Ajaibnya ucapan syukur (The miracle of give thanks )

Hari Thanksgiving di Amerika berasal dari perayaan panenan di Inggris . Pada tanggal 4 December 1619, 38 orang pendatang dari Inggris sampai di Pertanian Berkeley, di Sungai James, di daerah yang sekarang disebut Charles City, Virginia ( Amerika ) Mereka sampai ke sebuah daerah yang belum dihuni oleh orang Eropa lainnya . Penduduk yang hidup di sana adalah penduduk asli Amerika , yang oleh sebagian besar orang Amerika disebut orang Indian Amerika . Kelompok itu kemudian memutuskan hari kedatangan mereka diperingati setiap tahunnya sebagai hari bersyukur kepada Tuhan .

1 Tesalonika 5 : 18,
Mengucap syukur , Give thanks ( Inggris ) eucharisteo ( Yunani ) , Memiliki arti sedang membawa korban ( persembahan ) kepada Tuhan ! Ucapan syukur tentunya dalam segala keadaan baik sedang diberkati , maupun sedang tidak . Ayat ini menganjurkan kita sebagai umat Tuhan mengucap syukur senantiasa dalam segala keadaan ?

Ajaibnya ucapan syukur dalam segala keadaan ?

Ucapan syukur bisa dilakukan dan dianjurkan setiap manusia dan agama apapun , Persoalannya bagaimana ucapan syukur yang mendatangkan kuasa dan mujizat ?
Bagi manusia yang sudah dibenarkan hidupnya oleh Tuhan Roma 3 : 23-26 , Yakobus 5 : 16 , Menjelaskan doa dan ucapan syukur orang benar mendatangkan kuasa dan mujizat !? asal muatan hidupnya benar / hati hormat dan mengasihi Tuhan !

Bagaimana hati dan ucapan syukur mendatangkan kuasa dan mujizat Tuhan !

Belajar dari teladan , “ Perjalanan hidup Tuhan Yesus “

Yohanes 11 : 39 - 41 .Dari pembacaan kebenaran Firman Tuhan ini , terjadilah dialog yang akhirnya menghasilkan mujizat luar biasa Lazarus yang sudah mati empat hari hidup kembali .

Yesus berkata : Angkat batu itu !” ,

Marta , berkata kepada-Nya : “ Tuhan , ia sudah bau , sebab sudah empat hari ia mati .
“ Jawab Yesus : “ Bukankah sudah kukatakan kepadamu : Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah ?”

Maka mereka mengangkat batu itu . ( jangan membantah apa yang dikatakan Tuhan Yesus kalau mau mengalami mujizat ) Lalu Yesus menengadah keatas dan berkata : “ Bapa , Aku mengucap syukur kepada-Mu , karena Engkau telah mendengarkan Aku . “

Ketika Yesus berdiri di depan kubur Lazarus . Dia hanya mengangkat wajah-Nya dan berkata ,

“ Bapa, Aku mengucapkan terimakasih bahwa Engkau telah mendengar Aku .",

setelah itu , Ia memanggil Lazarus dan Lazarus keluar masih dibungkus kain kafan tetapi hidup kembali ! Semua itu dicapai dengan mengatakan ; “ Bapa , Aku mengucapkan syukur bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku . “ ( Rahasia kuasa doa Tuhan Yesus , karena memiliki hubungan yang intim dengan Bapa )

Dari dialog tersebut kita bisa memetik pelajaran berharga bagaimana mujizat terjadi yaitu ;

  1. Kita tidak boleh hanya melihat fakta didepan mata kita , tetapi melihat kemaha kuasaanNya .
  2. Taat perintah Tuhan , apa yang dikatakan Firman Tuhan Imani dan perkatakan .
  3. Mengucap syukur dalam segala hal .

Yohanes 6 : 11 , Dalam kisah pemberian makan lima ribu orang prianya saja , belum wanita dan anak-anaknya . Saat Yesus berdoa kepada Bapa-Nya sama selalu mengucap syukur atas masalah apapun yang sedang dihadapiNya . Yesus mengucap syukur dengan apa yang sedikit yang ada ditanganNya dan meminta murid-muridNya mendistribusikan roti dan ikan tersebut . Tidak hanya orang makan sebanyak yang mereka inginkan , tetapi masih ada 12 bakul penuh sisa makanan ! Betapa luar biasanya ucapan syukur mengubahkan situasi buruk menjadi luar biasa !

• Dalam perjalanan hidup ini , Tuhan sering menguji iman umatNya dengan memberi berkat serba sedikit , untuk melihat apakah kita bisa mengucap syukur saat kondisi serba pas-pasan ? kalau kita bisa mengucap syukur , maka Tuhan memberkati lebih lagi , Tuhan sanggup melipat gandakan berkat yang disediakan bagi kita anak-anakNya yang suka mengucap syukur karena percaya dan berharap kepada Tuhan saja ! Matius 25 : 21 .
[b]

Tiga langkah hidup mengucap syukur mendatangkan kuasa dan mujizat .[/b]

  1. Mazmur 50 : 14 ; 50 : 23 , Kalau kita mau “ Merendahkan hati “ dihadiratNya , menunjukan kita tidak bisa apa-apa tanpa pertolongan dan kasih setia Tuhan , kita berdoa dan mengucap syukur akan kesetiaanNya . Maka pada waktu kesesakan ; Tuhan akan menolong membentengi dan melindungi dan meluputkan dari marabahaya dan maut !

  2. Mazmur 91 : 1-16 , lewat membangun hubungan dengan Tuhan yang intim , “ Mengandalkan Tuhan “ sebagai tempat berteduh ! Menunjukkan kita mempercayai dan berharap hanya kepada Tuhan saja , maka Tuhan akan mengedangkan kepak sayap untuk melindungi kita dari marabahaya , sakit penyakit dan mengutus malaikat menjaga sepanjang hidup kita .

Belajar pengalaman hidup Rut ;

Rut 2 : 17 , Rut mengucap syukur karena boleh mencari sisa jelai diladang tersebut , Setelah bekerja di ladang mencari sisa jelai dari pagi hingga sore, ia mampu mengumpulkan satu efa gandum , yang setara dengan pasokan untuk makan 10 hari . Tentu saja , jumlah ini merupakan berkat luar biasa baginya , sehingga Rut mengucap syukur untuk berkat tersebut !

Rut 3 : 15 , Tapi ketika ia mau beristirahat di bawah kaki Boas seperti yang dianjurkan Naomi , Rut menerima enam efa jelai , yang setara dengan pasokan 60 hari makan ! Ketika Rut mencari berkat dengan kekuatannya sendiri , ia memperoleh hanya satu efa . Tapi ketika dia mendengar nasehat mertuanya ia menerima enam kali lipat ! Gambaran kalau kita berharap dan mendekat kepada Tuhan maka berkat akan dilipatgandakan !

Rut 3 : 18 ,
Naomi berkata kepada Rut menantunya , duduk sajalah menanti , anakku , sampai engkau mengetahui , bagaimana kesudahan perkara itu ; Sebab orang itu ( Boas ) tidak akan berhenti , sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini juga . lewat kisah ini kita bisa melihat ;

• Allah tidak ingin dalam perjalanan hidup ini kita bergantung kepada hasil “ keringat “ . Keringat di sini tidak merujuk pada keringat tubuh , tetapi kekuatan diri atau usaha sendiri . Allah tidak ingin kita dalam mencari nafkah dan perlindungan hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri tanpa bergantung kepada kasih karuniaNya .

• Ketika kita mau dalam bekerja selalu mengandalkan Tuhan , maka Dia akan bekerja dijalanNya untuk memberi kepada kita lebih dari yang kita usahakan dengan kekuatan diri sendiri .
Boas adalah gambaran Yesus, sebagai penebus. Ketika kita beristirahat di dalam Tuhan , mengandalkanNya dengan ucapan syukur senantiasa , maka Dia akan bekerja dijalanNya walau tidak terlihat mata kita , kita hanya percaya dan menikmati kasih-Nya perlindunganNya !

  1. 2 Tawarikh 16 : 9 ; yermia 17 : 7 , Tuhan ingin melihat sampai sejauh mana iman percaya dan pengharapan kita akan kasih , kuasaNya , dengan “ Mencari wajahNya “ Membuat Hati kita makin berkenan dihadapanNya . Maka Tuhan akan memberkati , memberikan kekuatanNya dan menyertai kehidupan kita anak – anak yang disayangiNya !
    [b]

Belajar dari Paulus , Filipi 4 : 6 ,[/b]Walau dalam penjara , Dia bisa menganjurkan kepada Jemaat untuk mengucap syukur dalam segala hal dan mengutarakan segala keinginan kepada Allah yang hadir dalam doa dan ucapan syukur umatNya !

Maka mujizatNya dinyatakan , belenggu dan pintu penjara Filipi terbuka semua , tetapi Paulus dan silas tidak melarikan diri , bahkan bisa menyelamatkan seluruh keluarga kepala penjara Filipi tersebut untuk menjadi umat Tuhan ! Kisah para Rasul 16 : 25-34 .
[b]
Cara doa “ Mengucap syukur “

• Jangan berdoa “ Tuhan , tolong lakukan ini untuk saya , saya sangat membutuhkan pertolongaMU ! atau merengek kepada Tuhan mohon belas kasihan dan berkata ; Tolong beri saya … “ Sebaliknya , kalau berdoa katakan , “ Tuhan saya mengucap syukur “ , atas apa yang kami alami , Tetapi kami berdoa Engkau mau membuka jalan situasi yang sedang kami hadapi ini … akhirnya ditutup dengan ucapan , kami mengucap syukur Tuhan , Engkau sudah mendengarkan doa kami dan kami percaya Engkau mengabulkan doa kami yang tidak bertentangan dengan FirmanMu , dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa . Amin .

• Setiap hari sebelum kita keluar rumah kita berdoa dan mengucap syukur akan hari yang baru , minta berkat yang menjadi bagian kita untuk bisa kita nikmati , Sebagai orang tua kita berdoa dan mengucap syukur untuk anak-anak yang Tuhan percayakan dalam hidup kita , minta perlindunganNya dari cidera , kecelakaan , pengaruh pergaulan jahat di lingkunganya dan kecerdasan dalam menerima pelajaran yang diberikan gurunya , diberkati dan dilindungi saat keluar rumah sampai saat masuk rumah , dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa . Amin .

Doa dengan mengucapkan syukur menunjukkan iman kepercayaan kita akan kebesaran Kuasa dan kasih Tuhan , Maka situasi yang mustahil akan menjadi tidak mustahil , sebab kita memiliki iman kepercayaan , Bapa sebagai Allah yang menyediakan . Dan perjalanan hidup kita senantiasa dalam kuasa kebangkitan atau berkemenangan !

Kalau kita sudah berdoa mengucap syukur mohon berkat dan Tuhan belum menjawab ada beberapa kemungkinan ;

a. Karena dosa yang belum mau kita tinggalkan ( mabuk , madat , berjudi , kepercayaan nenek moyang ikatan dosa lainnya ) dan hidup tidak dalam kehendakNya , itulah yang menghalangi Tuhan tidak mau mendengar doa seruan kita , Yohanes 9 : 31 .

b. Karena permintaan doa kita , Tuhan tahu tujuannya hanya untuk memuaskan hawa nafsu keinginan daging kita saja . Yakobus 4 : 3 .

c. Karena kita tidak berjalan dalam prinsip hidup yang Tuhan tetapkan ( sesuai petunjuk Alkitab ) doa masalah keuangan apakah kita sudah mengembalikan milik Tuhan ( persepuluhan ) , masalah kesehatan apakah pola hidup dan makanan yang kita makan sesuai dengan prinsip Alkitab , Imamat Ps 11 ; ps 17 : 10 -12 .
Penerapan dalam kehidupan ,

• Ketika kita melihat saldo di rekening bank menipis , mengucap syukurlah ! . Itu adalah “ Lima roti dan dua ikan “ Ketika kita berdoa kepada Tuhan Yesus bahwa Dia adalah ; “ Allah yang menyediakan apa yang tidak ada menjadi ada “ Maka Allah sumber berkat akan mengisinya kembali bahkan sampai berkelimpahan !

• Alkitab mengajarkan kita harus bekerja siang dan malam , supaya jangan menjadi beban bagi siapapun , 2 Tesalonika 3 : 8 , tetapi kita harus tetap mengandalkan Tuhan sumber berkat yang mampu memberi lebih dari apa yang kita usahakan dengan kekuatan kita sendiri !

• Saat kita mengalami sakit , jangan mengeluh atau mengerutu , menyalahkan Tuhan , orang yang ada disekitar kita , coba mengucap syukur dan minta BAPA menjamah dengan kuasa bilur-bilurnya , maka kita akan mengalami kesembuhan !

Mengucap syukur merupakan gambaran seorang yang percaya dan mengandalkan Tuhan , jawaban dalam hidupnya baik itu , keuangan , kesehatan , keluarga , karier dllnya . itulah sebabnya pentingnya kita membangun hubungan dengan Tuhan semakin intim yang akan membuat kita makin mengenal dan mengalami kedahsyatan dan kemaha kuasaanNya dan melalui hidup yang dipulihkan dalam segala hal hidup kita bisa menjadi berkat . Amin .