Adam bukan manusia pertama

Adam adalah manusia pertama di taman firdaus, tetapi mungkin bukanlah manusia pertama dibumi ini
Ketika Adam dan hawa telah diusir dari taman firdaus dan masuk kedalam belahan bumi diluar taman firdaus, adam dan hawa memperanakan Kain dan Habil, setelah kain membunuh habil maka Kain dihalau (di usir ) dari kediamannya dan simaklah ayatnya:
P. Lama: Kejadian: 4:14 Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku."
4:15 Firman TUHAN kepadanya: “Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat.” Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.

disini jelaslah telah ada orang dibumi diluar firdaus selain keluarga Adam. yang mungkin tuhan telah ciptakan juga secara khusus, atau mungkin juga hasil evolusi pithecantropus erectus (teori darwin) dan mungkin telah ada juga hewan hewan lainnya (dinosaurus dll )
dan mungkin juga keturunan adam telah kawin campur dengan penduduk bumi yang telah ada, atau dengan mahluk dari planet lain (alien )
P. Lama: Kejadian: 6
6:1. Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir ANAK ANAK PEREMPUAN
6:2 maka ANAK ANAK ALLAH melihat, bahwa ANAK ANAK PEREMPUAN MANUSIA itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil isteri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

6:3. Berfirmanlah TUHAN: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja.”

6:4. Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika ANAK ANAK ALLAH menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.

GBU
Han

baru tau aku kalau adam bukan manusia pertama… :afro:

Atau ada dugaan manusia pertama adalah kera yang berhasil evolusi jadi manusia (teori Darwin).

He He He…

Kain menikah dengan “kera” ;D

Manusia diluar Taman eden bisa jadi ada ( ini tidak bertentangan dengan penemuan Fosil manusia Purba ) dan memang yang dibicarakan di Alkitab adalah TOKOH 2 yang menjadi Jalur keturunan ADAM & HAWA dimana tidak diceritakan pribadi2 lain ( misalkan ketika membicarakan NUH kan sudah ada manusia lain tapi mereka tidak berkenan dimata TUHAN demikian juga Jaman Abraham kan ada Firaun dan raja2 lain tapi tokohnya tetap Abraham , demikian juga jaman Saul, Daud pada masa yang sama didunia ini ada manusia lain ) Perlu diingat ADAM & HAWA ada untuk HIDUP KEKAL di Taman FIRDAUS ( kalau tidak maka tidak ada firman yang bicara Upah dosa adalah MAUT , kan ini setelah kejatuhan adam& Hawa kedalam dosa ) .
Kalau manurut aku ,Oom DARWIN dengan teory EVOLUSI adalah SALAH, kalau manusia adalah hasil Evolusi berabad-abad maka sekarang Kera /Monyet sudah Punah !(Theory Evolusi : setiap mahluk yg ber evolusi maka mahluk Awalnya akan Punah/ langka ) Kenyataannya sampai saat ini KERA & MONYET masih Exist !
Saya percaya Pengetahuan tidak bertentangan dengan ALKITAB dan ALKITAB ADALAH DIATAS PENGETAHUAN ! :afro:

.
Kalau manurut aku ,Oom DARWIN dengan teory EVOLUSI adalah SALAH, kalau manusia adalah hasil Evolusi berabad-abad maka sekarang Kera /Monyet sudah Punah !(Theory Evolusi : setiap mahluk yg ber evolusi maka mahluk Awalnya akan Punah/ langka ) Kenyataannya sampai saat ini KERA & MONYET masih Exist !
Saya percaya Pengetahuan tidak bertentangan dengan ALKITAB dan ALKITAB ADALAH DIATAS PENGETAHUAN ! :afro:
[/quote]
Didalam teori darwin mahluk hidup berevolusi menurut Tempat, keadaan , dan usaha/kebutuhannya jadi mahluk awalnya ada yang tidak berubah
Contoh manusia dipedalaman ada yang masih yang "seperti adam hawa tatkala diusir dari firdaus "

Didalam teori darwin mahluk hidup berevolusi menurut Tempat, keadaan , dan usaha/kebutuhannya jadi mahluk awalnya ada yang tidak berubah
Contoh manusia dipedalaman ada yang masih yang "seperti adam hawa tatkala diusir dari firdaus "
[/quote]
Bro Hanhalim, evolusi menurut Darwin adalah awalnya adalah KERA jadi beda dengan manusia dipedalaman ada yang masih yang "seperti adam hawa tatkala diusir dari firdaus " karena Waktu adam & hawa diusir dari taman Firdaus bentuknya FULL MANUSIA bukan Setengah manusia setengah kera ! Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
Jadi Gambar Allah tidak BERUBAH ! ( mengalami Evolusi ) Bro Hanhalim, TUHAN yang saya sembah bukanlah berujud KERA SAKTI yang berubah jadi Manusia … ;Ddan saya bilang ada KEMUNGKINAN manusia lain diluar FIRDAUS. ( tapi bukan KERA bantet setengah jadi hehehe :smiley: ;D ) JBU

teori evolusi darwin sudah sejak lama ditinggalkan dan tidak berguna lagi

setelah ditemukan teknologi yang lebih canggih yaitu gen/dna

ternyata dna/gen yang teroraganisir dan canggih sebagai awal pembentuk kehidupan

dna manusia # dna monyet

dna kadal # dna ular

jd teori evolusi hanya bualan omong kosong alias ide “gila” yg sudah tidak berlaku

klo mau searching silahkan cek mbah google

sudah banyak terbantahkan teori evolusi yg tidak berdasar sama sekali

Re: Adam bukan manusia pertama

lantas siapa manusia pertama menurut anda ??

bila kera berevolusi menjadi mahluk purba, maka mahluk purba tersebut adalah “hewan” dan bukan manusia :slight_smile:

manusia pertama adalah Adam…

Awalnya saya juga terpesona dengan teori evolusi :happy0062:
akibat pelajaran biologi saat SMP dan SMA dulu

tapi kemudian saya berpikir ulang lagi , APA BENER TEORI EVOLUSI itu , coba dijelaskan gambar-gambar berikut ini :

MANUSIA DAN DINOSAURUS PERNAH HIDUP DIJAMAN YANG SAMA ??? :mad0261:

http://img217.imageshack.us/img217/2318/delkthm.th.jpg

Uploaded with ImageShack.us

jari siapa nih yang jadi fosil pada jaman jurasic :mad0261:


http://img809.imageshack.us/img809/2140/finger1a.th.jpg

Uploaded with ImageShack.us

INI LEBIH LUCU LAGI , MASA ADA FOSIL SANDAL DAN TRILOBITE JADI SATU ,
BUAT YANG BELUM NGERTI : TRILOBITE ITU HEWAN SANGAT SEDERHANA MILYARAN TAHUN SEBELUM ADA DINOSAURUS
NAAH LOOO :mad0261:


http://img808.imageshack.us/img808/7152/02meister.th.jpg

Uploaded with ImageShack.us

Nice :afro:

…???
aku ndak mau punya moyang kera hiks hiks…

Yang merasa diri keturunan monyet silahkan dukung evolusi darwin,

Bagi yang merasa keturunan Manusia, silahkan dukung Adam :slight_smile:

teori evolusi darwin tidak langsung mengatakan nenek moyang manusia adalah kera , tetapi nenek moyang manusia dan kera satu jenis yaitu PRIMATE
tetap aja tidak menarik

Tanggapan :

Adanya istilah “anak-anak Allah” dan “anak-anak perempuan manusia,” bukan berarti ada manusia2 yang sudah diciptakan sebelum Adam.

Justru sebutan “anak-anak Allah” adalah keturunan Set yang adalah anak Adam yang lain, yang saleh. Sedangkan “anak-anak perempuan manusia” adalah sebutan bagi keturunan Kain anak Adam yang tidak saleh. Percampuran perkawinan antara mereka menghasilkan manusia2 yang perangainya rusak pada zaman Nuh.

Reff : http://www.sarapanpagi.org/anak-anak-allah-dan-anak-anak-manusia-vt404.html#p837

Tanggapan :

Alkitab menulis konteks dalam Kejadian pasal 6 ini adalah dalam rangkaian peristiwa2 di masa nabi Nuh, dimana terjadi kebobrokan manusia yang menyebabkan Allah “NAKHAM” (menyesal/ sedih/ feel sorry/ grieve). Pasal ini tidak menceritakan/ merujuk adanya manusia2 sebelum Adam-Hawa. Malah justru merujuk kepada peristiwa setelah penciptaan dan akibat2 dari dosa-dosa, yang awalnya dimulai dari Adam.
Kejadian pasal 6 adalah mencatat latar belakang tindakan Allah dalam menghukum manusia dengan Air Bah.

Dan, mengenai " umurnya akan seratus dua puluh tahun saja":

Kejadian 6:3 tidak berbicara ttg umur manusia. Targum Yonatan memberikan penafsiran bahwa 120 tahun dalam Kejadian 6:3 adalah tenggang waktu yang disediakan oleh Allah, sejak bahtera dibangun hingga banjir besar melanda bumi. Bandingkan Kejadian 5:32, usia Nuh 500 tahun dan Kejadian 7:11, usia Nuh 600 tahun saat air bah melanda bumi. Perbedaan 20 tahun itu dapat dipahami karena menjelang usia 500 tahun Nuh memperoleh tiga orang anak, dan ketiga anak ini bukan anak kembar. Jadi, diperkirakan perkataan Allah itu diucapkan saat usia Nuh 480 tahun atau saat kelahiran anaknya yang kedua.

Baca keterangannya di http://www.sarapanpagi.org/umur-manusia-120-tahun-saja-vt1132.html#p3531

PURBA/ PURBAKALA, MAKSUD ALKITAB

Tanggapan :

Barangkali sdr hanhalim menganggap bahwa “Zaman Purbakala” di Kejadian 6:4 adalah dalam ide yang sama sebagaimana “zaman manusia puba” (zaman pra sejarah) dimana fosil2nya di-klaim oleh para arkeolog yang “katanya” berusia jutaan tahun lalu. Namun demikian, Alkitab menulis kata “purba/ purbakala” tidak dalam artian seperti itu.

Dalam Alkitab kata “purbakala” itu bukan dalam artian “sebelum ada peradaban” (pra-sejarah), tetapi dalam artian “masa yang sangat lalu” (dahulu), coba bandingkan dengan ayat ini:

* Lukas 1:70
LAI TB, seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus
LAI TL, seperti yang difirmankan-Nya dengan lidah segala nabi-Nya yang kudus, daripada permulaan dunia,
KJV, As he spake by the mouth of his holy prophets, which have been since the world began:
NIV, as he said through his holy prophets of long ago
TR , καθως ελαλησεν δια στοματος των αγιων των απ αιωνος προφητων αυτου
Translit, kathôs elalêsen dia stomatos tôn hagiôn tôn ap aiônos prophêtôn autou

Kata yang diterjemahkan “sejak purbakala” adalah kata Yunani “ap aiôn” {harfiah, sejak ‘zaman dahulu’}. Perhatikan bahwa walau diberi istilah “sejak purbakala” tetapi pada saat itu sudah ada nabi-nabi, artinya pada masa itu (sesuai konteks ayat ini) sudah ada peradaban.

Sebagai penegas bahwa “purba/ purbakala” itu bukan merujuk masa pra-sejarah/ pra peradaban, kita baca tulisan Rasul Petrus, sbb:

* 2 Petrus 2:5
LAI TB, dan jikalau Allah tidak menyayangkan dunia purba, tetapi hanya menyelamatkan Nuh, pemberita kebenaran itu, dengan tujuh orang lain, ketika Ia mendatangkan air bah atas dunia orang-orang yang fasik;
LAI TL, dan jikalau tiada Ia menyayangkan orang dahulu kala itu, hanya memeliharakan Nuh, penganjur jalan yang benar, bersama-sama dengan tujuh orang lain, tatkala didatangkannya air bah ke atas dunia orang fasik itu;
KJV, And spared not the old world, but saved Noah the eighth person, a preacher of righteousness, bringing in the flood upon the world of the ungodly;
NIV, if he did not spare the ancient world when he brought the flood on its ungodly people, but protected Noah, a preacher of righteousness, and seven others;
TR, και αρχαιου κοσμου ουκ εφεισατο αλλ ογδοον νωε δικαιοσυνης κηρυκα εφυλαξεν κατακλυσμον κοσμω ασεβων επαξας
Translit, kai arkhaiou kosmou ouk epheisato all ogdoon nôe dikaiosunês kêruka ephulaxen kataklusmon kosmô asebôn epaxas

Rasul Petrus merujuk bahwa masa “purba” dirujukkan kepada zamannya Nuh. Dan tentu saja kita tahu bahwa zaman Nuh ini adalah zaman sesudah Adam, pada zaman yang dirujuk Rasul Petrus “purba” itu ternyata bukan masa Pra-Sejarah/ Pra-peradaban, karena Nuh sudah mengerti tekhnologi membuat bahtera/ kapal. Dan kita tahu pula bahwa Nuh adalah Generasi ke-sekian setelah Adam, kita lihat bukti Alkitab yang menulis silsilah Nuh ini:

* Kejadian 5:1-29
5:1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;
5:2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama “Manusia” kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.
5:3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.
5:4 Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:5 Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.
5:6 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos.
5:7 Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:8 Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.
5:9 Setelah Enos hidup sembilan puluh tahun, ia memperanakkan Kenan.
5:10 Dan Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, setelah ia memperanakkan Kenan, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:11 Jadi Enos mencapai umur sembilan ratus lima tahun, lalu ia mati.
5:12 Setelah Kenan hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Mahalaleel.
5:13 Dan Kenan masih hidup delapan ratus empat puluh tahun, setelah ia memperanakkan Mahalaleel, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:14 Jadi Kenan mencapai umur sembilan ratus sepuluh tahun, lalu ia mati.
5:15 Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Yared.
5:16 Dan Mahalaleel masih hidup delapan ratus tiga puluh tahun, setelah ia memperanakkan Yared, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:17 Jadi Mahalaleel mencapai umur delapan ratus sembilan puluh lima tahun, lalu ia mati.
5:18 Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia memperanakkan Henokh.
5:19 Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:20 Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun, lalu ia mati.
5:21 Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah.
5:22 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:23 Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.
5:25 Setelah Metusalah hidup seratus delapan puluh tujuh tahun, ia memperanakkan Lamekh.
5:26 Dan Metusalah masih hidup tujuh ratus delapan puluh dua tahun, setelah ia memperanakkan Lamekh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:27 Jadi Metusalah mencapai umur sembilan ratus enam puluh sembilan tahun, lalu ia mati.
5:28 Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki,
5:29 dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”

Artikel terkait :
Study Kata: PURBA/ PURBAKALA, di http://www.sarapanpagi.org/purba-purbakala-vt726.html#p1678

ADAM MANUSIA PERTAMA

Allah menciptakan 'ADAM sebagai manusia pertama, dari 'Adam diciptakan HAWA. Alkitab tidak memberikan dukungan kepada tafsiran bahwa Allah menciptakan manusia-manusia lain selain Adam-Hawa pada awal penciptaan.

Tanggapan :

Kalau ada manusia2 lain selain Adam, maka ada kemungkinan bahwa masih ada manusia2 yang tidak jatuh dalam dosa, nyatanya semua manusia terjangkit dosa karena dosa awal yg dilakukan Adam.

Tidak ada tertulis di Alkitab bahwa Allah menciptakan “manusia-manusia yang lain”.
Tidak benar jikalau ada anggapan bahwa Allah menciptakan “manusia-manusia pertama” lainnya selain Adam.

*Kejadian 1:27
LAI TB, Maka Allah menciptakan manusia itu (‘ADAM, single) menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.
KJV, So God created man in his own image, in the image of God created he him; male and female created he them.
Hebrew,
וַיִּבְרָא אֱלֹהִים ׀ אֶת־הָֽאָדָם בְּצַלְמֹו בְּצֶלֶם אֱלֹהִים בָּרָא אֹתֹו זָכָר וּנְקֵבָה בָּרָא אֹתָֽם׃
Translit interlinear, VAYIVRA’ {dan Dia menciptakan} ‘ELOHIM {Allah} 'ET-HA’ADAM {manusia itu} BETSALMO {pada gambar-Nya} BETSELEM {pada gambar} ‘ELOHIM {Allah} BARA’ {Dia menciptakan} ‘OTO {-Nya} ZAKHAR {laki-laki} UNEQEVAH {dan perempuan} BARA’ {Dia menciptakan} ‘OTAM {mereka}
LXX, και εποιησεν ο θεος τον ανθρωπον κατ’ εικονα θεου εποιησεν αυτον αρσεν και θηλυ εποιησεν αυτους
Translit, KAI EPOIÊSEN HO THEOS TON ANTHRÔPON KAT’ EIKONA EPOIÊSEN AUTON ARSEN KAI THÊLU EPOISEN AUTOUS

Perhatikan penanda obyek langsung 'ET dalam 'OTO (-nya) dan 'OTAM (mereka).
'OTO adalah 'ET (tanda obyek langsung) diikuti suffiks pronomina orang ketiga “tunggal”.
'OTAM berarti “mereka”, dalam bentuk jamak yaitu laki-laki dan perempuan.

Bandingkan :

* Kejadian 5:1-2
5:1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;

5:2 LAI TB, laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama ‘Manusia’ kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.
KJV, Male and female created he them; and blessed them, and called their name Adam, in the day when they were created.
Hebrew,
זָכָר וּנְקֵבָה בְּרָאָם וַיְבָרֶךְ אֹתָם וַיִּקְרָא אֶת־שְׁמָם אָדָם בְּיֹום הִבָּרְאָם׃ ס
Translit interlinear, ZAKHAR {laki-laki} UNEQEVAH {dan perempuan} BERA’AM {Dia menciptakan mereka} VAVAREKH {dan Dia memberkati} ‘OTAM {mereka} VAYIQRA’ {dan Dia memanggil} 'ET-SYEMAM {nama mereka} 'ADAM {Adam} BEYOM {pada hari} HIBARE’AM {mereka diciptakan}
LXX, αρσεν και θηλυ εποιησεν αυτους και ευλογησεν αυτους και επωνομασεν το ονομα αυτων αδαμ η ημερα εποιησεν αυτους
Translit, ARSEN KAI THÊLU EPOIÊSEN AUTOUS KAI EULOGÊSEN AUTOUS KAI EPÔNOMASEN TO ONOMA AUTÔN ADAM HÊ HÊMERA APIOÊSEN AUTOUS

Manusia laki-laki (ditulis dalam bentuk tunggal), manusia perempuan (Hawa) juga ditulis dalam bentuk tunggal. Perjanjian baru mengkonfirmasi kebenaran bahwa hanya ada 1 Adam yang pertama diciptakan :

* 1 Korintus 15:45
LAI TB, Seperti ada tertulis: Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
KJV, And so it is written, The first man Adam was made a living soul; the last Adam was made a quickening spirit.
TR, ουτως και γεγραπται εγενετο ο πρωτος ανθρωπος αδαμ εις ψυχην ζωσαν ο εσχατος αδαμ εις πνευμα ζωοποιουν
Translit interlinear, houtôs {demikian} kai {pula} gegraptai {(itu) tertulis} egeneto {menjadi} ho prôtos {yang pertama} anthrôpos {manusia, noun - (nominative singular masculine)} adam {adam} eis {menjadi} psukhên {jiwa/ makhluk} zôsan {yang hidup} ho eskhatos {terakhir} adam {Adam} eis {menjadi} pneuma {Roh} zôopoioun {yang menghidupkan}

Manusia diciptakan Allah bermula dari 1 manusia “Adam”, dari Adam dibentuk Hawa dan beranak-pinak menjadi manusia-manusia lain. Dosa pertama dilakukan Adam, dan dosa ini disebut “dosa Adam”. Dosa terjangkit dari satu manusia pertama Adam. Rasul Paulus kemudian merujuk kepada satu manusia yang dia beri istilah “Adam Akhir” yaitu YESUS KRISTUS yang memusnahkan “dosa Adam”.

Dosa pertama dilakukan Adam, dan dosa ini disebut “dosa Adam”. Dosa terjangkit dari satu manusia pertama Adam. Rasul Paulus kemudian merujuk kepada satu manusia yang dia beri istilah “Adam Akhir” yaitu YESUS KRISTUS yang memusnahkan “dosa Adam”.
Nah, jikalau dahulu ada “Adam-Adam yang lain”, maka tentu saja ada Adam yang tidak terjangkit dosa dan keturunannya tidak perlu korban YESUS KRISTUS di kayu salib. Ini jelas akan bentrok dengan ayat-ayat yang menyatakan bahwa semua manusia telah terjangkit dan berbuat dosa :

* 1 Raja-raja 8:46
Apabila mereka berdosa kepada-Mu – karena tidak ada manusia yang tidak berdosa – dan Engkau murka kepada mereka dan menyerahkan mereka kepada musuh, sehingga mereka diangkut tertawan ke negeri musuh yang jauh atau yang dekat,

* 2 Tawarikh 6:36
Apabila mereka berdosa kepada-Mu – karena tidak ada manusia yang tidak berdosa – dan Engkau murka kepada mereka dan menyerahkan mereka kepada musuh, sehingga mereka diangkut tertawan ke negeri yang jauh atau yang dekat,

* Amsal 20:9
Siapakah dapat berkata: “Aku telah membersihkan hatiku, aku tahir dari pada dosaku?”

* Pengkotbah 7:20
Sesungguhnya, di bumi tidak ada orang yang saleh: yang berbuat baik dan tak pernah berbuat dosa!

* Roma 3:23
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah


Penjelasan di bawah ini boleh dibaca boleh tidak, karena mengarah kepada topic lain, tetapi pengertiannya perlu kita terima dalam memahami ayat-ayat Alkitab dan pengajaran Alkitab yang berkaitan dengan terjangkitnya dosa yang disebabkan oleh 1 manusia pertama Adam dan dibereskan oleh 1 manusia yang disebut Adam Akhir, yaitu Allah yang inkarnasi ke bumi menjadi daging :

dari : http://www.sarapanpagi.org/adam-akhir-yang-memberi-hidup-vt839.html#p2168

ADAM AWAL vs ADAM AKHIR

http://www.answersingenesis.org/assets/images/articles/nab/two-adams.jpg

Didalam Alkitab menuliskan 2 pribadi yang kontradiktif antara Adam manusia pertama yang jatuh dalam dosa dan Adam akhir yang membereskan dosa. Adam manusia pertama, tidak hanya menjadi bapa (cikal-bakal) bagi semua umat manusia sekaligus menularkan “dosa asal” yang diperbuatnya kepada seluruh manusia di dunia ini. Dosa pertama/ dosa asal, yaitu dosa Adam, mempunyai makna dampak yang khas bagi seluruh umat manusia :

* Roma 5:12, 14-19
5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.
5:14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.
5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.
5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.
5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.
5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Ayat-ayat diatas memberi penekanan pada pelanggaran yang satu itu oleh manusia yang satu itu, dan hanya karena pelanggalan yang satu itu adalah dosa, hukuman dan maut berkuasa dan menimpa segenap umat manusia. Dosa itu disebut ‘seperti telah dibuat oleh Adam’, ‘pelanggaran sartu orang’, ‘satu pelanggaran’, ’ ketidaktaatan satu orang’ (Roma 5:14,15,16,19). Pasti yang dimaksudkan adalah pelanggaran pertama dari Adam. Jadi kalimat dalam Roma 5:12 ’ karena semua orang telah berbuat dosa ', menunjuk kepada dosa-dosa segenap umat manusia yang terhisap dalam dosa Adam. Itu tidak menunjuk kepada dosa-dosa nyata segenap umat manusia, apalagi kepada kebusukan hati yang diwarisi oleh manusia. Lagipula anak kalimat dari ayat 12 itu tadi jelas menyatakan bagaimana ‘semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut’ (ayat 15), dan ayat-ayat berikutnya ditekankan 'pelanggaran yang satu itu (TBI ‘satu pelanggaran itu’).

* 1 Korintus 15:22
Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus

Jika bukan dosa yang satu itu yang dimaksudkan, maka Paulus telah menandaskan dua hal yang berlainan dengan mengkaitkannya pada pokok yang sama dalam konteks naskah yang sama. Justru satu-satunya keterangan terhadap kedua bentuk pernyataan ini, ialah semua orang terhisap dalam dosa Adam. Kesimpulan itu juga harus diambil dari 1 Korintus 15:22 ‘didalam Adam semua orang mati’. Maut adalah upah dosa, dan melulu akibat dosa (Roma 6:23). Karena semua orang mati di dalam Adam, maka penyebabnya adalah karena semua berdosa di dalam Adam.

* Roma 6:23
LAI TB, Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita
KJV, For the wages of sin is death; but the gift of God is eternal life through Jesus Christ our Lord.
TR, τα γαρ οψωνια της αμαρτιας θανατος το δε χαρισμα του θεου ζωη αιωνιος εν χριστω ιησου τω κυριω ημων
Translit, ta gar hopsônia tês hamartias thanatos to de kharisma tou theou zôê aiônios en khristô iêsou tô kuriô hêmôn

Menurut Alkitab, Jenis solidaritas pada keterhisapan dengan Adam, yang menerangkan segenap umat manusia terhisap dalam dosa Adam, sama dengan jenis solidaritas dengan Kristus, yakni tersisap dalam karya penyelamatan Kristus bagi semua orang yang dipersatukan dengan Dia. Gambaran kesejajaran Adam dengan Kristus dalam Roma 5:12-19; 1 Korintus 15:22, 45-49 menjelaskan jenis hubungan yang sama antara kedua Tokoh itu dengan manusia :

* 1 Korintus 15:45-49
15:45 LAI TB, Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup”, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
KJV, And so it is written, The first man Adam was made a living soul; the last Adam was made a quickening spirit.
TR, ουτως και γεγραπται εγενετο ο πρωτος ανθρωπος αδαμ εις ψυχην ζωσαν ο εσχατος αδαμ εις πνευμα ζωοποιουν
Translit, houtôs kai gegraptai egeneto ho prôtos anthrôpos adam eis psukhên zôsan ho eskhatos adam eis pneuma zôopoioun

15:46 LAI TB, Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.
KJV, Howbeit that was not first which is spiritual, but that which is natural; and afterward that which is spiritual.
TR, αλλ ου πρωτον το πνευματικον αλλα το ψυχικον επειτα το πνευματικον
Translit, all ou prôton to pneumatikon alla to psukhikon epeita to pneumatikon

15:47 LAI TB, Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.
KJV, The first man is of the earth, earthy; the second man is the Lord from heaven.
TR, ο πρωτος ανθρωπος εκ γης χοικος ο δευτερος ανθρωπος ο κυριος εξ ουρανου
Translit, ho prôtos anthrôpos ek gês khoikos ho deuteros anthrôpos ho kurios ex ouranou

15:48 LAI TB,Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.
KJV, As is the earthy, such are they also that are earthy: and as is the heavenly, such are they also that are heavenly.
TR, οιος ο χοικος τοιουτοι και οι χοικοι και οιος ο επουρανιος τοιουτοι και οι επουρανιοι
Translit, hoios ho choikos toioutoi kai hoi khoikoi kai hoios ho epouranios toioutoi kai hoi epouranioi

15:49 LAI TB, Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.
KJV, And as we have borne the image of the earthy, we shall also bear the image of the heavenly.
TR, και καθως εφορεσαμεν την εικονα του χοικου φορεσομεν και την εικονα του επουρανιου
Translit, kai kathôs ephoresamen tên eikona tou khoikou phoresomen kai tên eikona tou epouraniou

Dalam 1 Korintus 15:45-49 kita melihat ada Adam manusia pertama, dan ada Adam akhir yaitu Kristus. Adam pertama diciptakan dari debu tanah.

* Kejadian 2:7
LAI TB, ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
KJV, And the LORD God formed man of the dust of the ground, and breathed into his nostrils the breath of life; and man became a living soul.
Hebrew,
וַיִּיצֶר יְהוָה אֱלֹהִים אֶת־הָאָדָם עָפָר מִן־הָאֲדָמָה וַיִּפַּח בְּאַפָּיו נִשְׁמַת חַיִּים וַיְהִי הָאָדָם לְנֶפֶשׁ חַיָּה׃
Translit, VAYITSER YEHOVAH 'ELOHIM 'ET-HA’ADAM 'AFAR MIN-HA’ADAMAH VAYIPAKH BE’APAV NISYMAT KHAYIM VAYHI HA’ADAM LENEFESY KHAYAH

Ada perbedaan yang lain antara Adam yang pertama dan Adam yang akhir. Adam yang pertama hanya manusia yang diberi nafas hidup oleh Allah. Tetapi Adam yang akhir adalah Roh yang menghidupkan. Adam akhir bukan diciptakan dari debu tanah tapi disebut Ia lahir dari Roh Kudus :

* Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
KJV, But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost.
TR, ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Translit Interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}

* Lukas 1:35
LAI TB, Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
KJV, And the angel answered and said unto her, The Holy Ghost shall come upon thee, and the power of the Highest shall overshadow thee: therefore also that holy thing which shall be born of thee shall be called the Son of God.
TR, και αποκριθεις ο αγγελος ειπεν αυτη πνευμα αγιον επελευσεται επι σε και δυναμις υψιστου επισκιασει σοι διο και το γεννωμενον αγιον κληθησεται υιος θεου
Translit Interlinear, kai {lalu} apokritheis {menjawab} ho {itu} aggelos {malaikat} eipen {berkata} autê {kepadanya} pneuma {Roh} hagion {Kudus} epeleusetai {akan datang} epi {atas} se {engkau,} kai {dan} dunamis {kuasa} upsistou {Yang Mahatinggi} episkiasei {akan menaungi} soi {engkau;} dio {karena itu} kai {juga} to {yang} gennômenon {dilahirkan} hagion {Kudus} klêthêsetai {akan dipanggil} huios {Anak} theou {Allah}

Perbedaan antara Adam yang pertama dan Adam yang akhir ditulis dalam Roma 5:15-18. Adam yang pertama penuh pelanggaran dan mengakibatkan semua orang berada di dalam kuasa maut. Sedangkan Adam yang akhir penuh kasih karunia yang membenarkan hidup kita. Oleh pelanggaran satu orang semua turut dihukum, tetapi oleh kasih karunia satu orang semua memperoleh hidup dalam kebenaran.

Kita tidak perlu mendalilkan sesuatu kenyataan dalam hal Adam dan umat manusia melebihi apa yang kita jumpai dalam hal Kristus dan UmatNya. Kristus adalah Kepala yang mewakili umatNya. Ke-kepala-an demikianlah yang mutlak mendasari solidaritas segenap umat manusia dalam keterhisapannya berdosa dalam dosa Adam. Kesejajaran Adam sebagai manusia pertama dengan Kristus sebagai Adam terakhir, menunjukkan bahwa azas yang berlaku dan mendasari tercapainya keselamatan dalam Kristus, adalah sama dengan azas yang berlaku yang menghisabkan manusia berdosa dan pewaris kerajaan maut.

Adam akhir, yaitu Kristus, yang menjadi roh yang menghidupkan. Kebangkitan Kristus, dengan kuasa Roh, menandai permulaan dari suatu umat manusia yang baru yang ikut serta dalam kehidupan baru yang merupakan pemberian kuasa Roh yang menghidupkan. Sejarah umat manusia dapat diterangkan sebagai dua sisi yang bertentangan yaitu :

(1) Dosa – kutuk maut
(2) Keadil-benaran pembenaran – hidup

Yang pertama timbul dari kesatuan manusia dengan Adam, yang kedua dari kesatuan dengan Kristus. Hanya kedua inilah sarana yang ada, yang didalamnya manusia hidup dan bergerak. Pemerintahan Allah terhadap manusia ditata sesuai bentuk kedua sisi itu. Jika kita mengabaikan Adam, maka kita tak akan mengerti Kristus dengan sesungguhnya. Semua yang mati – mati didalam Adam; semua yang dihidupkan – dihidupkan dalam Kristus.

Yang kedua adalah Adam akhir yaitu Kristus yang adalah Allah itu sendiri. Kalau orang belum menerima Kristus sebagai Tuhan didalam kehidupan-nya ia hanya Adam yang pertama yaitu manusia yang diciptakan dari debu tanah. Ada hukum debu kembali kepada debu (Kejadian 3:19). Mati kembali menjadi debu :

* Kejadian 3:19
LAI TB, dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."
KJV, In the sweat of thy face shalt thou eat bread, till thou return unto the ground; for out of it wast thou taken: for dust thou art, and unto dust shalt thou return.
Hebrew,
בְּזֵעַת אַפֶּיךָ תֹּאכַל לֶחֶם עַד שׁוּבְךָ אֶל־הָאֲדָמָה כִּי מִמֶּנָּה לֻקָּחְתָּ כִּי־עָפָר אַתָּה וְאֶל־עָפָר תָּשׁוּב׃
Translit, BEZE’AT 'APEIKHA TOKHAL LEKHEM 'AD SYUVKHA 'EL-HAADAMAH KI MIMENAH LUQAKHTA KI-'AFAR 'ATAH VE’EL-AFAR TASYUV

Tetapi Adam yang akhir, membangkitkan, melahirkan kita dari air dan roh. Ada benih ilahi dalam kehidupan kita yang mengakibatkan kita tidak bisa mati tetapi akan hidup kekal bersama-sama dengan Dia. Manusia baru tidak berbuat dosa lagi karena kuasa dosa mati di dalam Dia. Manusia baru lepas dari kuasa dosa.

* 2 Korintus 5:17-18
5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

Amin.

Blessings,
BP
November 20, 2006

Kepustakaan :
J Muller, The Christian Doctine of Sin
J Orr, Sin as a Problem of Today
FR Tennant, The Concept of Sin
C Rider Smith, The Bible Doctine of Sin
Ensiklopedia Alkitab masa Kini, Jilid 1, p 256-260

Broo@Han…

Dari post kamu diatas…pada dasarnya anda tidak membaca Alkitab dari awal Tuhan Menciptakan manusia…dan anda belum mencermatinya dng seksama…Makanya anda berpendapat demikian…heheheheh

Tidak ada alasan lain yang bisa membatalkan dng alasan apapun, bahwa Adam dan Hawa adalam manusia pertama di Bumi ini. Tidak ada manusia lain sebelumnya. Tapi sebaliknya Bumi ini sudah di huni oleh para Penguasa kegelapan yaitu setan Iblis yang terbuang dari khdirat Allah di SORGA.

Kemudian dalam cerita diAlkitab tsb, Anda broo@Han belum mengerti istilah-istilah atau bahasa Alkitab kenapa ada disebut Anak-Anak Allah DAN ada disebut anak-anak Manusia…Karena belum menyimak dng seksama silsilah keturunan darai Adam dan Hawa…dan keturunan lainnya dari penggati Hbel yang di bunuh Kain…dng segala perilakunya dalam kehidupan zaman itu…

Coba lagi baca Alkitabnya lengkap…jangan sepotong sepotong…nanti tersesat seperti apa yang anda nyatakan itu…

Salam GBU