Alat Peraga Untuk Sekolah Minggu

Syaloom …

Saya mau tanya dong, ada yang punya web atau info tentang Alat Peraga (Gambar, Aktifitas, Permainan, dll) untuk Anak Sekolah Minggu. Kalo ada mohon infonya yah … Thx

Jbu

http://pepak.sabda.org

Salah satunya ini:

[url=http://pepak.sabda.org/aku_mengenalmu][b]AKU MENGENALMU[/b][/url]

Aktivitas ini akan membuat anak-anak merasa bangga terhadap dirinya sendiri dan akan membantu anak mengerti bagaimana kuasa Tuhan dapat membantu mereka menerima sesamanya apa adanya.

Bahan-bahan:
Selembar kertas berukuran 8½ x 11 cm untuk setiap anak.
Pensil atau spidol untuk setiap anak.

Durasi Aktivitas:
10 – 15 menit

Topik:
Penerimaan, Persahabatan, Individualitas, Kebaikan, Kasih

Peserta:
Anak kelas 1 – 6

Apa yang akan Anda lakukan:
Pertama, bagilah anak-anak dalam kelompok-kelompok terdiri dari 4 – 6 anak. (Kelompok yang terdiri dari tiga anak, terlalu kecil; tujuh anak akan memakan banyak waktu.) Jika memungkinkan, suruh anak-anak dalam setiap kelompok duduk bersama-sama di kursi yang terpisah atau saling berhadapan, dll… Kemudian suruh anak-anak untuk melihat teman-teman sekelompoknya dan menuliskan nama-nama teman mereka di sisi kiri bawah kertas mereka. Tidak harus urut. Lalu, suruh mereka menulis sesuatu yang baik tentang teman-teman mereka di sebelah nama-nama yang telah mereka tulis. Apa yang mereka tulis harus positif, bukannya tulisan yang mengejek atau merendahkan.

Contoh:
Mark : Selalu berpakaian rapi
Alyssa : Dia baik pada semua orang
Jennifer : Dia sangat pintar
Andrew : Hafal ayat-ayat Alkitab
Erica : Pintar bermain sepak bola

Saat semua anak telah selesai menulis sesuatu yang baik tentang teman-teman mereka dalam kelompoknya, suruh mereka memberikan kertas mereka kepada teman di sebelah kanan. Kemudian, setiap anak akan dapat membaca komentar yang temannya telah tulis tentang diri mereka. Setelah beberapa saat, suruh mereka untuk memberikan kertas yang mereka pegang ke teman di sebelah kanan mereka lagi, dan biarkan setiap anak membaca komentar teman mereka tentang mereka. Lakukan hal tersebut sampai setiap kertas sampai pada penulis aslinya. Anak-anak akan tahu hal-hal baik apa yang dipikirkan teman mereka tentang mereka dan hal itu jelas akan membuat hari mereka ceria.

Jelaskan kepada anak-anak bahwa
Allah itu adalah kasih dan YESUS adalah teladan kasih. YESUS melihat orang dari hati.
Saat YESUS ada di hati kita, kita juga dapat melihat orang lain sama seperti YESUS
melihat orang lain, dengan cinta, belas kasih, kebaikan, dan kepedulian.

Selanjutnya, mungkin ada GSM lain yang mo share cerita + alat peraga (Gambar, Aktifitas, Permainan, dll)
yang sudah dipakai dalam mengajar Sekolah Minggu di gereja?

Silakan…

:slight_smile:

Aktivitas di atas akan dilakukan untuk Ibadah Minggu Pelayanan Anak untuk tanggal 31 Januari 2010, thx infonya … Mungkin kk bisa share untuk situs yang biasanya menyediakan gambar2 untuk cerita??

Boleh minta tolong kasih ide gambar atau aktivitas untuk IMPA tgl 23 mei 2010 topik Tuhan Yesus Mengasihi orang takut, bhn alkitab : Kisah Para Rasul 2 : 2 - 4. Makasih sebelumnya …JBU

Biasanya sih saya googling aja, sesuai dengan kebutuhan cerita… :slight_smile:
Ato bisa request di FK ini, mungkin nanti ada bisa bantu untuk mencarikan…

Untuk sesuai dengan ayat dari Kisah Para Rasul 2:2-4, saya belum ada referensi. :rolleye0014:
Tapi kalo yang sesuai dengan topik sekitar rasa takut, penekanan 'takut’nya tentang apa?

Detailnya gini kk, utk kelas TK ttg Pencurahan Roh Kudus …Tujuan pembelajaran khusus : menyatakan tekad utk percaya bhw Tuhan selalu menyertai dimanapun dan bila datang rasa takut adik adik tdk perlu takut, pengennya aktivitas coloring tp gambarnya msh belum pas. Btw thanks utk sarannya…

Kalau saya biasanya nyari di http://calvarywilliamsport.com/ atau www.bibleforchildren.org/languages/indonesian/home.php

Bahan Mengajar: Hari Pentakosta | PEPAK (Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen)
Kegiatan: http://pepak.sabda.org/simbol_simbol_pentakosta
Gambar: Gambar mewarnai alkitabiah untuk pelayanan SEKOLAH MINGGU dari gw - Sekolah Minggu - ForumKristen.com

Yups, saya juga beberapa kali dari Bible For Children
Thanks sharingnya…

:slight_smile:

Terimakasih kakak kakak…Tuhan berkati pelayanannya :afro:

Iya terimakasih kembali Odilya… GBU too

shalom, saya minta saran bagaimana supaya pelayanan dibatita khususnya anak bisa mendengarkan dengan baik. thx gbu

Kelas batita cuma bs menangkap cerita tak akan lebih dari dua menit. Sisanya, manfaatkan utk bermain,n bernyanyi.pengalaman saya, saya hanya akan bercerita langsung amanat dari ayat alkitab. Bisa dengan membuat wayang2an sendiri,b0neka,atau mainan. Dan ingatkan pesan khusus anda,dsetiap akhir kegiatan. Misalnya semester pertama, saya selalu tekankan berterimakasih pada mama,papa,dan org lain.

nanti di sekolah minggu gereja saya akan cerita tentang samuel…ada alat peraga yang menarik tidak ya? hehe ^^
thx b4

Coba mampir di sini: www.rajawalikecil.com
ada lagu, games, drama natal, peraga, sulap rohani…

saya bersyukur bisa menemukan bahan cerita SM untuk besok.GBU

Samuel, Anak Tuhan - Pelayan

>> DOWNLOAD <<
Cerita Alkitab untuk anak-anak Sekolah Minggu
dari awal Perjanjian Lama sampai akhir Perjanjian Baru
terdapat sekitar 50 cerita.

saya punya…
tp dalam bentuk slide powerpoint.
ada cerita mengenai :

  • YESUS mengbah air menjadi anggur,
  • zakheus, … hingga
  • perjalanan misi Paulus

kalo ada yg berminat boleh hubungi saya.
GRATIS

ada yang bisa kasih masukkan untuk permainan sekolah minggu bertema saling tolong menolong

Mohon bantuannya…

Ada yang bisa kasih masukan ide Permainan dan Alat Peraga apa yang dapat saya pakai untuk mengajar ASM yang berusia 5-7thn dengan Tema : CIPTAAN TUHAN. Bahan : Kejadian 1: 1-27… Kalau boleh sekalian dengan gambar untuk diwarnainya…

Sebelumnya…Terimakasih buat masukannyaa…

Semoga Tuhan memberkati pelayanan saudara/i . . . .

GBU___

saya mau dong ikut sekolah minggu nya kakak rahayu… :ashamed0002: