ada berapa aliran / konsep trinitas dalam kristen ?

kristen selama ini setahu saya hanya saksi yehova, katolik dan protestan. sebenarnya ada berapa macam aliran kristen terutama yang menyebut Yesus sebagai Tuhan dan salib sebagai lambangnya?

Data terakhir yang saya tahu di seluruh dunia ada lebih dari 500 denominasi, bro.

Kristen: pengikut Kristus dan Kristus itu oknum yang hidup
Jadi saksi yahowa bukan kristen krn mrk menganggap Yesus bukan oknum tp hanya sekerat energi

Maksudnya 500 macam penafsiran ya Bro?

Konsep Trinitas hanya ada satu, yang tertuang dalam syahadat-syahadat (Credo) gereja-gereja perdana, yang intinya satu hakikat dalam tiga pribadi.
Ajaran ini diterima oleh semua gereja-gereja Kristen di seluruh dunia, baik Katolik, Orthodoks, maupun Protestan.
Namun ada kelompok-kelompok tertentu yang menolak ajaran yang mula-mula diajarkan para rasul ini, yang mengajarkan konsep lain salah satunya Saksi-saksi Yehova, Mormon, Oneness dan sebahainya.

Sementara salib sebagai lambang, sudah berakar kuat sejak awal kekristenan, dan saat ini dipakai oleh hampir semua gereja dari berbagai denominasi sebagai lambang Kekristenan.

kenapa bisa jadi banyak bro, dan katanya bisa tambah banyak lagi yang berarti semakin terpecah2.
apa ini sesuai kaidah umum / dongeng anak2 bahwa dalam dunia ini yang jahat semakin banyak tapi yang baik walau
dalam jumlah sedikit akhirnya yang jadi penghuni surga?

apa karena tidak menganggap Yesus oknum yang hidup terus bukan pengikut kristus? terus diartikan bukan kristen?
( kristus = yang diurapi)

mormon, oneness apa tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan?

bagi kristen Yesus itu oknum yang hidup dan bagi ssy DIA benda imateril yang mati dan ini jelas bertolak belakang.

Ngga tahu. Pokoknya cuma tertulis 500 sekian denominasi. Mau penafsiran apa penaksiran mah terserah.

Lho ya jangan tanya saya kalo soal itu, bro. Itu data saya kebetulan nemu waktu belajar soal Akhir Jaman. Saya ngga nyelidki satu-satu kenapa dari satu bisa jadi 10 terus sampe 500 sekian itu.

Sebenarnya hanya ada dua macam aliran besar Kristen yaitu :

1.Mereka yang percaya Yesus adalah Allah sesuai dengan ajaran Alkitab dan taat memegang teguh kebenaran Kitab Suci

2.Mereka yang tidak percaya Yesus Allah yang sejati dan memalsukan ajaran Alkitab

Nama gereja bisa saja banyak tetapi hanya bagian dari salah satu aliran diatas.

boleh saya ngasih masukan brow ref? boleh ya

kalo yang kedua otomatis bukan Kristen, karena TIDAK MENGAKUI KRISTUS, jadi sekarang Kristen itu hanya 1 aliran besar :

mereka yang mengakui Yesus Kristus sebagai TUHAN sesuai kesaksian ALkitab, dan menuruti ajaran ALkitab.

bolehkah begini brow ? :slight_smile:

salam

Apakah Roma Katolik bukan mengaku Kristen ?

Tetapi konsep Christology dan ketaatan kepada Kitab Sucinya sepengetahuan saya tidak sama dengan aliran yang pertama

SSY juga mengaku Yesus dalah tuhan tetapi bukan Tuhan yang kekal tetapi tuhan ciptaan pertama (sulung).

Salam

klo menurut ane, ngitung aliran kristen ntu cukup ente liat alkitab nye, kan beda-beda tu versinye, kayak alkitab nye katolik,protestan,mormon,advent,saksi yehovah .dll… :azn:
nah dengan begitu kagak bakalan menduga-duga… tapi klo soal doktrin gereja nya menurut ane banyak banget beda nye, tapi kagak terlalu signifikan yang ntu mah… coz gereja kan subyektif, tergantung pemikiran pendeta tertinggi di gereja nye… nah yang lebih otentik soal aliran nye mah lihat aje alkitab nye masing-masing :coolsmiley:

mohon koreksi mas bro :angel:

Broo@jirai…

Yang dinakamakan Kristen…hanya aliran Gereja Katolik dan Gereja Protestan, SELEBIHNYA TIDAK…!!

Apalagi ssy…?? wahhh…itu bukan Kristen…!! hanya mengaku-ngaku saja…( konteksnya sama )…Layaknya seperti ahkmadiyah…yang katanya mengaku-ngaku saja…?

Intinya kenapa menjadi berbeda…?? karena kebenaran yang dianggap bener ( sperti ssy )…adalah hasil buah pikiran manusianya…bukan merupakan apa sebetulnya yang di katakan Tuhan Allah sendiri dalam Firman-NYA / Alkitab-NY yang benar. LoGIKANYA ADALAH MEREKA memiliki alkitabnya sendiri yang berlainnan dng INJIL yang asli yang di ajarkan oleh Tuhan Yesus melalu Rasul-Rasul NYA.

Salam GBU…

Masalahnya bro Purba, rekan protestan juga banyak yang berkata katholik itu menyimpang dari Bible, lalu yg Kristen sejati yg mana brooo?

Dear Rennati

Untuk bisa menyatakan menyimpang atau tidak dari Alkitab, haruslah menggunakan Alkitab. Yang menjadi pertentangan doktrin antara Kristen Protestan dan Katolik memang ada dalam beberapa hal. Namun iman yang sama yang percaya kepada Kristus yang menyelamatkan bukan doktrin. Jadi kalau saya tidak akan terburu-buru menyimpulkan Gereja Katolik menyimpang dari Alkitab. Gereja Katolik juga terus berubah secara dinamis dan tidak statis, beberapa doktrin yang pada masa awal mengundang pertentangan tajam dengan kalangan Gereja Protestan juga tidak luput ikut berubah mengikuti pemahaman yang lebih Alkitabiah.

Tidak semua doktrin sama dan sejalan, namun kalaupun menemukan yang berbeda kita harus berhati-hati sebelum mencap orang/pihak/gereja tersebut menyimpang

Salam

Saya sih sepaham saja bro, tapi anda bisa lihat di thread sebelah yg judulnya “persamaan Protestan dan Katholik”, teori tidak sejalan dengn kenyataan. Tetap saja mereka merasa Katholik udah salah dan aliran Protestan yang benar, kecuali kita tetap mu tutup mata akan masalah ini… :slight_smile:

Dear Rennati

Teori yang ideal mungkin tidak sesuai kenyataan, tapi tidak menafikan kebenaran teori itu sendiri bukan ? Pertentangan pasti akan terus terjadi sampai akhir jaman, namun bukan berarti kita harus saling menyerang (dan menghancurkan ?). Kita tetap harus mengusahakan kesatuan umat percaya (bukan dalam hal denominasi) namun dalam hal satu Tuhan, satu iman dan satu baptisan atas nama Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus.

Salam

Amin bro, walaupun perkataan anda tidak sesuai dengan kenyataannya… :slight_smile:

Ya, dan saya rasa tidak akan pernah sesuai dengan kenyataannya sampai Tuhan datang kembali

Salam