Akhir Jaman (tolong penjelasannya) Thx a lot GBALL

Bro bisa jelaskan sedikit tentang akhir jaman?

kalo lihat Wahyu 6:1-17 seeh, mungkin udah meterai ketiga dan gw pernah dengar skrg lagi meterai ke-4…

Berarti kita sudah masuk ke dalam masa-masa krisis ya? Menurut bro Jeff, dimulainya sejak kapan?

:), saya tahu dari seminar akhir jaman yg pernah saya ikuti, katanya sih dimulainya sejak awal abad 19…
misalnya :

  • kebangkitan gereja lewat manifestasi Roh Kudus (digambarkan sebagai penunggang kuda putih)
  • munculnya peperangan (terutama perang dunia I & II)
  • kelaparan diberbagai tempat yg disebabkan oleh perang, krisis pangan & krisis ekonomi
  • krisis ekonomi global pada awal abad 19 & tahun ini juga
  • macam2 penyakit baru (AIDS, flu burung)

GBU.

Waduh … barusan dong ya? Sepertinya seminar akhir jaman versi Hal Lindsay ya? Kalau baca dari informasinya Tuhan Yesus di Matius 24:1-44, dapat kita simpulkan sebagian demikian:

Ayat 7, sejak th 70 masehi, dimana Yerusalem runtuh

Ayat 9, digenapi sejak kehidupan para Rasul di Kisah Para Rasul

Ayat 11, nabi palsu sudah ada sejak jaman itu

Ayat 14, sejak th 66 injil telah sampai ke seluruh dunia (versi seluruh dunia (oikumene) jaman itu adalah bangsa-bangsa yg hidup di sekeliling Laut Tengah). Ketika Paulus berhasil melaksanakan kunjungannya ke Spanyol, di thn 66 masehi, maka injil dikatakan sudah tersebar ke seluruh dunia.

Ayat 15-21, Antiokhus 4 Epifanes memerintah th 175-164 SM. Beliau ini menghentikan korban -korban di Bait Suci, menganiaya orang Yahudi secaa hebat, dan menempatkan patung Zeus berhala Yunani di atas mezbah TUHAN!, dan di atasnya juga ia mempersembahkan babi-babi! Demikianlah pembinasa keji sudah datang sejak tahun itu.

Artinya “hari-hari itu” sudah berlangsung sejak masa Yerusalem dibumihanguskan.

Bro,
Mnrtmu,
Beda ga antara :
‘Injil Keselamatan’ dengan ‘Injil Kerajaan’???

Kl ‘Injil Keselamatan’ udah lama tersebar hingga ‘suku-suku bangsa’.
Konteksnya kan ‘suku-suku bangsa’ toh, bukan orang per orang.

Tp,
Kl ‘Injil Kerajaan’,
Apa itu? Dan apakah sudah diberitakan menjadi kesaksian bagi semua suku-suku bangsa?

Gospel of Salvation & Gospel of Kingdom.
Is it just the same? Or is it different?

Orang-orang percaya sudah memberitakan dan memberikan kesaksian mengenai keselamatan dalam Yesus Kristus.

Apakah orang-orang percaya sudah memberitakan dan memberi kesaksian mengenai Kerajaan Yesus Kristus?

Apakah doa Yesus di Yohanes 17 sudah terwujud?

Yoh 17:20-21
Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Skedar renungan menjelang natal…

Menurut saya sih cuma beda sudut pandang saja. Tapi titik pertemuannya adalah setiap orang percaya memiliki Kristus yang bertahta di surga dan memerintah dia melalui Roh Kudus yang sudah dicurahkan-Nya.

Mengenai doa Tuhan Yesus tersebut, itu menunjuk kepada umat pilihan-Nya yang masih akan lahir ke dunia sampai jumlah mereka genap menurut hitungan Tuhan. Kalau sekarang Ia belum datang, berarti ya belum genap jumlahnya.

kalo ini versi siapa ya?
saya juga ga tahu kalo versi yg saya anut adalah versi Hal Lindsay, aliran gereja saya dari dulu menganut versi tsb…
kalo menurut bro Kasih, pemerintahan antikristus bagaimana, sudah digenapi blom?
thx.

Yang aku tahu kalau 1/4 manusia di bumi maut kedatangan antikris betul2 hampir.

bisa tolong dijelaskan rinci…

Ini saya tahu dari KKR tahun lalu (cuma dapat ingat sedikit)

Meterai Pertama (Kuda Putih)
Meterai I dikaitkan dengan Matius 24:4-5.
Kuda putih merupakan Kristus palsu kerana identitas penunggang tidak diketahui dan tidak lengkap seperti Tuhan Yesus Kristus. Perhatikan perlengkapan Tuhan Yesus dalam wahyu 1:12-16.

  • Jadi Putihnya adalah putih palsu dan bukan putih sebenar (2 Kor 11:13-15 hubungkan dengan Mat 23:27, Kis 23:3
    -Panahnya tanpa anak panah menunjuk peperangan tanpa peluru, ia berbicara tentang perkabaran tanpa kuasa. Padahal di dalam 1 Korintus 4:20 Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa. Jadi mereka bukan memenangkan jiwa-jiwa bukan dengan kuasa melainkan dengan akal-akal manusia (Mat 15: 8-14 dan Kolose 2:23 bandingkan dengan 2 Petrus 2:10-11)
    -Mahkota dikaruniakan kepadanya. Bukan Tuhan Yesus mengaruniakan mahkota kepadanya (Yesus ada banyak mahkota) dan Tuhan Yesus memberi mahkota kepada orang yang menang di dalam Tuhan Yesus. Mohkota itu hanya diberikan sesudah kebangkitan pertama. Itu sebabnya dalam Wahyu 19:11-16 dikatakan Yesus mempunyai mahkota yang banyak dan bukan menerima mahkota seperti Wahyu 6:2
    -“Lalu ia maju sebagai pemenang untuk merebut kemenangan”. Menunjukkan ia pernah kalah dan ia muncul pada akhir zaman dengan tanda kemenangan kerana ia ingin menguasai dunia ini (Menunjuk pada zaman anti-Kristus kelak)

Meterai II (Kuda Merah)
Kuda merah merupakan pendamaian dunia dicabut.
Dikaitkan dengan Matius 24:6-7a, Markus 13:8.
-Perdamaian bumi dicabut pada 1914 , akibatnya ekonomi rusak dan banyak industri-industri dan pertanian hancur oleh sebab perang dunia I.
(Masih ingat sedikit aja).

Meterai III (Kuda Hitam)
Dikaitkan dengan Matius 24:7(ayat akhir) Akan ada kelaparan ………………………………
Kuda kelaparan dan kesusahan
-Yang duduk adalah raja kegelapan yang membawa neraca/timbangan ditangannya. Ini menunjukkan pada manusia mengalami ujian2 berat termasuk pada gereja2 dmn mereka akan menjalani kelaparan jasmani, kelaparan rohani.
-Akibat meterai ke-2 ini, di mana pendamaian dunia dicabut sehingga timbul perang maka terjadilah perang di mana-mana. Pada waktu perang mengamuk maka sedikit sahaja yang bertani kerana diliputi ketakutan. Terjadilah kelaparan di sana sini dan di mana-mana.
-‘Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar.’. Gandum adalah makanan sehari-harian. Kalau secupak gandum adalah sedinar, ini berarti masing2 hanya dapat memelihara diri sendiri dan tak mungkin menanggung orang lain. 1 dinar adalah upah terendah bagi seorang buruh dalam sehari menurut alkitab, Matius 20:1-2. Jelai adalah makanan yg lebih murah drpd gandum kerana jelai ringan.
Kelaparan mulai menimpa dunia sejak perang dunia I dan perang dunia II dan sesudahnya.

Meterai IV (Kuda hijau-kuning/Kuda kelabu/Pale horse/Grey Horse)
Meterai IV berbicara tentang injil Yahya. Hubungkan Yahya 16:1-2
Warna kelabu adalah kombinasi antara putih dan hitam (Kombinasi 2 warna) dan ini adalah kekuatan yang bergerak dmn terjadi pertarungan antara terang dan gelap.
-Yang duduk atas kuda ini adalah iblis raja kegelapan sebagai penyebar maut dan alam maut yang mengakibatkan 1/4 manusia dibumi akan mati diakibatkan:
1.Pedang - berbicara perang di sana sini akibat pertarungan antara timur dan barat
2.Kelaparan - Disebabkan perang sana sini terjadilah kelaparan seperti dalam meterai III
3.sampar - (penyakit) atau maut disebabkan kematian peperangan dan pemakaian senjata beracun seperti nuklear dan lain2.
4.Binatang buas di bumi - Merupakan negara2 yg kejam yg tdk mengakui Tuhan Yesus terutama penguasa dari tirai besi.
(Sudah kelihatan kita berada di sini)

Meskipun kurang lengkap dari apa yg aku dengar dan baca, mungkin memberi kalian gambaran. (Waktu itu orangnya mengkhotbah lebih 2 jam mengenai Daniel 9:24-27 dan itupun katanya waktu terlalu singkat untuk menjelaskan secara detail dan apa yg disampaikan masi kurang lengkap)

Maaf ya, saya adalah orang Malaysia, waktu itu aku mengikuti KKR dan pengkhotbahnya adalah orang Indonesia. Sebenarnya aku juga ingin mengetahui lebih dalam lagi tapi aku bermasa bodoh.

Penguasa-penguasa yang tidak kelihatan itu hanyalah mereka yang ada dibawah pengaruh iblis. Semua perang; baiknya kita lihat sebagai perang itu sendiri, bukan negara mana yang berperang, karena Alkitab tidak mengindikasikan suatau negara tertentu yang ada di dunia saat ini. Materai, sangkakala, dan cawan, adalah level kesusahan dunia yang semakin meningkat. Kita bisa melihatnya sebagai kejahatan dan penghukuman Tuhan yang semakin lama semakin meningkat. Hal ini telah terjadi sejak Yerusalem runtuh di th. 70. “Hari-hari itu” bukanlah lagi hari-hari yang nun jauh di mata, tetapi kita sudah ada dalam hari-hari itu.

Matius 24 yang diuraikan bro MBRQ di atas, adalah nubuat Tuhan Yesus untuk, pertama-tama adalah Yerusalem (perhatikan pokok bahasan yang dibicarakan Tuhan dengan murid-murid di ayat 1 dan 2-nya), dan diakhiri dengan perspektip nabi untuk masa yang akan datang, yaitu kedatangan kedua Tuhan kita dalam satu kejadian tunggal (bukan dua tahap).

Saya kurang mengerti.

dan ayat 1 dan 2 itu ialah ini?:
1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah.
2 Ia berkata kepada mereka: “Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”

Bagimu apa pengertiannya?

Baiknya kita mundur sedikit untuk melihat latar belakang percakapan Tuhan Yesus di pasal 24
Matius 23:37-39
37 “Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 38 Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. 39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!”
Kembali ke
Matius 24:1-2
1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah. 2 Ia berkata kepada mereka: /“Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”
Jadi ketika para murid mengajukan pertanyaan pertama:
Matius 24:3
Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi …?”
Maka yang dimaksudkan adalah gambaran runtuhnya Yerusalem dan ratanya Bait Allah itu. Dan Tuhan Yesus memberitahukan semua yang akan terjadi sebelum runtuhnya Yerusalem.
Matius 24:4-8
4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.
Gambaran di atas tepat sesuai dengan keadaan Israel pada tahun 66-70. Waktu itu orang Yahudi bukan hanya berperang melawan Romawi, tetapi juga ada banyak kelompok dan partai yang kesemuanya itu mempunyai kepentingan dan pemimpinnya sendiri. Setiap pemimpin akan datang dengan nama Kristus dan berkata:“Akulah Mesias, raja yang diurapi Allah”; dan mereka ini saling memerangi. Kita maju sedikit lagi:
Matius 24:8
Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.
Setelah runtuhnya Yerusalem, Tuhan mengatakan bahwa itulah permulaan menjelang zaman baru. Artinya zaman akhir sudah dimulai sejak saat itu, dengan demikian zaman akhir bukan lagi suatu masa nun jauh di mata.

Semoga dapat dimengerti
GBU

Sebenarnya mengenai hal ini saya masih belum selidiki.

Tapi setakat dari pengetahuan saya:
Matius 23:37-38
37 "Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 38 Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi.
Saya masih belum mengetahui sejarah Israel sehingga mereka terpencar di seluruh dunia. Adakah kerana Adolf Hitler yang membuatkan mereka terpencar sehingga ke seluruh dunia sehingga bukan hanya di Yerusalem malah seluruh Israel?
39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"
Apabila saya membaca ayat firman ini mengingatkan saya mengenai Israel mencari tanah mereka masing-masing.
Perhatikan firman ini: Lukas 21:29-30 (Versi Bahasa Melayu Kini [Today’s Malay Version])
29 Lalu Yesus menceritakan perumpamaan ini kepada mereka. Dia berkata, "Lihatlah pokok ara dan semua pokok yang lain.
30 Apabila kamu nampak pokok mula berdaun, kamu tahu bahawa musim panas sudah dekat.

Pokok ara (Pohon ara) adalah berbicara orang Yahudi dan ‘semua pokok yang lain (pohon apa saja)’ bicara negara-negara lain (saya menggunakan negara kerana ia bersangkut paut dengan sistem pemerintahan kerana ia melibatkan tanah)
‘Pokok mula berdaun (Pohon itu sudah bertunas)’ bererti mereka masing-masing mencari tanahnya sendiri yang dijajah akan melepaskan diri daripada penjajahan. Sekarang kita sudah melihat bahawa bangsa Israel kembali pada tanah mereka masing-masing (Saya masih belum tahu perkembangan mereka seterusnya kerana pengetahuan mengenai Israel di Malaysia terbatas) dan dalam akhir Matius 23 tersebut dikatakan “Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!”, lihatlah sekarang ini mereka menanti kedatangan juruselamat yang dinubuatkan sehingga dari pengetahuan saya, mereka mendirikan satu tempat ratapan untuk menantikan kedatangan Juruselamat tapi mereka tidak akan melihat Juruselamat kerana Juruselamat yang sebenar adalah Yesus.

Matius 24:1-2
1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah.
2 Ia berkata kepada mereka: “Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”

Dengan memperhatikan ayat:
1 Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
Ini merupakan bait Allah yang sebenarnya dan bangunan-bangunan Bait Allah yang dimaksudkan dalam Matius 24 adalah bangunan-bangunan Bait Allah yang berdiri berdasarkan akal-akal manusia mahupun dari pelajaran setan. Kerana kita ini Bait Allah di mana kita harus didirikan berdasarkan batu karang, perhatikan:
Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
1 Korintus 10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

Dalam ayat kedua tersebut ia menjelaskan semuanya akan runtuh, itu menunjukkan pemulihan gereja yang dinubuatkan dalam Daniel 9:23-27 di mana Yerusalem akan dipulihkan dan dibangun kembali.
Apakah pengertian Yerusalem?
Di dalam Yerusalem-lah terletaknya Sion. Perhatikan dulu firman ini:
Yeremia 4:6 Angkatlah panji-panji ke arah Sion! Cepat-cepatlah kamu mengungsi, jangan tinggal diam! Sebab Aku mendatangkan malapetaka dari utara dan kehancuran yang besar.
Ternyata untuk menjadi sempurna kita harus mengarahkan alamat kita ke Sion. Bukit Sion terletak di Yerusalem dan seperti yang kita semua ketahui di situlah kegiatan rohani bangsa Israel dan Tuhan hanya menyampaikan maksudnya di dalam Yerusalem dan tidak di tempat lain. Di dalam Sion inilah:
Tempat keluarnya Firman dan Pengajaran yang murni (Tempat memperoleh keselamatan)
Yesaya 2:3 dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: “Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem.”
Tempat keluputan
Zakaria 2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
Terdapat keluputan Kerana di dalam Sion terdapat pengajaran langsung dari Tuhan (Galatia 1:11-12)
Zakaria 14:16-19
16 Maka semua orang yang tinggal dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan.
18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
19 Itulah hukuman dosa Mesir dan hukuman dosa segala bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun.
Tempat persekutuan.
Yohanes 4:20:24
20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah."
21 Kata Yesus kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
Pada zaman Israel waktu dulu, Yerusalem merupakan tempat persekutuan tetapi sekarang semenjak Gereja terbentuk maka untuk bersekutu dengan Tuhan tempat tidak jadi ukuran.

Matius 24:3
3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?”
Sebelum hal itu terjadi di mana bangunan-bangunan Bait Allah itu runtuh (Pemulihan dari pengajaran akal-akal manusia mahupun dari setan seperti yang dinubuatkan dalam Daniel 9:23-27) maka mereka bertanya tanda kedatangan Yesus menjemput Gerejanya dari siksaan antikristus(Penguasa Babel) pada pertengahan 7 tahun terakhir dan tanda kesudahan dunia (dari pertengahan 7 tahun hingga seterusnya). Atau dari kata lain, 3 1/2 Pemulihan besar-besaran dan 3 1/2 Zaman anti-Kris.

Matius 24:4-5
4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.

Kuda Putih (Mesias Palsu) Sudahpun berlaku hingga terjadi kemerosotan Gereja Awal

Matius 24:6-8/lebih jelas Markus 13:8
6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.
7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.
8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Kuda Merah (Pendamaian dunia dicabut) di mana terjadi perang sana sini sehingga terjadi kemorosotan ekonomi dan akibat kuda merah ini terjadilah kelaparan (kuda hitam) akibat daripada peperangan yang merosotkan ekonomi dan sehingga kini harga keperluan asas meningkat. Kelaparan rohani turut juga berlaku.

Matius 24:9-14
9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,
10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Sementara 'Pokok ara mula berdaun (pohon itu sudah bertunas)" meterai IV berjalan. Ini berbicara tentang injil Yohanes, hubungkan dengan
Yohanes 16:1-2
1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
(Kamu pasti mengenal siapakah dia bahkan di kaca TV Indonesia pernah berlaku perkara tersebut dan juga terjadi di negara Arab, India, China, dan banyak lagi)
Kuda Kelabu merupakan kombinasi bagi dua warna dan ini adalah kekuatan yang bergerak di mana terjadi pertarungan antara terang dan gelap. Disinilah terjadi pertarungan yang hebat. Sehingga kini saya dapat melihat pertarungan antara terang dan gelap itu meskipun di dalam kalangan yang tertulis ‘Kristen’ itu, agama lain mulai juga bergerak, dan masing-masing mengatakan diri benar padahal tiada yang benar melainkan Tuhan Yesus Kristus. Akibat meterai I,II, III, sehingga bermulanya meterai IV ini makin bertambahlah kedurhakaan dan kasih kebanyakan orang menjadi dingin. Salah satu arus kegelapan yang menyebabkan kita bertarung adalah perkembangan kemanisan dunia sehingga kasih bapa tiada dalam diri orang tersebut sekiranya kita tewas dalam pertarungan iman. Dalam meterai IV ini, 1/4 manusia maut oleh pedang(kerana pendamaian dunia dicabut), kelaparan(terjadi Meterai III), sampar(penyakit dan hasil daripada meterai II dan III sebagai contoh peperangan yang menggunakan senjata beracun dan kekurangan nutrisi akibat kelaparan menimpa), dan binatang buas di bumi. Disinilah akan pecahnya kegerakan besar 3 1/2 tahun dan sesudah itu 3 1/2 tahun diberikan kepada pembinasa sang antikristus seperti yang dinubuatkan dalam Daniel 9:23-27.

Mengenai Matius 23:37-39 adalah baru bagiku dan aku ingin menyelidikinya lagi.

Adolf Hitler? Apa tidak kejauhan? Bagaimana dengan keruntuhan Yerusalem ditahun 70 masehi?

Berikut akan saya kutip pandangan dari Bengel (seorang pakar teologia Jerman) dalam bukunya yang berjudul Gnomon, demikian:
“Nubuat adalah bagaikan lukisan salah satu pemandangan daerah, yang memperlihatkan rumah-rumah, jala-jalan, dan jembatan-jembatan sebagai latar depan secara nyata dan tampak dekat. Dan sebagai latar belakangnya, lukisan yang sama memperlihatkan gunung-gunung dan lembah-lembah yang tampak jauh dan yang kurang jelas.”

T. J. Boersma dalam bukunya yang berjudul Alkitab Bukan Teka-Teki, memberikan contoh demikian:
“Nabi-nabi seringkali bernubuat mengenai Hari Tuhan Yang Besar. Janganlah kita hanya menafsirnya sebagai Hari Kiamat yang Terakhir. Memang, hal itu juga dinubuatkan oleh nabi-nabi (latar belakang dari sebuah lukisan), tetapi mereka terutama menubuatkan Hari Tuhan Yang Besar sebagai hari yang dekat di mata mereka, yang akan diselenggarakan atas angkatan masa itu (latar depan dari sebuah lukisan). Misalnya hukuman atas Babel dan Asyur, hukuman atas Edom dan Moab, dan tentu, hukuman atas Israel juga. Dalam penghakiman yang kongkret itu, Tuhan mengadakan hari-Nya yang besar; dan itulah yang dapat dilihat sebagai tampak dekat dari perspektip nubuat, baru kemudian penghakiman besar atas seluruh dunia juga dalpat di lihat dalam bentuk tampak jauh dan kurang jelas.”

Jadi bro, kalau nubuatan Tuhan Yesus itu ditafsir untuk hari-hari sekarang ini saja, apakah gunanya bagi mereka yang hidup jaman itu? Selanjutnya, dalam diskusi kita ini, saya harap kita dapat memahami dan melihat ayat-ayat yang akan kita bahas dengan perspektip nubuat.

Sependapat bro, karena Yerusalem adalah pusatnya, dan Bait Allah adalah wibawanya.

Saya akan merujuk tafsiran dari R. T. France dalam Matthew :
" Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang … ", menunjuk kepada situasi baru yang saat itu dimulai, yaitu suatu perubahan eskatologi. Yesus sejak saat itu meninggalkan kehidupan masyarakat Yahudi, dimana seruan-Nya tidak dihiraukan. Tetapi pertemuan-Nya yang kemudian akan terjadi dengan sangat berbeda. " … Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan! “, mengingatkan kita kepada peristiwa masuknya Tuhan Yesus ke kota Yerusalem.
Matius 21:9
Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: “Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!”
Apakah ini berarti, kemudian, akan datang waktunya di mana Yerusalem akan menyambutnya lagi? Saat dimana Israel menerima-Nya sebagai Mesias? Israel boleh saja menantikan hal ini, tetapi kutipan Tuhan Yesus tersebut tidaklah menjanjikan bahwa harapan seperti itu akan terpenuhi”

Seperti yang saya uraikan dalam “post” sebelumnya, ayat ini menunjuk kepada keruntuhan Yerusalem yang sudah terjadi di th. 70 masehi.

Sewaktu Tuhan Yesus mengatakan hal berikut ini:
Mat. 23:39
Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"
Saya sependapat bahwa Israel/Yerusalem yang dimaksudkan di kedatangan-Nya yang berikut adalah Israel/Yerusalem rohani, bukan Israel yang terjepit dengan batas-batas teritorial negara-negara lain; Israel seperti ini sudah runtuh! Keselamatan tidak lagi bagi sebuah bangsa semata, tetapi sudah dinyatakan secara lebih luas lagi, yaitu bagi segala bangsa.
Matius 28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan … ,

Sebelum murid-murid-Nya bertanya mengenai tanda kedatangan-Nya dan tanda kesudahan dunia, mereka pertama- tama bertanya masalah kapankah hancurnya Yerusalem dan Bait Allah yang ditunjuk oleh Tuhan Yesus di ayat-ayat sebelumnya.
Matius 24:3
Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?”

Hal ini sudah terjadi sejak th. 67-70, di mana Israel hancur. Gambaran ini tercatat juga dalam Injil Lukas:
Lukas 21:20-24
20 “Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. 21 Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota, 22 sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis. 23 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini, 24 dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu.”

Kunci di ayat 9 dapat juga dibandingkan dengan yang tercatat dalam:
Lukas 21:12
Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku.
Dengan demikian, kita mendapatkan gambaran yang jelas dari Matius 24:9-14, yaitu saat-saat dimana sejarah yang tercatat dalam Kitab Para Rasul terjadi. Mereka telah mengalaminya sejak jaman itu, dan kita? Apakah khusus untuk kita akan “diangkat” di awan-awan permai dalam tahap pertama kedatangan Tuhan yang kedua? Hal ini akan kita bahas lebih lanjut kemudian. :afro:

Yohanes 16:1-2 adalah perkataan yang berkaitan dengan perkataan-Nya di pasal-pasal sebelumnya, di antaranya adalah:
Yohanes 15:18
"Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
dan kita sudah ketahui bahwa, semua murid Tuhan, kepada siapa Tuhan mengatakan hal-hal tersebut di atas, telah mengalami penganiayaan yang luar biasa. Dimulainya masa ini bukanlah lagi menunjuk suatu masa yang jauh di depan, tetapi sudah berlangsung, dan terus berlangsung sampai pada akhir dunia.

Berikut saya akan menggali lebih dalam lagi mengenai istilah 7 tahun/3,5 x 2.

Menurut bro MBRQ, bagaimanakah sebenarnya penjabaran singkat dari masa 7 th/3,5 th dan 3,5 tahun di atas?

Demikian bro, diskusi berlanjut …
GBU

menurut bro Kasih… bagaimana dengan pemerintahan antikristus dimuka bumi seperti yang dinubuatkan oleh Daniel dan Wahyu?

GBU

Supaya jawaban saya sesuai, bisa tolong lebih specifik lagi referensinya? Daniel dan Wahyu pasal dan ayat berapa yang Anda maksudkan?

Tq & GBU

Apakah maksud Anda adalah yang dikutip oleh bro MBRQ berikut ini?:

  1. Daniel 9:24-27
  2. Wahyu 6:1-8

Ditunggu penegasannya bro,
Tq & GBU