar mengembalikan pada posisi saat Adam belum jatuh dalam dosa , Tetapi Tuhan menempatkan UmatNya dalam posisi yang jauh lebih tinggi !
AnugrahNya yang besar tidak bisa dihalangi situasi
kita membaca tentang bagaimana Allah membawa Israel keluar dari perbudakan di Mesir ke negeri yang berlimpah-limpah susu dan madu . iblis berpikir dia bisa menggagalkan rencana Allah dengan meletakkan raksasa di tanah perjanjian untuk menghentikan Israel dari mewarisi negeri itu .
Tapi Tuhan Mengecoh setan . Dia membiarkan raksasa untuk membangun rumah dan kota-kota , menggali sumur dan membudi dayakan berbagai tanaman sampai waktu yang tepat datang . Tuhan membawa Israel ke tanah Kanaan yang sudah ditata dan dipersiapkan dan memusnahkan para raksasa yang mempersiapkan semuanya itu !
Akhirnya bangsa Israel mewarisi kota-kota besar yang indah dengan tidak perlu membangunnya , mengisi rumah dengan segala hal baik , tidak perlu menggali sumur , tidak perlu menanam kebun anggur , pohon zaitun karena sudah ada semua ! (Ulangan 6 : 10-11)
Meskipun setan dewasa ini berusaha mencegah rencana Allah bagi kesejahteraan umat-Nya dengan menempatkan raksasa-raksasa yang menghadang , ( pemasalah kehidupan ) tetapi semua akan dibalikkan Tuhan untuk kebaikan kita umatNya !
Jadi mari kita terima janji Tuhan ANUGRAH YANG BESAR dengan ;

  1. Iman percaya dan ucapan syukur karena semua sudah Tuhan selesaikan bagi kita lewat kematianNya dikayu salib . ( Yohanes 19 : 30 )
  2. Oleh kuasa kebangkitanNya semua yang baik telah disediakan bagi kita ! ( Efesus 1 : 21-23 ) kita cukup menerima dengan perasaan suka cita tidak dengan bimbang atau ragu lagi , karena kita memiliki BAPA yang kekal !
  3. Gunakan berkat yang kita terima untuk jadi berkat bagi kemuliaan namaNya . Amin .